Saturday, July 14, 2018

Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol

Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda? Pastinya setiap orang didunia ini ingin menjadi sukses dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri diusia muda. Pasalnya kehidupan yang sukses biasanya akan dibarengi dengan kesuksesan finansial. Selama inipun kita selalu menganggap kalau kesuksesan hanya akan didapat oleh orang-orang yang berada di rentan usia antara 40 hingga 50 tahun lebih. Sehingga tampa kita sadari kalau dunia telah berubah dan berkembang.


Yup guys, di kurun milenial menyerupai kini ini, kesuksesan sanggup diraih oleh siapa saja, termasuk kamu, asalkan mau berusaha, kerja keras dan mempunyai perilaku pantang mengalah maka apapun yang kau lakukan akan meraih kesuksesan. Tak hanya mereka yang berusia 40an keatas, namun direntan usia 20 hingga 30 juga sudah banyak yang meraih kesuksesan dalam bidangnya masing-masing guys!


Perlu kau ketahui, kebanyakan orang ketika ini lebih melirik dunia perjuangan ketimbang menjadi karyawan suatu perusahaan. Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun perjuangan sendiri mendorong orang untuk menentukan memulai perjuangan mereka sendiri. Namun dalam dunia bisnis, ada dua tipe pengusaha. Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan dimodali orang tua. Kedua, mereka yang memulai perjuangan dari nol.


Dua jenis pengusaha tersebut memang sama-sama berpotensi dalam meraih kesuksesan, namun memulai perjuangan dari nol pastinya lebih menantang dan mencerminkan seorang pengusaha sukses. Sudah banyak pengusaha muda yang telah menandakan bahwa mereka bisa membangun bisnis sukses dengan merintisnya dari bawah alias dari nol. Kebanyakan dari merekapun ialah para pengusaha sukses yang berani menantang diri sendiri untuk mendapatkan keberhasilan di usia yang terbilang masih muda. Kira-kira siapa saja mereka? Untuk itu, berikut daftar pengusaha muda sukses Indonesia yang memulai bisnis dari nol! Check this out guys!


1. Nadiem Makarim


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via moneysmart.id


Jika kalian pelanggan setia Go-Jek, pastinya kaliam sudah nggak aneh lagi dengan nama Nadiem Makarim. Nadiem Makarim ialah seorang pengusaha Indonesia. Dia merupakan pendiri serta CEO Go-Jek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang sering kalian gunakan jasanya.


Nah Nadiem Makarim ini merupakan salah satu pengusaha muda yang sukses guys. Pria kelahiran 1984 ini memulai kariernya sebagai konsultan administrasi di McKinsey & Company. Setelah memperoleh gelar MBA, ia terjun sebagai pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia. Di perusahaan tersebut ia juga menjabat sebagai Managing Editor. Setelah keluar dari Zalora, ia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, sebelum karenanya fokus membuatkan Go-Jek yang telah ia rintis semenjak tahun 2011.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Merasa ingin lebih sukses, pada tahun 2015, Nadiem kemudian mendirikan PT GoJek Indonesia yang merupakan penyedia jasa transportasi ojek berbasis online. Pendirian perjuangan ini awalnya lantaran Nadiem melihat permasalahan utama para penyedia jasa ojek di Indonesia yang kurang produktif lantaran kesulitan mendapatkan penumpang.


Meski sempat dianggap remeh lantaran ide usahanya tidak masuk nalar dan menerima cibiran banyak pihak, tapi Nadiem tetap gigih mempertahankannya sehingga dirinya bisa meraih kesuksesan sekarang. Bahkan Go-Jek yang dirintisnya dari nol ini, kini telah berkembang menjadi startup decacorn asal Indonesia pertama, sebab, nilai valuasi Go-Jek telah mencapai kisaran lebih dari 10 miliar US Dollar.


