Saturday, June 2, 2018

√ Cara Menghapus Chromium Browser Hingga Tuntas

Apa itu Chromium? Apakah berbahaya? Lalu bagaimana cara menghapus Chromium? Banyak pertanyaan yang muncul mengenai browser yang satu ini, alasannya ialah sebagian pengguna Komuputer atau laptop merasa terganggu dengan munculnya tiba-tiba browser Chromium ini pada dekstop mereka.


Perlu diketahui bahwa Chromium ialah projek browser yang bersifat open source yang mempunyai banyak kesamaan dengan Google Chrome, baik dalam segi tampilan, fitur, dan bahasa pemrograman yang digunakan, namun mempunyai lisensi yang berbeda.



Sebagian orang ada yang merasa terganggu dengan browser Chromium, khususnya untuk pengguna perangkat yang mempunyai kapasitas penyimpanan dan RAM yang tidak besar. Apalagi sering muncul tiba-tiba, padahal sebelumnya tidak pernah melaksanakan install aplikasi Chromium.



Penyebab browser ini muncul tiba-tiba di dekstop komputer dikarenakan pengguna telah mend0wnl0ad dan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. kebanyakan pengguna tidak mengetahui bahwa aplikasi yang mereka d0wnl0ad dan install ialah aplikasi Chromium.


Selain itu, Chromium juga dapat ikut terpasang pada ketika pengguna melaksanakan install aplikasi yang mempunyai kolaborasi dengan Chromium, jadi secara tidak eksklusif oengguna dipaksa untuk memakai browser ini. Bahkan dibeberapa kejadian, browser yang seolah-olah dengan Google Chrome muncul pada iklan pop-up pada situs-situs tertentu.


Cara Menghapus Chromium


Untuk yang merasa terganggu dengan adanya aplikasi browser ini, dan sedang mencari cara uninstall Chromium yang sulit hapus. Tulisan kali ini akan membahas mengenai cara menghapus peramban web yang sering dikira Google Chrome Premium ini.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilang Chromium hingga higienis dan tuntas, tinggal pilih cara yang paling gampang dilakukan. Berikut langkah-langkahnya.



Cara Menghapus Chromium Di Windows 7


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilang Chromium pada Windows 7 ialah yang cara yang biasa dipakai ketika akan menghapus aplikasi di komputer.



  1. Klik Menu Start ⇒ Masuk ke Control Panel.

  2. Masuk ke Program And Feature.

  3. Langkah selanjutnya tinggal cari aplikasi berjulukan Chromium, klik kanan dan pilih uninstall.


Perlu diketahui jikalau hanya memakai metode ini, Chromium tidak akan terhapus dengan tepat pada komputer, alasannya ialah dapat muncul lagi. Untuk memastikan browser ini tidak muncul lagi, maka harus melaksanakan peniadaan folder dari aplikasi Chromium ini.


Cara Menghapus Folder Chromium


 Banyak pertanyaan yang muncul mengenai browser yang satu ini √ Cara Menghapus Chromium Browser Sampai Tuntas


Cara kedua ini harus dilakukan jikalau ingin memastikan Browser Chromum tidak muncul lagi pada komputer atau laptop. Namun perlu diketahui bahwa folder Chromum ini dibentuk hidden files, jadi untuk dapat melihatnya harus melaksanakan pengaturan menampilkan folder yang tersembunyi dengan cara berikut.



  1. Buka Windows Explorer.

  2. Temukan menu Tools ⇒ pilih Folder Option.

  3. Setelah berhasil membuka Folder Option, selanjutnya pilih tab View.

  4. Kemudian pada kepingan Hidden files and folders, centang Show hidden files, folder, and drivers.


Mencari Folder Chromium



  1. Pada Windows Explorer pilih Drive (C:) / Local Disc (C:).

  2. Pilih user atau nama perangkat komputer yang digunakan.

  3. Klik folder Apps Data ⇒ Selanjutnya pilih Folder Local.

  4. Langkah selanjutnya jikalau sudah menemukan Folder Chromium, tinggal hapus folder tersebut. Namun jikalau folder tersebut tidak dapat dihapus, pertama dapat masuk dulu ke Task Manager dengan cara menekan tombol CTRL+ALT+Delete secara bersamaan, lalu nonaktifkan Chromium(End task), gres lakukan peniadaan folder tersebut.



Cara Menghapus Chromium di Windows 8


Langkah yang dilakukan untuk menonaktifkan dan menghapuskan Chromium pada Windows 8 hampir sama dengan langkah yang dilakukan pada Windows 7 sebelumnya. Namun untuk jelasnya dapat mengikuti langkah-langkah berikuti.



  1. Bukan dan jalan jalankan File Explorer ⇒ pilih Control Panel.

  2. Cari dan pilih Program ⇒ masuk ke Program And Feature.

  3. Langkah selanjutnya tinggal cari aplikasi berjulukan Chromium, klik kanan dan pilih uninstall.


Langkah selanjutnya yaitu mencari folder Chromium yang tidak terlihat(hidden), untuk menampilkan folder tersebut, harus melaksanakan pengaturan folder dengan cara sebagai berikut.



  1. Pada folder C:), klik folder bernama ‘User’ atau ‘pengguna’.

  2. Selanjutnya klik folder menurut nama komputer.

  3. Pilih folder AppData dan klik folder Local.

  4. Pada pilihan tab, pilih tab View, klik Option ⇒ pilih Change folder and search options.

  5. Kemudian pilih tab View, pada Hidden files and folders, pilih Show hidden files, folders and drivers.


Selanjutnya tinggal cari folder Chromium pada folder Local tadi, dan eksklusif lakukan penghapusan.



Cara Menghapus Chromium di Windows 10


Untuk melaksanakan peniadaan Chromium Browser di Windows 10 cukup gampang dilakukan, hampir sama dengan cara yang dilakukan pada Windows 8. Namun untuk jelasnya dapat mengikuti langkah-langkah berikut.



  1. Masuk ke menu Control Panel.

  2. Pilih Program And Feature.

  3. Langkah selanjutnya tinggal cari aplikasi berjulukan Chromium, klik kanan dan pilih uninstall.


Cara menghapus folder Chromium


 Banyak pertanyaan yang muncul mengenai browser yang satu ini √ Cara Menghapus Chromium Browser Sampai Tuntas


Karena hanya dengan melaksanakan uninstall, Chromium tidak akan terhapus dengan sempurna, bahkan sering muncul lagi. Maka harus menghapus folder Chromium yang keberadaannya disebunyikan, dan kadang tidak dapat dihapus. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.



  1. Pertama pilih Local Disc (C:) / Drive (C:), lalu pilih folder User/Pengguna.

  2. Cari folder menurut nama perangkat.

  3. Kemudian cari dan klik folder AppData, dan klik folder Local.

  4. Karena folder Chromium dibentuk tidak terlihat, maka untuk melihatnya klik tab View, klik Option ⇒ pilih Change folder and search options.

  5. Kemudian pada Folder Options pilih tab View, pada Hidden files and folders, pilih Show hidden files, folders and drivers.


Selanjutnya tinggal cari folder Chromium pada folder Local tadi, dan eksklusif lakukan penghapusan. Selesai.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com