Saturday, August 25, 2018

√ Apa Fungsi Rambut Manusia?

Dibandingkan dengan primata lainnya, insan mempunyai rambut yang sangat sedikit di badan mereka. Namun, rambut apa yang kita miliki mempunyai bermacam-macam fungsi penting, tergantung lokasinya. Rambut mengumpulkan keringat dan melindungi kita dari sinar matahari yang merusak dan dari partikel-partikel puing dan benda gila yang sanggup melukai kulit atau masuk ke dalam tubuh.


Sejarah


Pada suatu waktu, para antropolog memberi tahu kita, insan mempunyai lapisan pelindung rambut di seluruh badan mereka yang membantu mengatur suhu badan dan melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Itu ketika, menyerupai primata lainnya, berjalan tanpa alas, dengan empat kaki, dan lebih banyak kulit kita yang pribadi terkena sinar ultraviolet daripada sekarang. Ketika kita berevolusi ke posisi berdiri, tidak lagi membutuhkan rambut di mana-mana, dan para jago di Smithsonian Institute percaya ini mungkin saat mulai kehilangan sebagian besar darinya. Meskipun kita mempertahankan jumlah folikel rambut yang sama dengan kera, sebagian besar rambut di badan kita mempunyai tekstur yang relatif baik.


Jenis


Selain rambut kepala dan lapisan tipis rambut halus yang menutupi lengan, kaki, dan wajah serta garis lubang hidung dan jalan masuk telinga, insan juga menumbuhkan rambut di area kemaluan dan ketiak (kelek). Rambut kemaluan dan rambut ketiak ialah hormon yang disebabkan oleh hormon, karakteristik kelamin sekunder yang berkembang selama masa pubertas baik pada laki-laki maupun wanita. Rambut wajah juga merupakan karakteristik kelamin sekunder pada laki-laki yang dihasilkan dari produksi testosteron. Jenis dan jumlah rambut bervariasi dari orang ke orang dan dengan usia, ras dan rujukan genetik individu.


Fungsi


Lokasi rambut umum mengatakan perannya. Rambut kepala melindungi kulit kepala dari panasnya sinar matahari dan membantu menahan panas tubuh. Bulu mata dan rambut alis membantu menjaga benda gila keluar dari mata, dan rambut di lubang hidung dan jalan masuk pendengaran membantu menangkap debu, puing-puing dan bahkan serangga memasuki tubuh. Rambut lubang hidung juga membantu mengatur suhu udara yang dihirup sebelum memasuki tubuh. Rambut badan insan terhubung dengan reseptor sentuhan di kulit yang memungkinkan kita untuk mencicipi dan, dalam arti itu, secara kolektif berfungsi sebagai alat peringatan pelindung.


Rambut juga melayani fungsi estetika untuk menambah keindahan pada badan manusia. Rambut kepala membingkai wajah menyerupai halnya alis membingkai mata. Gaya rambut sering berfungsi sebagai bentuk lisan individu. Rambut wajah membantu membedakan laki-laki dari wanita, dan rambut kemaluan mengatakan bahwa seorang laki-laki atau perempuan telah mencapai pubertas dan menjadi remaja secara secual dan siap untuk bereproduksi.



Sumber https://infoana.comm