Monday, July 23, 2018

√ Apa Fungsi Usus Halus Dalam Pencernaan?

Sebagian besar pencernaan dan peresapan masakan terjadi di usus kecil. Usus halus yakni kanal sempit, memutar yang menempati sebagian besar perut bab bawah antara perut dan awal usus besar. Panjangnya sekitar 20 kaki. Usus kecil terdiri dari tiga bagian: duodenum (bagian berbentuk C), jejunum (bagian tengah melingkar), dan ileum (bagian terakhir).


Usus halus mempunyai dua fungsi penting.



  • Proses pencernaan diselesaikan di sini oleh enzim dan zat lain yang dibentuk oleh sel-sel usus, pankreas, dan hati. Kelenjar di dinding usus mengeluarkan enzim yang memecah pati dan gula. Pankreas mengeluarkan enzim ke dalam usus kecil yang membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein. Hati menghasilkan empedu, yang disimpan di kantong empedu. Empedu membantu menciptakan molekul lemak (yang kalau tidak tidak larut dalam air) larut, sehingga mereka sanggup diserap oleh tubuh.

  • Usus kecil menyerap nutrisi dari proses pencernaan. Dinding bab dalam usus kecil ditutupi oleh jutaan proyeksi menyerupai jari kecil yang disebut vili. Vili ditutupi dengan juluran lebih kecil yang disebut mikrovili. Kombinasi vili dan mikrovili meningkatkan luas permukaan usus halus, sehingga memungkinkan peresapan nutrisi. Materi yang tidak tercerna berjalan menuju usus besar.



Sumber https://infoana.comm