Sunday, July 15, 2018

√ Bagian-Bagian Biji, Gambar, Dan Penjelasannya

Fase generatif pada tumbuhan diawali dengan proses penyerbukan dan lalu proses pembuahan. Pada proses pembuahan bakal buah tumbuh menjadi buah dan bakal biji tumbuh menjadi bagian-bagian biji tersebut? Berikut pembahasannya!

Bagian-Bagian Biji

Biji atau semen merupakan bakal biji dari tumbuhan yang terbentuk sesudah proses penyerbukan dan pembuahan. Biji merupakan calon tumbuhan gres yang akan tumbuh kalau kondisi lingkungan mendukung. Umumnya biji pada tumbuhan terdiri dari tiga bagian. Bagian-bagian biji tersebut yaitu kulit biji, tali pusar, dan inti biji.

Fase generatif pada tumbuhan diawali dengan proses penyerbukan dan lalu proses pembuah √ Bagian-Bagian Biji, Gambar, dan Penjelasannya
Gambar bagian-bagian biji

1. Kulit biji (spermodermis)

Bagian-bagian biji yang pertama yaitu kulit biji. Kulit biji atau spermodermis berasal dari selaput bakal biji (integumentum). Umumnya kulit biji pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) terdiri dari dua lapisan, yaitu:
  • Lapisan kulit luar (testa). Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung utama dari bab dalam biji. Lapisan ini memiliki bentuk yang bervariatif, ada yang tipis, kaku mirip kulit, ada juga yang keras mirip kayu atau batu.
  • Lapisan kulit dalam (tegmen). Lapisan ini lebih tipis mirip selapur dan lebih dikenal dengan kulit ari.

Pada tumbuhan biji telanjang (Gymnospermae) terdapat tiga lapisan kulit biji, yaitu:
  • Kulit luar (sarcotesta). Kulit yang tebal dan berdaging serta mengalami perubahan warna dari muda sampai tua.
  • Kulit tengah (scleroresta). Kulit yang berpengaruh dan keras, berkayu dan ibarat kulit dalam (endocarpium) pada buah batu
  • Kulit dalam (endotesta). Lapisan kulit ini biasanya menempel pada bab kepingan biji dan berbentuk mirip selaput tipis.

2. Tali pusar (funiculus)

Tali pusar atau funiculus yaitu bab kepingan biji berbentuk ibarat tangkai yang menghubungkan biji dengan tembui. Bila biji masak, biasanya biji akan terlepas dari tali pusarnya ini, dan pada biji hanya tampak bekasnya saja, atau yang lebih dikenal dengan istilah pusar biji.

3. Inti biji (nucleus seminis)

Bagian-bagian biji yang terakhir yaitu inti biji. Inti biji merupakan bab inti pada biji yang dikelilingi oleh kulit biji. Inti biji terdiri dari:

a. Lembaga (embrio)

Lembaga merupakan calon individu gres yang akan tumbuh dari biji pada kondisi lingkungan yang menguntungkan. Pada forum ini terdapat calon akar (radicula), daun forum (kotiledon), batang forum (cauliculus), dan putih forum (albumen).

b. Calon akar (radicula)

Calon akar yang berasal dari biji disebut dengan akar lembaga. Pada tumbuhan dikotil, akar ini akan tumbuh terus sampai membentuk akar tunggang.

c. Daun forum (kotiledon)

Daun forum merupakan daun pertama yang tumbuh pada ketika perkecambahan sesudah keluarnya akar lembaga. Fungsi dari daun forum ini yaitu sebagai daerah penimbunan makanan, sebagai alat untuk melaksanakan fotosintesis, dan sebagai alat penghisap masakan dari putik forum untuk lembaga.

d. Batang forum (cauliculus)

Berdasarkan posisinya, batang forum sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu ruas batang forum yang terletak di atas daun forum (internodium epicotylum) dan ruas batang forum yang terletak di bawah daun forum (internodium hypocotylum).

e. Putih forum (albumen)

Putih forum merupakan bab kepingan biji yang berisi cadangan masakan untuk waktu awal pertumbuhan (pada ketika perkecambahan) sebelum sanggup menciptakan makanannya sendiri. Tidak semua tumbuhan berbiji memiliki putih lembaga. Misalnya saja pada tumbuhan polong-polongan (Leguminosae), cadangan masakan disimpan pada daun forum (kotiledon).

Berdasarkan jaringan yang menjadi daerah penimbunan cadangan makanan, keberadaan putih forum sanggup dibedakan menjadi:
  • Putih forum dalam (endospermium). Biji dengan putih forum dalam biasanya terdapat pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Jaringan ini terdiri dari sel-sel yang berasal dari inti kandung forum sekunder yang sesudah dibuahi akan terbelah-belah menjadi jaringan penimbun makanan. Misalnya biji pada jagung (Zea mays L.), rerumputan (Graminae)
  • Putih forum luar (perispermium). Bagian ini berasal dari bab luar biji di luar kandung lembaga. Misalnya biji pada lada (Piper nigrum L.)

Demikian pembahasan kita mengenai bagian-bagian biji. Semoga pengetahuan teman-teman mengenai biji semakin bertambah dengan adanya artikel ini.
Sumber http://www.ebiologi.net