Saturday, August 25, 2018

√ 10 Hal Yang Harus Dihindari Dikala Online Memakai Facebook, Tidak Ada Alasan!

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Facebook – Kita tentu sadar kalau Facebook yaitu situs jejaring sosial terbesar di dunia. Bahkan secara keseluruhan Facebook merupakan website yang berhasil menempati ranking kedua di dunia sesudah Google. Facebook bisa menawarkan magnet luar biasa kepada hampir setiap orang di seluruh dunia sehingga mereka berbondong-bondong untuk menciptakan akun di Facebook. Tidak terlewat juga di negara tercinta kita ini, Indonesia yaitu salah satu negara bab Facebooker United yang artinya dalam jumlah jutaan warga negara Indonesia sudah mempunyai akun Facebook dan aktif online setiap harinya. Umumnya mereka yaitu bawah umur muda dan kemudian disusul oleh penggangguran sejati, dan bahkan masyarakat umum ibu-ibu rumah tangga serta tokoh masyarakat tidak mau terlewatkan juga untuk tidak menciptakan akun Facebook.


Baca Juga : Inilah 5 Cara Hacker Mencuri Data Pengguna Facebook Terbaru Tahun 2016


Facebook sangat kaya fitur dan gampang juga digunakanannya, maka tak heran kalau Facebook cepat terkenal. Tidak berhenti disitu saja, kini banyak aplikasi dan website yang berafiliasi dengan Facebook untuk menawarkan pengguna mengakses Facebook tanpa pulsa (gratis). Namun sayangnya dibalik keterkenalan Facebook sebagian orang ada yang memakai akun Facebook menjadi salah kaprah. Mereka gunakan Facebook untuk tindakan agresi kejahatan ibarat melaksanakan pemalsuan, penipuan, dan sebagainya.


Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Facebook √ 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Menggunakan Facebook, Tidak Ada Alasan!


Namanya dunia maya ya tetap dunia maya. Jangan hingga kita eksklusif bisa percaya penuh terhadap orang yang kita kenal dari pertemanan di akun Facebook. Segala tindakan kejahatan bisa terjadi di Facebook bahkan sudah banyak yang terbukti juga member Facebook terperangkap sama ulah member Facebook lainnya (pelaku kejahatan).


Mengingat akan hal itu, untuk mengantisipasi akan tindakan-tindakan kejahatan yang senantiasa akan mengancam diri kita maka disini saya akan membuatkan beberapa hal yang harus dihindari atau jangan kita lakukan ketika online memakai Facebook. Jangan anggap duduk kasus ini yaitu duduk kasus yang sepele! Tahukah Anda bahwa sering kalau duduk kasus sepele nantinya menjadi bumerang dan pemicu munculnya duduk kasus besar.


Inilah 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Sedang Online Menggunakan Facebook


Disini saya mengelompokkan kedalam 10 hal saja, alasannya yaitu berdasarkan saya 10 hal ini yaitu merupakan hal-hal yang sangat penting untuk tidak kita lakukan ketika memakai Facebook.


1. Dengan Praktis Memberikan Informasi Lengkap


Seperti yang sudah dibahas diatas kalau fitur Facebook itu sangat lengkap. Namun bukan berati semua kelengkapan itu harus kita gunakan atau manfaatkan. Facebook dilengkapi dengan informasi profil untuk dengan mudahnya diketahui oleh orang lain. Di halaman profil Facebook kita bisa menulis alamat lengkap rumah, status hubungan, nomor telepon, tanggal lahir dan sebagainya. Menurut saya kalau semua data-data tersebut tidak perlu kita tampilkan. Tentunya akan sangat dengan gampang ketika orang lain (pelaku kejahatan) untuk menemukan dan mengakses identitas kita yang terpasang di profil Facebook. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak mencantumkan data-data penting pada Profil Facebook. Jika kedepannya ada orang yang membutuhkan data-data Anda dan orang yang bisa dipercaya maka bisa Anda beri saja secara langsung.


2. Ikut Bergabung Dengan Grup Facebook Tidak Jelas


Banyak bangkit grup-grup Facebook setiap harinya yang dibentuk oleh pengguna Facebook. Mereka menciptakan grup Facebook bertujuan sebagai daerah berkumpulnya member Facebook yang mempunyai kesamaan hoby. Namun diantaranya banyak juga yang mengakibatkan grup Facebook sebagai agresi tindakan kejahatan. Oleh alasannya yaitu itu mulai ketika ini jangan main bergabung ke grup, namun silakan lihat dulu wacana apa grup Facebook tersebut.


3. Ngobrol (Chating) Bersama Orang Yang Baru Dikenal


Hal ini banyak dilakukan ketika agresi kejahatan sebagai metode untuk menjerat hati lawan member Facebook yaitu dengan mengajak ngobrol dulu lewat chat. Melakukan chat atau ngobrol dengan orang lain yang gres dikenal atau sama sekali tidak Anda kenal itu sangat beresiko. Tidak menutup kemungkinan kalau orang yang mengajak Anda chat yaitu orang yang selama ini sedang mengincar-ngincar Anda. Kemudian tidak menutup kemungkinan juga kalau orang yang sudah usang Anda kenal baik akan melaksanakan tindakan kejahatan melalui ngajak ngobrol lewat chat Facebook. Oleh alasannya yaitu itu berhatilah-hatilah sebelum Anda berkomunikasi lebih jauh lewat chat Facebook.