2. Ahmad Zaky


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via instagram.com/achmadzaky


Pengusaha muda sukses yang memulai bisnis dari nol berikutnya ialah Ahmad Zaky. Bagi kalian yang gemar berbelanja online niscaya sudah hafal betul dengan situs belanja online BukaLapak. BukaLapak merupakan salah satu situs jual-beli online terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Zaky.


Situs belanja BukaLapak yang sering kau gunakan ini ternyata dulu awalnya hanya sebuah divisi agensi digital berjulukan Suitmedia yang kemudian berubah status menjadi PT (Perseroan Terbatas). Berkat ketertarikan Ahmad Zaky pada dunia informatika semenjak duduk di dingklik SD, kegigihannya kini membuahkan hasil yang mengantarnya menjadi wirausahawan sukses.


Meski sudah didirikan pada tahun 2010, tapi perjalanan BukaLapak tidak semulus yang kau bayangkan. Di awal kemunculannya, masyarakat masih awam wacana jual-beli online sehingga tingkat kepercayaan masyarakat minim. Lambat laun, berkat ketekunan sang pemilik yang lahir di tanggal 24 Agustus 1986 (33 tahun), BukaLapak.com mulai dikenal dan mendapatkan banyak investasi dari dalam negeri maupun luar negeri.


3. William Tanuwija


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via dakonan.com


Selain Bukalapak, Tokopedia juga merupakan salah satu situs jual beli online yang cukup terkenal di Indonesia. Tapi tahukah kau siapa pendiri Tokopedia? Mungkin namanya tak sepopuler Nadiem Makarim dan Ahmad Zaky namun, jangan salah guys! Pasalnya pendiri Tokopedia yang berjulukan William Tanuwija juga termasuk ke dalam salah satu pengusaha muda sukses yang memulai bisnis dari nol.


William Tanuwija merupakan seorang laki-laki kelahiran 11 November 1981 (37 tahun) ini ialah seorang anak kawasan yang merantau ke ibukota sesudah lulus Sekolah Menengan Atas dan meneruskan pendidikan sarjananya di Jakarta. Untuk meraih kesuksesannya, perjuangan yang dilakukan William tidaklah mudah, dirinya bahkan pernah menjadi penjaga warnet untuk menerima uang tambahan. Namun dari menjaga warnet inilah, dirinya mengenal dunia internet secara lebih dalam.


Setelah menuntaskan kuliah pada tahun 2003, William ingin mengikuti kecintaannya pada dunia digital dengan bekerja di perusahaan internet menyerupai Google dan Facebook. Ketiadaan kantor dua perusahaan internet raksasa tersebut kemudian membuatnya bekerja di beberapa perusahaan pengembang piranti lunak di beberapa perusahaan menyerupai TelkomSigma dan Sqiva Sistem sesudah sebelumnya bekerja sebagai pengembang Game di Bolehnet. Kemudian di 2006 bekerja sebagai IT & Business Development Manager di Indocom Mediatama. Dari sini kemudian timbul idenya untuk mempunyai perusahaan internet sendiri. Dari banyak sekali macam pengalamannya inilah, ia kemudian merintis Tokopedia.com pada tahun 2009.


Terinspirasi dari perusahaan internet dunia, William memberanikan diri untuk mulai mencari pemodal. Usaha ini terbilang sulit lantaran ia harus mendapatkan penolakan dari banyak pihak. Dua tahun mencoba meyakinkan banyak orang, William harus mendapatkan kenyataan bahwa perusahaan internet belum mempunyai kepercayaan ketika itu. Apalagi, ketika itu ayahnya divonis penyakit kanker kronis. William pun dituntut menjadi tulang punggung keluarga.


William tidak putus asa. Ia terus berusaha meyakinkan orang-orang wacana potensi sebuah perusahaan internet. Maka pada tahun 2009, Tokopedia karenanya sanggup dijalankan sesudah menerima kepercayaan dari salah seorang pemodal. Ia mengumpulkan talenta-talenta terbaik negeri untuk bergabung di Tokopedia, meyakinkan para mahasiswa di banyak sekali universitas terkemuka.


