Wednesday, June 20, 2018

√ Jenis-Jenis Fosfat

Istilah fosfat mengacu pada salah satu dari aneka macam macam senyawa kimia yang mengandung fosfor, mineral yang terbentuk secara alami, terikat bersama dengan oksigen. Istilah ini dipakai baik dalam kimia anorganik dan kimia organik. Dalam kimia anorganik, ion fosfat menggabungkan satu atom fosfor dengan tiga atau empat atom oksigen, membentuk dasar untuk banyak garam yang berbeda. Dalam kimia organik, fosfat yaitu ester, di mana hidrogen dalam gugus karboksil senyawa diganti dengan gugus hidrokarbon.


Molekul fosfat biasanya ditemukan dalam kombinasi dengan unsur-unsur lain, menyerupai kalsium, natrium, kalium, dan aluminium. Fosfat anorganik yang terjadi secara alami ditemukan di hampir setiap makhluk hidup, dan fosfat sintetik dipakai dalam aneka macam aplikasi, termasuk produk pembersih dan pemanggangan, serta pupuk.

Jenis


Menurut Forum Fosfat Amerika, fosfat jatuh ke dalam tiga kelompok utama: ortofosfat, pirofosfat, dan polifosfat, di mana tripolifosfat yaitu satu subkelompok. Kategori mengacu pada jumlah unit fosfat yang dihubungkan bersama dalam molekul.



  • Ortofosfat yaitu bentuk paling sederhana dari fosfat dan kadang kala disebut asam monofosfat. Dalam bentuk ini, tiga atom hidrogen terikat pada atom oksigen dalam struktur fosfat. Bentuk fosfat yang paling sederhana ini sangat umum dipakai dalam deterjen.

  • Pirofosfat, juga kadang kala disebut difosfat, dan kadang kala dianggap sebagai satu jenis polifosfat. Pirofosfat pada awalnya dibuat dengan memanaskan senyawa fosfat, yang membuat bentuk fosfat dengan kelarutan yang baik. Pirofosfat sering dipakai dalam aditif makanan tetapi juga ditemukan di pembersih rumah tangga.

  • Polifosfat yaitu senyawa apa pun di mana dua atau lebih unit fosfat individu mempunyai atom oksigen yang sama. Satu jenis, tripolifosfat, terdiri dari tiga unit fosfat PO4 tetrahedral yang dihubungkan bersama dengan membuatkan sentra oksigen. Polifosfat juga biasa ditemukan di pembersih rumah tangga.



Sumber https://infoana.comm