Saturday, July 21, 2018

√ 8 Tanda Kerusakan Pada Komponen Power Supply Komputer Yang Harus Diketahui

Tanda Kerusakan Pada Power Supply – Power Supply atau yang biasa disebut dengan PSU ialah perangkat keras (hardware) komputer yang mempunyai peranan penting biar komputer sanggup menyala. Fungsi utama Power Supply ialah tentunya untuk menunjukkan suplai listrik ke komputer. Agar semua perangkat dan sistem komputer sanggup menyala serta beroperasi dengan baik dan normal, maka wajib hukumnya kondisi Power Supply harus baik. Kegunaan Power Supply bagi komputer ialah untuk mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC). Arus listrik DC ini akan menciptakan seluruh komponen komputer menyerupai Motherboard, Hardisk, dan sebagainya sanggup berjalan normal dan komputer siap untuk dioperasikan.


Baca Juga : Cara Mengecek Kondisi Kerusakan Power Supply Komputer Tanpa Motherboard


Sebetulnya Power Supply itu sangat bermacam-macam jenisnya. Hal ini sangat tergantung pada jenis dan tipe dari Motherboard komputer. Sekedar pengetahuan saja, jenis Power Supply itu terdapat tiga jenis, Power Supply AT, Power Supply ATX, dan Power Supply BTX. Power Supply AT dipakai untuk jenis Motherboard Advanced Technology yang mempunyai 12 pin konektor. Untuk Power Supply jenis ATX biasa dipakai untuk jenis Motherboard Advanced Technology Extended. Power Supply jenis ATX mempunyai 20 pin konektor dan sudah tidak memakai tombol on-off lagi. Terakhir Power Supply jenis BTX dimana kegunaannya untuk jenis Motherboard Balanced Technology Extended yang sudah memakai 24 pin konektor.


 Power Supply atau yang biasa disebut dengan PSU ialah perangkat keras  √ 8 Tanda Kerusakan Pada Komponen Power Supply Komputer Yang Harus Diketahui


Mengingat Power Supply merupakan salah satu hardware vital komputer, maka tentu saja komputer tidak akan menyala bila Power Supply mengalami gangguan. Kerusakan pada Power Supply ini umumnya pengguna komputer tidak menyadarinya. Yang terang saat komputer tidak mau menyala maka mereka sama sekali tidak pernah menganggap kalau Power Supply ialah akar masalahnya.


Inilah 8 Tanda Kerusakan Pada Power Supply Yang Meski Anda Ketahui


Penting kalau pengetahuan gejala kerusakan pada Power Supply ini Anda ketahui. Jika Anda sudah tahu kalau Power Supply komputer yang bermasalah, maka Anda sanggup membawa Power Supply tersebut ke tukang service tanpa harus membawa seluruh perangkat komputer. Atau mungkin Anda ingin mencoba memperbaikinya sendiri dirumah. Namun sebelumnya perhatikan dulu 8 tanda kerusakan pada Power Supply yang paling sering terjadi berikut ini :


1. Komputer Tidak Mau Menyala


Tanda ini ialah tanda yang paling umum dan paling gampang dikenali. Karena menyerupai yang sudah aku terangkan diatas kalau fungsi Power Supply ialah sebagai penghantar catudaya ke seluruh komponen komputer, maka tentu saja bila Power Supply bermasalah komputer sama sekali tidak mau menyala. Ketika komputer Anda tidak mau menyala, itu ialah mencerminkan bahwa Power Supply mengalami kerusakan.


2. Lampu Indikator Komputer Tidak Menyala


Asalkan switch dari Motherboard ke lampu indikator terhubung dengan baik namun tidak mau menyala meski sudah Anda hidupkan, maka itu juga membuktikan bahwa Power Supply yang bermasalah. Tapi beda lagi bila ternyata lampu indikator tidak menyala namun komputer normal sanggup beroperasi, maka itu biasa saja lampu atau switch yang bermasalah.


3. Kipas (Fan) Power Supply Tidak Berputar


Tanda kerusakan pada Power Supply selanjutnya ialah kipas (Fan) tidak berputar padahal komputer sudah dalam posisi menyala (on). Anda cek juga seluruh komponen kelistrikan sudah terhubung atau terpasang dengan baik dan benar.


4. Komputer Stuck Pada Halaman BIOS


Komputer sanggup menyala menyerupai biasa, namun terhenti tidak mau masuk ke sistem operasi dan hanya berada pada halaman BIOS. Kasus ini biasanya tanda kerusakan pada Power Supply juga.


Selain tanda 4 kerusakan diatas, terkadang ada juga tanda kerusakan pada Power Supply dimana Power Supply hanya mengalami rusak ringan saja. Artinya Power Supply masih sanggup menyala dan komputer juga kelihatannya normal-normal saja, namun mengalami :



  1. Komputer sering mendadak restart sendiri atau bahkan mati sendiri;

  2. Kinerja komputer menjadi melambat dari biasanya. Hal ini disebabkan komponen komputer tidak menerima arus listrik yang optimal dari Power Supply;

  3. Diantaranya terdapat aplikasi komputer yang tidak berjalan dengan optimal;

  4. Berpengaruh pada malfungsi hardware komputer menyerupai layar monitor tidak responsive atau layar menjadi meredup.


Jika Power Supply Anda mengalami kerusakan baik itu kerusakan ringan ataupun rusak total, aku sarankan untuk mengantinya dengan yang baru. Power Supply cukup sulit juga untuk diperbaiki dan Anda jangan mengambil resiko kerusakan lainnya pada komponen komputer efek kurang optimalnya pasokan listrik dari Power Supply.


Ok mungkin hanya itu saja artikel 8 Tanda Kerusakan Pada Power Supply yang harus Anda ketahui biar komputer tidak menjadi rusak total. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan hingga bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!



Sumber http://info-menarik.nett