Sunday, July 22, 2018

Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan

Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain, apalagi diusianya yang masih 6-12 bulan ia mulai tertarik dengan benda-benda yang ada disekitarnya. Sebagai orang bau tanah tentunya sangat penting mendukung masa emas perkembangannya di tahun pertama dengan memperlihatkan permainan yang tepat. Permainan yang sempurna untuknya yaitu permainan edukasi, permainan edukasi ini dipilih lantaran permainan ini sangat sempurna untuk menstimulasi perkembangan otak dan mendukung tumbuh kembang bayi dalam kemampuan motorik, sensorik, kognitif, komunikasi, sosial dan emosnya. Namun sebelum menentukan permaianan edukasi yang sempurna untuk bayi 6-12 bulan, tentutnya ada beberapa tips yang harus diperhatikan orang tua.


Tips Memilih Permainan Bayi 6-12 Bulan




  1. Pilihlah Warna Yang Cerah


    Pertama-tama pilihlah warna mainan yang cerah, warna cerah akan memperlihatkan rangsangan visual yang akan menstimulasi perkembangan motorik bayi sehingga tidak heran kalau bawah umur lebih tertarik dengan warna yang cerah-cerah.



  2. Pilihlah Mainan Yang Teksturnya Lembut


    Kedua, pilihlah mainan yang bertekstur lembut lantaran pada usia tersebut anak sangat bahagia memasukkan apapun ke dalam mulutnya terutama ketika ia sedang mengalami pertumbuhan gigi. Saat giginya sedang dalam pertumbuhan pastinya ia akan selalu merasa gatal pada gusinya dan ia akan selalu menggigit apapun yang ada disekitarnya. Maka dari itu mainan yang bertekstur lembut tidak akan membahayakan bagi gigi dan gusinya



  3. Pilihlah Mainan Yang Ukurannya Tidak Terlalu Kecil


    Ketiga, pada usia 6-12 bulan tentunya bayi sangat bahagia memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Sehingga untuk mengantisipasi biar mainannya tidak tertelan maka pilihlah mainan yang ukurannya besar lantaran ia belum bisa membedakan mana benda yang merupakan masakan dan mana yang dilarang dimakan..



  4. Pilihlah Mainan Yang Bentuknya Bervariasi


    Keempat, tak hanya orang cukup umur saja yang bisa mencicipi bosan bahkan bayi pun gampang merasa bosan. Sehingga untuk menghindarinya dari rasa bosan para orang bau tanah bisa memberikannya mainan dengan warna dan bentuk yang berbeda. Jika para orang bau tanah memperlihatkan bentuk dan warna mainan yang sama hal itu kurang merangsang dan menstimulasi perkembangan motorik bayi.



  5. Selalu Perhatikan Mainan Bayi Selalu Bersih


    Kelima, lantaran bayi masih sangat sensitif oleh lantaran itu selalu perhatikan mainan bayi. Pastikan sebelum memberinya selalu bersih dan bersih dan baiknya cucilah mainannya secara terencana untuk menghindari kotoran dan bubuk yang melekat pada mainan bayi.



Jika tadi membahas wacana tips yang harus dilakukan orang bau tanah dalam menentukan permainan, berikut ini rekomendasi mainan edukasi untuk bayi 6 – 12 bulan


1. Buku Bayi


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://mek.store


Buku bayi ialah salah satu permainan edukasi yang kondusif untuk bayi, dimana buku ini mempunyai dua jenis yaitu soft book dan board book. Untuk bayi sebaiknya hindari buku yang berbahan dasar kertas lantaran gampang sobek dan kalau sobek ada kemungkinan sobekan tersebut akan dimakan.


Buku bayi ini pastinya akan menarik perhatiannya lantaran di dalamnya terdapat banyak sekali macam gambar dan warna. Ketika bayi sudah mulai tertarik dengan bukunya dan membolak-balikan buku tersebut, para orang bau tanah bisa sambil memperlihatkan gambar-gambar yang ada disana sambil menceritakan isi buku atau mengara kisah wacana buku tersebut. Selama orang bau tanah menceritakan biarkan saja si kecil menarik-narik, mengemut dan berekplorasi dengan bukunya.


Selain soft book, orang bau tanah juga bisa menentukan buku yang mempunyai tekstur untuk melatih sensorik anak. Orang bau tanah bisa menentukan buku bergambar hewan, buah-buahan atau benda yang ada disekitarnya, biarkan si kecil mencocokan benda yang ada pada buku dengan benda aslinya yang dilihatnya secara langsung. Hal ini akan membuatnya lebih gampang mengingat benda yang ada pada buku tersebut, selain itu hal ini juga melatih motorik si kecil melalui gerakan tangannya yang mengeksplor buku, otak dan pengetahuannya juga akan berkembang. Tak hanya itu saja, si kecil juga menambah kosa katanya melalui kata-kata yang orang tuanya ucapkan selama menjelaskan isi buku kisah tersebut.