Pada tahun 2016, William terpilih mewakili Indonesia sebagai Young Global Leader, World Economic Forum. Tokopedia kembali mengumumkan babak investasi gres pada 17 Agustus 2017. Pendanaan senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp14,7 triliun ini berasal dari Alibaba Group, yang sekaligus mengakibatkan perusahaan asal Tiongkok tersebut sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.


Kini, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah e-commerce unicorn terkemuka di tanah air dengan valuasi diatas US$ 1 miliar. Memiliki 4 juta penjual dan dikunjungi oleh lebih dari 73 juta pengunjung. Saat ini William juga merupakan salah satu pendiri Asosiasi eCommerce Indonesia, (idEA) dan menempati posisi sebagai Ketua Dewan Pengawas.


4. Ferry Unardi


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via moneysmart.id


Siapa sih yang nggak tahu Traveloka? Situs online mesin pencari tiket pesawat, kereta, dan hotel untuk bepergian ini memang sangat terkenal dilakangan masyarakat Indonesia lantaran sangat membantu dan memudahkan orang dalam berpergian. Nah situs Traveloka ini didirikan oleh Ferry Unardi, seorang laki-laki kelahiran 16 Januari 1988. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat beliau ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat.


Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari banyak sekali situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berkembang menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna sanggup melaksanakan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.


Ferry cukup berani memulai debutnya di industri e-ticketing pada usia 23 tahun atau pada 2012 silam. Background dirinya bersama rekan sebagai engineer, membuat sangat pas untuk membuatkan sistemnya, mulai dari analisis e-commerce-nya, sistem enterprisenya, coding dan sebagainya.


Pada awal launching, Ferry mengaku sama sekali tidak ada maskapai yang bekerja sama dengannya. Namun, seiring dengan kemajuan traffic website-nya, maskapai-maskapai tersebut mulai melirik, dan bekerja sama di mana setiap transaksi diberikan share profit sebesar 5 persen. Sejak didirikan pada tahun 2012, Traveloka tetap menjadi situs pencari tiket pesawat terfavorit.


5. Reza Nurhilman


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via irnandaerdi.blogspot.com


Nama Reza Nurhilman mungkin masih aneh ditelinga kalian tapi keripik pedas yang berjulukan Maicih mungkin sudah sangat dekat ditelinga kalian. Yup guys, Reza Nurhilman memang merupakan laki-laki dibalik kesuksesan keripik pedas tersebut. Pria yang lahir pada tanggal 29 September 1987 ini, memulai bisnis keripik pedasnya pada tahun 2010, yakni ketika usianya masih 23 tahun.




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Awalnya, ia hanya memasarkan keripik lokal Bandung di sosial media Twitter, namun kemudian dirinya membuatkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang memakai istilah Jenderal biar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.


Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang kemudian ini mengaku kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko menyerupai kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif. Melalui Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan.


Meski bisnisnya sudah usang berdiri, tapi nama Maicih masih menjadi keripik pedas kesukaan masyarakat banyak. Kini Maicih ialah perusahaan keripik singkong pedas terbesar di Indonesia. Kantor pusatnya berada di Bandung, Jawa Barat.


6. Ali Muharam


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via oomph.co.id


Selain keripik pedas Maicih, Makaroni Ngehe juga merupakan cemilan unik yang terkenal di Indonesia. Makaroni Ngehe merupakan perjuangan masakan yang didirikan oleh Ali Muharam. Pada tahun 2013, Ali memberanikan diri membuka perjuangan masakan Makaroni Ngehe dengan bermodalkan sumbangan dari kawannya sebesar Rp 20 juta. Dengan modal tersebut Ali menyewa dan menghias toko kecil berukuran 2×3,5 meter yang akan dijadikan outlet pertama Makaroni Ngehe di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


Ali bekerja multitasking. Dia harus masak, melayani konsumen, hingga menata tokonya sendiri. Karena menjalankan kegiatan bisnis sendirian, Ali mulai mengalami hambatan, salah satunya disaat materi baku habis dan harus melaksanakan pemesanan ke Tasikmalaya untuk makaroni, sehingga outlet harus tutup sementara. Selain itu, Ali juga harus mencicipi tidur di toko kecil berukuran 2×3,5 meter tersebut untuk meminimalisir biaya yang keluar, sebab, Ali harus mengembalikan sumbangan modal sebesar Rp 20 juta yang harus dicicil per bulan.


