Monday, July 16, 2018

√ Cara Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone Android

Kamera merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada smartphone, alasannya ialah kebanyakan orang membeli smartphone lantaran tertarik dengan kecanggihan dan kualitas kameranya, ada yang 3 MP, 5 MP, 12 MP,  16 MP dan ada yang lebih tinggi. Karena kamera yang manis akan menghasilkan foto yang manis juga.


Namun ada beberapa kejadian, kamera pada smartphone tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan, baik itu pada kamera belakang maupun pada kamera depan smartphone. Biasanya akan muncul pesan error seperti “Camera failed ErrorCallbakOnError “,  ”Error Message Handler.handlerMessage (-1)”, “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”.


Sebetulnya ada banyak penyebab kamera pada smartphone tidak bisa digunakan, salah satunya lantaran perakat kamera(hardware) mengalami kerusakan. Namun penyebab yang paling sering terjadi lantaran kesalahan atau error pada aplikasi kameranya.


Permasalah kamera error pada smartphone Android tidak hanya terjadi pada merek Samsung saja, namun persoalan serupa juga kerap juga terjadi pada merek smartphone lainnya menyerupai Evercoss, VIVO, Lenovo, ASUS, Smartfreen, Sony, Xiaomi, ADVAN, OPPO, dll.


Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone


Untuk mengatasi kamera tidak berfungsi atau tidak bisa terhubung bisa mencoba beberapa tips berikut. Beberapa penyebabnya lantaran persoalan software atau aplikasi kamera yang bisa di atasi dengan cara-cara berikut ini.


1. Reboot atau Matikan Smartphone Anda


Saat mengetahui kamera pada smartphone Anda mengalami error, langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan melaksanakan reboot smartphone.


Perlu di ketahui, bahwa penyebab kamera smartphone tidak berfungsi salah satunya bisa lantaran sistem operasi pada smartphone tidak stabil. Makara dengan mematikan smartphone sesaat, akan menciptakan sistem smartphone berjalan secara optimal kembali.


Selain itu, dalam keadaan smartphone mati, disarankan juga untuk melepaskan baterai, memori card (memori eksternal), dan kartu SIM. Diamkan selama 30 detik hingga 1 menit. Tujuannya semoga tidak ada sumber daya yang masuk pada smartphone.


Selanjutnya pasang kembali dengan sempurna, kemudian hidupkan ponsel cendekia Anda. Selanjutnya buka dan jalankan aplikasi kamera, apakah bisa terhubung kembali dan bisa dipakai ?


Jika tidak, maka harus coba beberapa cara selanjutnya.


2. Hentikan, Hapus Data dan Cache Aplikasi Kamera


Penyebab kamera tidak bisa dibuka, juga bisa disebabkan lantaran aplikasi kamera tersebut yang tidak stabil.


Penyebab kamera tidak bisa dipakai bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa lantaran banyaknya file sampah, aplikasi kamera yang jelek dan operasi sistem yang dipakai smartphone bermasalah.


Berikut beberapa indikasi yang sering muncul :



  • Ketika menjalankan aplikasi kamera, kamera tidak menunjukkan respon apa pun dalam waktu lama.

  • Ketika membuka aplikasi kamera, tidak muncul apa-apa, hanya ada latar belakang warna hitam.

  • Ketika membuka aplikasi kamera, tombol tangkap tidak berfungsi, dan tidak bisa menekan tombol kembali.


Maka langkah yang bisa dilakukan ialah dengan mencoba menghentikan, menghapus data, dan cache aplikasi kamera. Cara ini terbilang ampuh mengatasi persoalan kamera yang mengalami hang, khususnya untuk kamera bawaan.


Untuk melakukannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.


Kamera merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada smartphone √ Cara Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone Android



  • Buka sajian Settings atau Setelan,

  • Buka sajian Aplikasi & notifikasi,

  • Pilih sajian Lihat … aplikasi semuanya,

  • Cari dan pilih aplikasi Kamera,

  • Dari sini Anda bisa melaksanakan Paksa Berhenti, Hapus Data dan Hapus Cache.


Keterangan:


Cara ini di praktikan memakai smartphone dengan operasi sistem Android Oreo. Mungkin akan ada perbedaan pada versi Android lainnya. Anda bisa melaksanakan penyesuaian, lantaran tidak akan terlalu jauh berbeda.


3. Scan Smartphone Dengan Anti Virus


Aplikasi kamera tidak merespon atau error bisa disebabkan juga lantaran virus yang ada pada smartphone. Maka solusinya melaksanakan scaning memakai aplikasi Antivirus, semoga semua virus yang ada pada smartphone, yang menciptakan kamera tidak bisa dibuka bisa lenyap.