4. Menganggap Teman dan Dunia Facebook Adalah Nyata


Menganggap sahabat di Facebook yaitu sahabat aktual yaitu salah besar, apalagi jikalau sahabat tersebut Anda kenal di Facebook dan belum pernah bertemu di alam nyata. Dunia Facebook yaitu dunia maya atau antara ada dan tiada. Ada ketika online dan memakai Facebook dan tidak ada ketika offline tidak memakai Facebook. Jangan terlalu serius dengan ulah-ulah sahabat di Facebook dan satu hal lagi jangan hingga terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk Facebook dibanding kepentingan dunia nyata.


5. Memberitahu Kata Sandi (Password) Facebook Terhadap Orang Lain


Mungkin sekilas kita pikir mana mungkin kata sandi Facebook akan kita berikan terhadap orang lain dengan mudah. Banyak orang yang mengakali kata sandi akun Facebook temannya untuk dikerjain, tapi ini mah malah diberikan secara cuma-cuma. Tapi lain lagi jikalau masalah ini kejadiannya sama orang yang sedang berpacaran. Biasanya mereka akan saling menukar kata sandi Facebook untuk bisa saling mengetahui aktifitas pasangannya. Celakanya jikalau relasi tersebut sudah putus dan lupa kalau kata sandi tidak cepat-cepat diganti maka kemungkinan akun Facebook akan disalahgunakan.


Apapun alasannya jangan pernah Anda berikan kata sandi Facebook terhadap orang lain meski orang tersebut sanggup dipercaya. Kecuali jikalau Anda mengganggap akun Facebook tidak penting dan tidak duduk kasus kalau akun Facebook berhasil dimiliki orang lain.


6. Menggunakan Nama Palsu di Facebook


Apakah hal ini termasuk yang Anda sering lakukan? Sebagian besar memang benar kalau akun Facebooknya memakai Nama Profil Palsu. Karena Facebook itu yaitu dunia maya maka dengan memakai nama palsu di Facebook maka Facebook akan semakin tidak aktual saja dan hanya kepalsuan yang bertebaran.


7. Menggunggah Terlalu Banyak Foto Pribadi


Di Facebook kita dengan mudahnya sanggup mengunggah foto dan tersimpan di Profil Facebook. Foto-foto ini nantinya akan bisa dilihat oleh orang lain yang sama-sama mengakses akun Facebook. Bahkan bukan hanya dilihat saja, orang lain bisa dengan gampang menyimpan foto-foto kita di akun Facebook. Coba Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana kalau foto-foto pribadi Anda disalahgunakan sama orang yang tidak bertanggung jawab? Dengan begitu apakah Anda masih mau mengunggah foto terutama foto pribadi di akun Facebook?


Umumnya mereka yang suka mengunggah foto secara masal setiap harinya yaitu bagi member yang gres mempunyai akun Facebook. Bukannya dihentikan mengunggah foto di Facebook, tapi kita harus cerdik menentukan foto mana yang pantas diunggah di Facebook. Hanya foto-foto bersifat pribadi yang tidak pantas kita unggah.


8. Lupa Keluar (Logout) di Facebook


Jangan hingga lupa klik keluar atau logout Facebook ketika simpulan memakai Facebook. Walaupun media browser kini sudah canggih yaitu ketika kita klik close browser maka secara otomatis akan mengeluarkan juga website ibarat akun Facebook. Lupa klik keluar (logout) sangat rentan akun Facebook kita akan dipakai oleh orang lain terlebih jikalau kita online Facebook di warnet.


9. Memperbarui Status Tentang Masalah Pribadi


Saya rasa sangat tidak pantas kita menulis status Facebook yang isinya yaitu duduk kasus pribadi. Suka senyum-senyum sendiri jikalau melihat atau membaca status ibarat ini di Facebook. Anda boleh narsis, tapi bukan harus dibuka ke semua publik. Bisa saja dari status-satus pribadi ibarat ini akan memicu orang lain untuk melaksanakan tindakan kejahatan terhadap Anda.


Hindari juga menciptakan status marah-marah dan selalu mengeluh. Membuat status yang isinya marah-marah hanya akan menciptakan bumerang bagi Anda. Hal ini secara eksklusif menunjukkan kepribadian negatif Anda terhadap orang lain.


10. Mengaktifkan Aplikasi Facebook Yang Kurang Penting


Facebook dilengkapi juga dengan aplikasi-aplikasi canggih untuk semakin menciptakan betah penggunanya. Namun bukan berarti harus semua aplikasi Anda pasang di akun Facebook, buat apa? Bijaksanalah dalam menentukan aplikasi Facebook dan gunakan yang berdasarkan Anda sangat penting. Dan ingat satu hal kalau prioritas utama yaitu urusan dunia aktual bukan dumay (dunia maya).



Ok mungkin hanya itu saja artikel 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Online Menggunakan Akun Facebook. Semoga artikel ini ada keuntungannya untuk siapa saja dan jangan hingga Anda salah tanggap dengan artikel ini. Punya pendapat lain wacana larangan ketika memakai Facebook? Silakan sampaikan saja di dalam kotak komentar!



Sumber http://info-menarik.nett