Friday, June 22, 2018

√ Apa Itu Kloroplas

Kloroplas ialah struktur dalam sel tumbuhan yang mengandung klorofil dalam jumlah besar. Kloroplas memainkan tugas penting dalam proses fotosintesis dan mengubah energi cahaya dari matahari menjadi energi kimia (karbohidrat) untuk tanaman.


Meskipun tidak semua sel dalam tumbuhan mengandung kloroplas, mereka terkandung dalam semua bab hijau tanaman. Klorofil yang ditemukan di dalam kloroplas inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan.


Kloroplas bersirkulasi dalam sel tumbuhan dan sangat dipengaruhi oleh cahaya. Saat melaksanakan fotosintesis, kloroplas mengambil energi cahaya dari matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia. Proses ini menghasilkan tumbuhan yang memproduksi oksigen dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan tumbuhan untuk bertahan hidup.


Selain menjadi bab besar dari proses fotosintesis, kloroplas mempunyai beberapa fungsi penting lainnya. Fungsi-fungsi ini termasuk memproduksi asam amino dan asam lemak, dan respon sistem kekebalan tumbuhan.


Jumlah kloroplas yang sanggup terkandung sel tumbuhan bervariasi. Sebagai contoh, ganggang mungkin hanya mempunyai satu kloroplas, sedangkan tumbuhan menyerupai gandum mungkin mempunyai sampai 100. Meskipun kloroplas ialah bab penting dari sel tumbuhan, sel itu sendiri tidak sanggup membuatnya dan mereka harus ditransfer dari satu sel ke sel lainnya selama pembelahan sel.



Sumber https://infoana.comm