Monday, June 18, 2018

√ Pola Binatang Amfibi, Gambar, Dan 8 Ciri-Cirinya

contoh binatang amfibi yang hidup di sekitar lingkungan kita? Untuk bisa menjawabnya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Hewan Amfibi

Sebelum membahas wacana apa saja pola binatang amfibi, terlebih dahulu marilah kita membahas wacana apa saja ciri-ciri dari binatang yang bisa hidup di dua alam ini.

 golongan binatang bertulang belakang yang mempunyai kemampuan untuk hidup di dua alam √ Contoh Hewan Amfibi, Gambar, dan 8 Ciri-cirinya

Secara umum, ada 8 ciri ciri binatang amfibi. Ketujuh ciri tersebut antara lain:
  1. Memiliki kemampuan untuk hidup di dua alam.
  2. Memiliki kulit yang selalu basah, tetapi tidak mempunyai sisik.
  3. Mengalami metamorfosis (beberapa ada juga yang tidak).
  4. Saat masih dalam fase larva, beliau memakai insang sebagai alat pernafasannya.
  5. Saat sudah dewasa, insangnya terdiferensiasi sehingga mereka memakai paru-paru sebagai alat pernafasannya.
  6. Jantungnya terdiri dari 3 bagian, yaitu 2 serambi dan 1 ventrikel.
  7. Memiliki kelaminnya terpisah.
  8. Berkembangbiak secara ovipar (bertelur).

Nah, dari kedelapan ciri binatang amfibi tersebut, kita sanggup mengetahui bahwa katak atau kodok ternyata masuk ke dalam golongan amfibi. Katak mempunyai semua ciri binatang amfibi yang disebutkan di atas. Lalu adakah pola binatang amfibi lainnya selain katak?

Secara umum, binatang amfibi gotong royong dikelompokan menjadi 3 ordo, yaitu Ordo Caudata, Ordo Salientia, dan Ordo Apoda.

(1) Ordo Caudata (Urodela) yaitu ordo binatang amfibi yang mempunyai bentuk hampir mirip mirip kadal. Selain mempunyai ekor, binatang yang termasuk ordo caudata mempunyai alat pernafasan berupa insang atau paru-paru. Contoh binatang amfibi dalam ordo ini contohnya salamander raksasa (Megalobatrachus japonius), Newt, dan Axolotl.

 golongan binatang bertulang belakang yang mempunyai kemampuan untuk hidup di dua alam √ Contoh Hewan Amfibi, Gambar, dan 8 Ciri-cirinya

(2) Ordo Salientia (Anura) yaitu ordo binatang amfibi yang tidak berekor tapi mempunyai lompatan yang baik. Ketika masih berupa berudu, binatang dalam ordo ini bernapas memakai insang, sementara dikala sudah remaja mereka akan bernapas memakai paru-paru.

Hewan amfibi dalam ordo ini tidak mempunyai leber, sehingga kepala dan badannya menyatu. Selain itu, kaki depannya biasanya lebih pendek kalau dibanding kaki belakangnya. Mereka juga melaksanakan metamorfosis tepat dan melaksanakan pembuahan ekternal. Untuk berenang, kaki mereka dilengkapi dengan selaput. Beberapa pola binatang amfibi dalam ordo ini contohnya katak bangkong (Bufo terrestris) dan katak hijau (Rana pipiens).

 golongan binatang bertulang belakang yang mempunyai kemampuan untuk hidup di dua alam √ Contoh Hewan Amfibi, Gambar, dan 8 Ciri-cirinya  
(3) Ordo Apoda (Gymnophiona) yaitu ordo binatang amfibi yang bentuknya mirip cacing. Amfibi dalam ordo ini tidak mempunyai kaki, di antara hidung dan matanya terdapat tentakel, serta mempunyai kulit yang lunak. Mereka mempunyai ekor pendek dan mata yang tak berkelopak. Mereka umumnya sanggup berkembang biak secara ovipar (bertelur) dan ovovivipar (bertelur beranak). Beberapa pola binatang amfibi yang masuk dalam ordo apoda ini contohnya Ichthyosis glutinosus dan Caecilian.

Nah, itulah beberapa pola binatang amfibi yang sanggup kami jelaskan. Dengan ciri ciri binatang amfibi yang telah kalian ketahui, dapatkah kalian menyebutkan pola amfibi lainnya yang hidup di sekitar lingkungan kalian? Jika bisa, silakan tambahkan balasan kalian melalui kolom komentar!
Sumber http://www.ebiologi.net