2. Boneka Tangan


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Photo via : https://www.amazon.com


Boneka tangan ialah salah satu permainan edukasi yang mempunyai bermacam-macam bentuk dan kebanyakan berbentuk binatang, si kecil pastinya akan tertarik dengan mainan ini apalagi kalau boneka tersebut mempunyai bentuk binatang yang disukainya. Para orang bau tanah juga sanggup memasukkan tangan ke dalamnya kemudian bercerita atau berbicara pada si kecil dengan banyak sekali macam nada yang berbeda. Pastinya si kecil akan sangat tertarik dan memperhatikan orang tuanya dan tertawa mendengarkan bunyi orang tuanya yang berbeda-beda. Permainan ini sanggup mempererat interaksi dengan si kecil dan menambah kosakata si kecil, selain itu permainan ini juga sanggup menstimulasi percakapan dan meningkatkan kemampuan bicara dan melatih komunikasi si kecil.


3. Papan Aktivitas


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.petersofkensington.com.au


Papan kegiatan ialah salah satu permainan dimana papan kegiatan ini dilengkapi dengan banyak sekali macam mainan diatasnya mulai dari memutar, membuka, menutup, menjatuhkan, menggetarkan dan meremas. Selain itu, biasanya permainan ini mempunyai warna-warna yang menarik bagi si kecil, selain bermaian papan kegiatan ini juga ada yang dilengkapi dengan roda yang bisa anak dorong atau melatihnya untuk berdiri. Mainan ini sanggup melatih koordinasi tangan dan fungsi sensorik si kecil biar lebih seimbang, namun para orang bau tanah harus memastikan kalau papan kegiatan ini tidak mengandung sesuatu yang berbahaya dan selalu awasi si kecil ketika bermain dengan papan kegiatan ini.


4. Balok Kayu


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://shopee.com.my


Para orang bau tanah juga bisa memakai balok kayu sebagai mainannya, lantaran ada banyak sekali macam cara bermain dengan balok kayu. Orang bau tanah bisa mengajarinya menyusun kemudian menjatuhkannya kembali begitu seterusnya. Selain itu, orang bau tanah juga bisa memperlihatkan cara mengumpulkan balok-balok dan memasukan balok tersebut ke sebuah wadah kemudian menumpahkannya kembali. Tak hanya itu saja, orang bau tanah juga bisa membiarkan si kecil memakai imajinasinya dalam bermain balok kayu. Bermain balok kayu ini sanggup mengajarkan si kecil akan konsep bentuk, ukuran, berat dan ragam benda, melatih contoh pikir dan kecerdikan sehingga sanggup merangsang kreatifitasnya dan melatih otak kanan. Untuk anak yang umurnya lebih besar, ketika bermain balok kayu bersama temannya sanggup melatih komunikasi serta kerja sama.


5. Mainan Bentuk


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.gvado.com


Mainan bentuk ini mempunyai banyak sekali macam variasi mulai dari balok berbentuk bintang, kubus, persegi panjang, segitiga dan lainnya dengan lubang yang berbentuk serupa. Permainan ini pastinya menciptakan si kecil tertarik dan akan terpancing untuk mencocokkan dengan cara memasukan balok-balok tersebut ke dalam lubang yang sesuai. Selain itu, terdapat juga permainan balok yang memasukan bentuk-bentuk ke dalam tiang kecil yang sesuai. Permaian bentuk ini akan meningkatkan perkembangan motorik si kecil.


6. Bola


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : http://www.mysweetpickles.com


Permainan ini bisa dikatakan banyak dipilih orang tua, selain lantaran gampang dimainkan dan kondusif bola juga mempunyai harga yang relatif murah. Untuk si kecil pilihlah warna bola yang cerah-cerah untuk menarik perhatiannya. Untuk si kecil yang ber umur 6 – 12 bulan ada banyak sekali cara menyebabkan bola sebagai permainan edukatif yaitu menggelindingkan bola ke arah bayi atau kemana saja sesuai usul si kecil. Selain itu, orang bau tanah juga bisa meminta si kecil utnuk menggelindingkan bola ke mana saja. Untuk si kecil yang lebih besar ibarat 12 bulan, orang bau tanah bisa melaksanakan permainan lempar dan tangkap bola. Bermain bola ini sanggup mengasah koordinasi gerak tangan dan kaki si kecil.


7. Mainan Lampu


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.vtechkids.com


Mungkin mainan ini belum terlalu familiar, namun permaianan ini termasuk mainan edukasi yang berupa mainan lampu atau senter yang mempunyai pantulan cahaya yang berwarna-warni di dalamnya. Ketika orang bau tanah dan si kecil berada di dalam ruangan, nyalakan mainan lampu tersebut ke segala arah. Kemudian pindahkan sorotan lampu tersebut ke beberapa arah ketika si kecil melihat pantulan cahaya tersebut. Dengan begitu mata si kecil akan bergerak mengikuti pantulan lampu senter, mainan ini sanggup mengasah kemampuan visual dan membantu si kecil mengenal beberapa warna di dalam lampu tersebut.