Berkat gaya hidupnya yang sederhana, beliau bisa nabung hingga karenanya membesarkan usahanya. Kini Makaroni Ngehe sudah merambah di banyak sekali kota mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, hingga Yogyakarta dan bisa menghabiskan makaroni 30 ton per bulan. Bahkan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp 3 miliar per bulannya.


7. Hamzah Izzulhaq


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via instagram.com/hamasacorp


Pengusaha muda sukses Indonesia yang memulai bisnis dari nol berikutnya ialah Hamzah Izzulhaq. Pemuda kelahiran 1993 ini sudah menandakan diri sebagai pengusaha muda yang sukses. Ia tercatat sebagai Direktur Utama PT Hamasa Indonesia, perusahaan beromzet ratusan juta per bulan. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan sofa bed. Sejak kecil, ia sudah terlihat mempunyai bakat berbisnis, yakni dengan berjualan kelereng, petasan, hingga koran. Ia juga pernah menjadi tukang parkir dan ojek payung.


Dia memulai membangun perusahaan lewat bisnis waralaba bimbingan mencar ilmu (bimbel) Bintang Solusi Mandiri di tahun 2011. Dengan bermodal uang Rp 5 juta dan sumbangan Rp70 juta dari ayahnya, ia membeli salah satu cabang yang kebetulan ditawarkan untuk diambil alih seharga Rp175 juta. Sisanya yang sebesar Rp100 juta dibayar dengan dicicil dari keuntungan setiap semester. Dari satu tempat, kini bimbel tersebut telah mempunyai lima cabang dengan omzet mencapai Rp360 juta per semester.


Tak berhenti hingga di sana, beliau juga sukses membuatkan perjuangan kerajinan sofa bed bermerek Pikanto. Lalu, di selesai tahun 2015, Hamzah semakin melebarkan sayap dengan membuatkan bisnis properti di sejumlah kota-kota kecil di Jawa Barat.


8. Yasa Singgih


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via instagram.com/yasasinggih


Terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, anak kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis semenjak sangat belia. Sejak berusia 15 tahun, sesudah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi, ia mulai mencari uang sendiri dengan menjadi pembawa program di banyak sekali program ulang tahun dan musik. Selain itu, masih di usia yang sama, ia mulai berbisnis online dengan menjual lampu hias, namun tidak bertahan usang lantaran dilema pemasok. Setahun kemudian, di usia 16 tahun, Yasa beralih ke bisnis mode. Jenis bisnis yang dirintisnya semenjak di dingklik sekolah ini ialah fashion khusus laki-laki dengan merek Men’s Republic.


Pada awalnya, Yasa hanya menjual sepatu kasual untuk pria. Namun semakin besar usahanya membuat merk yang ia kelola semakin mengatakan produk yang beragam. Saat ini, Men’s Republic menjual produk celana dalam, jaket, dan juga sandal untuk pria.


Kini, produk Men’s Republic telah menjual 500 buah pasang sepatu per bulan. Tanpa ada pabrik Yasa bisa menghasilkan omzet ratusan juta rupiah. Dari perjuangan tersebut ia bisa mendapatkan keuntungan higienis 40%. Saat ini pelanggan merek Men’s Republic sudah ada di seluruh kota besar Indonesia dan juga luar negeri, menyerupai Hong Kong, Makau, Taiwan, Malaysia, Filipina, hingga Nigeria, dengan omzet berkisar Rp200 juta setiap bulannya.


