Tuesday, July 3, 2018

√ Mengenal Perangkat Snapdragon Dan Perkembangan Dari Awal Sampai Masa Kini

Pada ketika ingin membeli smartphone baru, tentu saja anda akan melihat spesifikasi dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Salah satu yang mungkin menjadi banyak perhatian yaitu mengenai spesifikasi Snapdragon yang digunakan.


Namun kebanyakan orang mungkin masih belum mengetahui dengan detail apa itu Snapdragon. Jika diibaratkan, perangkat Snapdragon merupakan jantung dari smartphone sehingga sangat penting untuk mengetahuinya. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini klarifikasi terkait snapdragon.


Pengertian Snapdragon


Snapdragon merupakan seperangkat system in chip atau SOC yang biasanya dipakai pada perangkat mobile. Snapdragon ini dipasarkan oleh Qualcomm dan mempunyai banyak fungsi.


Fungsi dari Snapdragon ini cukup banyak alasannya perangkat ini merupakan sistem yang saling terkoneksi. Snapdragon terintegrasi dengan banyak sekali sensor dan radio, contohnya mirip GSM/CDMA serta GPU (Adreno).


Didesain khusus alasannya didalamnya tertanamkan banyak sekali chip yang mempunyai kerja dan fungsi mirip CPU, memori (RAM), pengolah grafis (GPU), Bluetooth, Wifi, Display Controller, dan banyak sekali chip controller lainnya.


Sejarah Singkat Snapdragon


Snapdragon pertama kalinya diperkenalkan di bulan November 2006 dan diluncurkan di bulan November 2007. Pada ketika pertama diluncurkan, Snapdragon memakai prosesor Scorpion yang sudah dirilis sebelumnya di tahun 2005.


Qualcomm melaksanakan kolaborasi dengan ARM untuk memproduksi SoC yang mempunyai arsitektur milik ARM. Pada ketika tersebut, prosesor Scorpion memang mempunyai arsitektur yang mirip seperti Cortex-A8. Penamaan Snapdragon disini cukup unik, banyak orang yang beropini jikalau nama Snap dan Dragon diibaratkan sesuatu yang terdengar cepat dan ganas.


Pertama kali dirilis, Snapdragon diberi nama sebagai QSD8250 yang mana SoC ini diklaim sebagai SoC pertama dengan kecepatan 1 GHz pada prosesor smartphone.


Hal ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan pesaing lainnya yang hanya mempunyai kecepatan pada 500 mHz saja. Selain itu, pada ketika tersebut pula Snapdragon telah bisa mendukung layar sampai 720P, kamera sampai resolusi 12 MP, dan 3D Graphics.


Di penghunjung simpulan tahun 2009, beberapa vendor ternama mirip HTC, Acer, Snoy, dan Toshiba mulai mengumumkan akan memakai perangkat Snapdragon pada smartphone yang diproduksinya.


Smartphone mirip HTC HD2, Acer Liquid Metal, Sony Ericssson Xperia X10, dan Toshiba TG01 merupakan salah satu pola smartphone yang memakai Snapdragon.


Penggnaan Snapdragon dalam sebuah smartphone memang mengatakan imbas yang cukup besar, mirip penghematan daya serta ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan lainnya.


Bahkan tak hanya di smartphone saja, Snapdragon juga dipakai pada sebuah Notebook. Di bulan November tahun 2008, Qualcomm berencana untuk memproduksi SoC untuk Netbook.


Dan pada tahun tersebut pula, Qualcomm meluncurkan prototype Soc yang dinamakan Kayak alasannya mempunyai clock speed sampai kecepatan 1,5 GHz. Dan produsen pertama yang menerapkan SoC snapdragon dalam Netbook yaitu Lenovo.


Selain itu sekarang penerapan penggunaan Snapdragon juga sanggup ditemukan pada jam tangan arif dan otomotif. Untuk otomotif, Qualcomm meluncurkan Snapdragon 602A sebagai salah satunya. Dan untuk jam tangan pintar, Snapdragon Wear 2100 bisa menjadi contohnya.


Perkembangan Snapdragon Di Masa Sekarang


Hingga ketika ini, Snapdragon yang diluncurkan oleh Qualcomm memang terbilang cukup sukses di pasaran, terutama dalam penggunaannya pada smartphone Android. Bahkan di bulan Juli 2014, tercatat 41% smartphone yang sudah didukung dengan Snapdragon.


Mulai dari smartphone termurah sampai termahal sekalipun memakai Snapdragon sebagai prosesornya. Dan untuk yang terbaru ketika ini yaitu Snapdragon 845 yang sanggup ditemukan pada Asus Zenfone 5. Smartphone ini meurpakan smartphone pertama yag memakai SoC tersebut di Indonesia.


Pada program Computex 2017, Qualcomm dan Microsoft bekerja sama untuk memproduksi laptop memakai prosesor Snapdragon. Jika biasanya kita membeli laptop melihat spesifikasi laptop prosesornya niscaya antara Intel maupun AMD. Nah, beberapa waktu lagi pasar laptop semakin berkembang berkat adanya logo gres yaitu logo Snapdragon.


Yang menciptakan Snapdragon lebih memikat yaitu konsumsi dayanya yang lebih rendah daripada Intel dan AMD, sehingga laptop akan mempunyai waktu hidup yang lebih lama. Dan tentu saja sanggup dipastikan jikalau perkembangan perangkat Snapdragon akan terus melajut pesat untuk beberapa tahun kedepan.


Perbandingan snapdragon 835 vs 845


Qualcomm juga mengklaim jika SoC ini dibentuk untuk memperlihatkan performa yang lebih baik, bahkan ketika dipakai untuk menjalankan aplikasi berat sekalipun, namun untuk masalah konsumsi daya perangkat tetap dipertahankan, sehingga perangkat yang memakai snapdragon 845 bisa dipakai seharian.


















































































Snapdragon 835Snapdragon 845
Fabrikasi10 nm LPE10 nm LPP
CPU8x Kryo 2808x Kryo 385
– 4x @ 2.45 GHz– 4x @ 2.80 GHz
– 4x @ 1.90 GHz– 4x @ 1.80 GHz
2 MB L3 Cache
MemoryLPDDR4LPDDR4
– up to 1866 MHz– up to 1866 MHz
GPUAdreno 540Adreno 630
DSPHexagon 682Hexagon 685
ISPSpectra 180Spectra 280
ModemX16 LTEX20 LTE
– Download: 1 Gbps– Download: 1.2 Gbps
– Upload: 150 Mbps– Upload: 150 Mbps
Video Capture4K @ 30 fps4K

 


Nah itu tadi klarifikasi mengenai perangkat Snapdragon beserta klarifikasi detail mengenai sejarah perkembangan Snapdragon mulai dari awal sampai ketika ini. Semoga warta diatas bisa membantu anda.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com