Friday, June 1, 2018

√ Apa Fungsi Dna ?

Fungsi DNA sangat penting untuk pewarisan, mengkode protein dan cetak biru genetik kehidupan. Mengingat besarnya fungsi DNA dalam badan insan dan tanggung jawabnya untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan, tidak mengherankan bahwa inovasi DNA telah menyebabkan begitu banyak perkembangan dalam mengobati penyakit. DNA memegang arahan untuk pengembangan dan reproduksi organisme – pada akhirnya, kelangsungan hidupnya.


Pengkodean untuk Protein


DNA memegang kode untuk protein, yang merupakan molekul kompleks yang melaksanakan banyak pekerjaan di seluruh badan kita. Informasi dalam DNA awalnya ‘dibaca’ dan lalu ditranskripsi menjadi molekul pembawa. Setelah itu, gosip yang disimpan dalam molekul kurir ini diterjemahkan ke dalam ‘bahasa’ yang sanggup dipahami tubuh. Bahasa ini ialah salah satu asam amino, yang juga dikenal sebagai materi pembangun protein. Ini ialah bahasa khusus yang memilih bagaimana asam amino harus menghasilkan protein tertentu.


Replikasi DNA


Replikasi DNA sangat penting untuk daftar fungsi yang hampir tak ada habisnya, dari reproduksi sampai pemeliharaan dan pertumbuhan sel, jaringan, dan sistem tubuh. Untuk menyalin dirinya sendiri, sebuah molekul DNA intinya ‘membuka ritsleting,’ sehingga menghasilkan serangkaian basa tanpa pasangan di sepanjang tulang punggung molekul. DNA mempunyai empat basa – semua bab dari nukleotida yang juga terdiri dari gula dan fosfat. Keempat basa dalam DNA sangat spesifik ihwal basa mana yang akan dilekatkan, yang berarti bahwa adenin hanya berpasangan dengan timin dan guanin hanya akan berpasangan dengan sitosin. Ketika nukleotida terhubung dengan basa tidak berpasangan pada tulang belakang molekul DNA, mereka membangun untaian gres yang melengkapi – atau mencocokkan – urutan asli. Hasil akibatnya ialah untai yang sangat cocok dengan yang orisinil sebelum unzipping.


Sel-sel dalam badan Anda bereplikasi untuk keperluan ibarat menciptakan kulit atau sel darah baru. Ketika kesalahan terjadi, ada sistem perbaikan di daerah untuk memperbaiki kesalahan atau secara bergantian, sel mempunyai penanda untuk dihancurkan. Jika sel selamat dari mutasi, masih ada manfaat bagi suatu organisme. Sebenarnya, konsep ini intinya ialah dasar untuk evolusi.


Kode Genetik


DNA penting dalam hal kode genetik kita, dalam arti bahwa itu mentransfer pesan genetik ke semua sel dalam badan Anda. Jika Anda berpikir ihwal DNA dalam arti reproduksi, pertimbangkan bahwa bergabungnya sel telur dan sperma untuk menciptakan sel pertama Anda memperlihatkan kode genetik lengkap yang akan dipakai badan Anda sepanjang hidup Anda. Di dalam sel awal itu, setengah dari kromosom Anda – yang berisi DNA Anda – berasal dari ayah Anda dan setengah lagi dari ibu Anda.


DNA terang memainkan tugas penting dalam badan insan dan merupakan salah satu inovasi paling signifikan dari era kedua puluh. Penelitian dan pengetahuan berkelanjutan kami ihwal fungsi DNA kemungkinan akan membantu kita untuk berguru lebih banyak lagi ihwal molekul penting ini.



Sumber https://infoana.comm