Ada banyak antivirus yang bisa Anda coba, pilih salah satu yang paling manis berdasarkan Anda, yang mempunyai kemampuan untuk menghapus semua virus yang membahayakan smartphone. Rekomendasi antivirus yang bisa Anda gunakan adalah AVG, 360 security, atau Avast.


4. Instal dan Gunakan Aplikasi Kamera Lain


Jika cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, dan bisa di identifikasi jikalau sumber masalahnya ada pada aplikasi kamera bawaan, maka bisa Anda bisa menginstal aplikasi kamera dari pihak ketiga.


Dengan menginstal aplikasi kamera seperti Camera 360 kemungkinan besar persoalan kamera tidak buka bisa teratasi dengan aplikasi ini. Selain itu aplikasi kamera pihak kegita umumnya mempunyai fitur yang lebih lengkap menyerupai efek warna, efek animasi, kualitas foto dan mengatur resolusi hasil foto.


Anda bisa menentukan salah satu dari banyak aplikasi kamera yang ada di Google Play Stroe. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan kamera pada smartphone bisa dipakai kembali memakai aplikasi kamera pihak ketiga yang Anda pasang.


5. Lakukan Unroot pada Smartphone Anda


Jika terjadi error pada kamera sesudah melaksanakan root pada smartphone, bisa di pastikan penyebabnya lantaran Anda melaksanakan root pada ponsel cendekia Anda. Beberapa merek smartphone mengalami hal serupa, tidak bisa memakai kamera sesudah melaksanakan root.


Kadang hanya kamera depan yang tidak bisa dibuka, atau sebaliknya, kamera belakang yang tidak bisa digunakan.


Dengan melaksanakan root pada smartphone sangat beresiko, salah satunya error pada banyak aplikasi, jadi perhitungkan matang-matang sebelum tetapkan untuk melakukannya.


Maka untuk mengatasinya Anda harus melaksanakan Unroot. Tujuannya semoga smartphone bisa berjalan dengan normal kembali menyerupai sedia kala.


6. Optimasi & Update sistem pada Android


Penyebab kamera tidak terhubung pada Android, selain lantaran root, juga bisa disebabkan lantaran terlalu banyak menginstal aplikasi, sehingga banyak aplikasi yang berjalan di balik layar, tentu ini akan menciptakan RAM penuh, dan menghambat terhadap kinerja aplikasi lainnya, menyerupai aplikasi kamera.


Untuk mengatasinya Anda bisa melaksanakan beberapa meningkatkan secara optimal pada HP Anda, contohnya menghapus aplikasi yang tidak penting, melaksanakan pencucian file sampah dengan pemberian aplikasi pembersih, atau melaksanakan update sistem operasi.


7. Factory Reset


Jika cara-cara diatas tidak membuahkan hasil, dan belum bisa mengatasi kamera yang error, Anda bisa mencoba melakukan Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.


Cara ini harus dilakukan hati-hati dan cukup beresiko, lantaran semua aplikasi yang terinstal sebelumnya akan terhapus, kecuali untuk aplikasi bawaan. Juga sebelum melakukan factory reset, pastikan Anda sudah melaksanakan backup untuk semua file dan dokumen penting Anda, semoga bisa dikembalikan lagi nantinya.


Kamera merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada smartphone √ Cara Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone Android


Caranya :



  • Masuk ke Setelan,

  • Masuk ke Sistem,

  • Pilih sajian Opsi setel ulang,

  • Kemudian plih “Hapus semua data(reset ke setelan pabrik)”,


Keterangan:


Cara ini di praktikan memakai smartphone dengan operasi sistem Android Oreo. Mungkin akan ada perbedaan pada versi Android lainnya. Anda bisa melaksanakan penyesuaian, lantaran tidak akan terlalu jauh berbeda.


8. Perbaiki Smartphone Anda


Jika semua cara diatas tidak bisa memperbaiki kamera Android yang tidak berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakannya berasal dari hardware kamera. Untuk memperbaikinya smartphone harus di bongkar.


Anda bisa melaksanakan pengecekan pada pecahan sambungan kamera, dan pastikan kamera dalam keadaan utuh.


Namun jikalau Anda tidak mempunyai keahlian dalam hal membongkar smartphone untuk perbaikan, alangkah baiknya melaksanakan pekerjaan ini pada ahlinya. Anda bisa pergi ke konter atau daerah service. Katakan pada mamangnya ” Smartphone mahal saya mengalami kerusakan pada kamera, bisa tolong di perbaiki ?”


Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com