8. Mainan Yang Didorong


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Photo via : https://www.ilovespeelgoed.nl


Permainan edukasi berikutnya yaitu permainan yang didorong, mainan ini bisa berupa troli belanja atau lainnya. Mainan yang di dorong ini sanggup membantu si kecil untuk berani melangkah dan merangsang motorik bayi untuk merangkak ataupun berjalan meskipun si kecil belum benar-benar bisa berjalan.


9. Mainan Pencet


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.aliexpress.com


Bisa dikatakan permainan ini sangat sederhana, mainan ini akan mengeluarkan bunyi ketika dipencet. Meskipun sederhana namun permainan ini sanggup menjadi edukatif bagi si kecil. Orang bau tanah bisa memperlihatkan bagaimana cara memencet mainan tersebut kepada si kecil. Orang bau tanah juga sanggup mengajak si kecil bermain dengan mengoper-oper mainan tersebut dari satu tangan ke tangan lainnya. Mainan yang dipencet ini sanggup meningkatkan kemampuan motorik dan kognitif si kecil serta mengajarkan konsep sebab-akibat, ketika mainan tersebut dipencet akan mengeluarkan bunyi dan ketika dibiarkan tidak ada bunyi yang keluar.


10. Puzzle


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.dhgate.com


Mainan puzzle merupakan salah satu mainan edukasi untuk anak dimana mainan ini bisa berupa banyak sekali bentuk dan warna ibarat binatang, huruf, kendaraan, buah-buahan dan lainnya. Mainan puzzle ini akan mengajarkan si kecil untuk mengenal banyak sekali bentuk, warna dan nama benda. Selain itu, mainan ini juga melatih si kecil untuk memecahkan persoalan dan melatih keterampilan motorik halus dan motorik kasarnya. Tak hanya itu saja, mainan puzzle ini juga sanggup melatih si kecil untuk berkonsentrasi, kesabaran dalam menghadapi masalah, kemandirian dan ketelitian.


11. Wire Games


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.sanyuugoods.com


Wire game ialah salah satu permainan dimana keuntungannya hampir sama dengaannn puzzle. Wire game ini bisa memperkuat koordinasi antara otak kanan dan kiri biar sanggup menuntaskan persoalan dengan lebih cepat. Tak hanya itu saja, wire game ini juga sanggup mengajarkan si kecil konsep warna dan bentuk, menstimulus kecerdikan serta kemampuan berpikir.


12. Mainan Putar Musik


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.aliexpress.com


Mainan putar musik ialah sala satu mainan yang kalau dimainkan akan mengeluarkan musik atau bunyi yang menarik untuk si kecil. Mainan ini sanggup merangsang telinga dan membantu perkembangan syaraf-syaraf pada otak si kecil.


13. Alat Musik


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.aliexpress.com


Alat musik bisa menjadi piliha orang bau tanah untuk membantu si kecil mengenal bunyi dan mengajarkan konsep sebab-akibat sederhana dari bunyi yang di terdengar dari sumber bunyi. Orang bau tanah bisa menentukan alat musik drum, piano atau lainnya dan ajarkan si kecil cara bermainnya. Kemudian berilah si kecil alat tersebut dan mencobanya sendiri.


14. Telepon Mainan


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.daraz.com.bd


Telepon Mainan merupakan salah satu mainan edukasi anak, dimana telepon mainan ini mempunyai tombol-tombol yang bisa berbunyi ketika ditekan. Mainan ini sanggup melatik si kecil untuk berinteraksi.


15. Talking Pen


Bayi setiap harinya pastinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan bermain Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Bayi 6-12 Bulan


Photo via : https://www.lelong.com.my


Mainan ini mungkin belum lumrah di kalangan orang tua, namun mainan ini salah satu mainan edukasi untuk anak. Dimana mainan ini berupa pena yang dirancang khusus untuk menarik perhatian si kecil untuk bermain sekaligus belajar. Orang bau tanah hanya perlu menempelkan pena tersebut pada belahan buku, pena tersebut akan membicarakan kata-kata yang tertera dalam buku tersebut. Mainan ini sanggup meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan mendengar dan berbicara serta menambah kosakata si kecil. Tak hanya itu saja, mainan ini juga bisa mengajarkan si kecil bahasa asing.


Itulah beberapa rekomedasi permainan edukasi untuk bayi 6-12 bulan, penting bagi para orang bau tanah untuk menentukan dan memperhatikan permainan apa yang cocok untuk si kecil. Dan di masa emasnya ini sangat sempurna kalau orang bau tanah menstimulasi perkembangan otak dan mendukung tumbuh kembang si kecil.



Sumber http://blogunik.com