9. Valentina Meiliyana


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via instagram.com/valentinameiliyana


Nama Valentina Meiliyana mungkin sudah tak aneh lagi dikalangan para pebisnis, apalagi para pecinta dunia fashion, khusunya sepatu. Valentina pernah menjadi salah satu perancang sepatu koleksi Eunika Joso di Jakarta Fashion Week 2011. Dia juga mendapatkan pesanan sepatu khusus dari girl band, Cherry Belle.


Awalnya Valentina Meiliyana memang suka menggambar, menggambar banyak sekali macam sepatu. Dari situlah ia mulai berpikir untuk membuat sepatu yang dibentuk dengan desainnya sendiri. Ternyata kecintaannya terhadap dunia desain, khususnya sepatu membawanya pada kesuksesan yang ia raih ketika ini. Brand sepatunya Valentina Meiliyana Shoes yang dijual secara online sukses menarik perhatian banyak orang.


Pengusaha muda Indonesia kelahiran 1995 ini dulunya hanya pedagang online yang menjual extension rambut warna-warni, sandal gabus, dan tas di Kaskus. Tapi siapa sangka, karenanya beliau membuka perjuangan sepatu custom yang sanggup menghasilkan omzet puluhan juta Rupiah per bulan. Dalam membangkitkan usahanya, Valentina juga pernah mencicipi jatuh bangun. Di umur 18 tahun, Valentina mengalami kerugian bisa mencapai 100 juta. Dan hal itu pun membuatnya mengalami stres. Namun dengan kegigihannya Valentina Meiliyana bisa bangun kembali dan menjadi pengusaha muda sukses dengan omzet ratusan juta. Bahkan kini Valentina Meiliyana juga mendirikan administrasi artis yang berjulukan Valen Relation.


10. Hendy Setiono


Siapa sih yang nggak pengen sukses diusia muda Inspiratif! Daftar Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Memulai Bisnis Dari Nol


photo via instagram.com/hendysetiono


Buat para pencinta kuliner, pastinya udah nggak aneh lagi dengan kebab turki Baba Rafi milik Hendy Setiono, seorang pengusaha muda sukses asal Indonesia ini. Yup kebab turki Baba Rafi memang cukup terkenal bahkan telah mempunyai beberapa gerai yang tersebar di Indonesia.


Bisnis yang ia geluti terinspirasi dari perjalanannnya ke negara Qatar, tempat di mana ayahnya bekerja pada perusahaan minyak di sana. Ia menemui banyak penjual kebab dan ia menuju penjual kebab yang sangat ramai pengunjungnya. Setelah memakan kebab tersebut, ia terbesit pikiran untuk membuka perjuangan kebab tersebut di Indonesia. Dengan modal Rp4.000.000,- sumbangan dari adik perempuannya, ia berjualan kebab dengan seorang karyawan.


Hendy Setiono mengalawi bisnis kebab turkinya dengan gerobak kecil. konsumennya dulu menerka dirinya menjual martabak. Karena berjejer dengan penjual martabak di sekitarnyam apalagi ketika itu belum banyak yang mengenal kebab.


Ingin lebih penuh dalam menjalankan bisnis, ia harus berhenti kuliah pada semester 4. Kedua orang tuanya tidak oke kalau anak sulungnya keluar dari dingklik kuliah untuk melaksanakan bisnis dan menganggap proyeknya hanya sebatas iseng. Namun, dalam hati ia menandakan kelak ia akan berhasil.


Pada tahun 2005, perjuangan kebabnya sudah diwaralabakan dan pendirian PT. Baba Rafi Indonesia sebagai pemegang merek dagang Kebab Turki Baba Rafi. Saat ini, gerai miliknya sudah mencapai lebih dari 1000 di Indonesia, Malaysia, dan Filipina.


Nah itu beliau daftar pengusaha muda sukses Indonesia yang mengawali karir mereka dari nol. Bagaimana berdasarkan kalian guys? Tertarik mengikuti jejak mereka?



Sumber http://blogunik.com