Saturday, August 25, 2018

√ Cara Semoga Font Coreldraw Tidak Berubah Ketika Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)

Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font – Memang sangat menyenangkan bermain dengan font-font keren ketika kita sedang desain di CorelDRAW. Terlebih lagi bila kita memiliki koleksi font gres sangat disayangkan bila font-font gres tersebut tidak segera diterapkan pada desain yang sedang kita kerjakan di CorelDRAW. Katakanlah kita sedang menciptakan brosur di CorelDRAW, dimana bila brosur tersebut kita desain dengan memakai font yang sempurna maka tentunya akan menambah keindahan tersendiri selain menentukan warna yang sesuai.


Baca Juga : Cara Menonaktifkan Huruf Kapital Otomatis Di CorelDRAW


Namun satu hal yang harus Anda ketahui, bila desain yang kita selesaikan di CorelDRAW nantinya ingin Anda cetak di percetakan lain maka wajib untuk melaksanakan beberapa hal yang akan saya bahas disini. Menggunakan font-font yang abnormal artinya bukan font yang umum dipakai akan beresiko terjadinya Missing Font. Apa itu Missing Font? Font-font yang kita gunakan dalam hasil karya desain CorelDRAW akan berubah ketika dibuka di komputer lain. Artinya setiap font yang tidak sesuai atau tidak ada di komputer lain dengan komputer kita maka akan berubah (Missing Font). Tentunya hal ini tidak menginginkannya bukan? Sudah banyak menghabiskan waktu untuk desain, tapi alhasil cetakannya tidak sesuai dengan yang kita inginkan terutama terletak pada jenis fontnya.


Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font √ Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)


Masih mending bila percetakannya rajin sekali mau menginstall setiap font yang berubah (Missing Font). Namun umumnya alasannya pekerjaan di percetakan itu menumpuk, maka mereka tidak mau perduli dan asal cetak saja. Lalu siapa yang akan rugi? Ya terperinci kita alasannya hasil kerjakeras kita selama desain tidak ada artinya sama sekali.


Baca Juga : 5 Website Keren Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis Dari Gambar


Tapi hening dulu alasannya disini saya akan menunjukkan solusi terbaiknya, yaitu cara semoga font CorelDRAW tidak berubah sama sekali ketika dibuka di komputer lain meski font serupa tidak ada. Agar font tidak berubah ketika dibuka di komputer lain solusinya yaitu dengan melaksanakan Convert to Curves. Mengubah format font dengan Convert to Curves nantinya font sama sekali tidak berubah dan juga tidak sanggup di edit alasannya format font mejadi Object Vektor.


Berikut Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain


Ketika font sudah di convert menjadi objek vektor siapapun tidak akan sanggup mengeditnya meskipun Anda sendiri. Fungsi CorelDRAW disini hanya untuk menayangkan file CDR saja. Jika kita dikemudian hari ingin mengeditnya maka harus melaksanakan secara manual tidak sanggup mengubah font pribadi yang sudah di convert. Dengan begitu melaksanakan Convert to Curves ini harus Anda lakukan pada proses terakhir (finish) desain di CorelDRAW. Atau sanggup juga dengan menyimpan file cadangannya format CDR tanpa melaksanakan Convert to Curves.


Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai


Ok kita akhiri saja basa-basinya dan mari kita mulai tutorialnya. Silakan Anda buka jadwal CorelDRAW yang sudah terpasang di komputer atau laptop Anda. Berapapun versinya tetap sanggup melaksanakan Convert to Curves dan disini saya memakai CorelDRAW X4.


Baca Juga : Cara Praktis Cek Jenis Font Dari Gambar


Buat kata Missing Font (sekedar contoh) pada layar kerja CorelDRAW. Perlu kita ketahui untuk membedakan font sudah di convert atau belumnya, kita sanggup lihat bila sesudah klik ganda pada font maka akan muncul kursor berkedip dan itu tandanya yaitu font sanggup di edit. Kemudian Text Tool juga akan aktif bila font masih normal.


Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font √ Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)


Jika desain yang sedang kita kerjakan terdapat banyak jenis font termasuk desain-desain lainnya, silakan sebelum mengconvert font klik pilih dulu meni Edit > Select All > Text. Dengan melaksanakan hal ini maka setiap font yang ada dilayar kerja itu akan terseleksi/terpilih.


Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font √ Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)


Langkah selanjutnya sekarang tibanya waktu untuk convert font sesuai dengan yang kita inginkan. Klik pilih sajian Arrange > Convert To Curves dan selesai. Langkah pintasnya Anda sanggup memakai Keyboard Shortcuts CorelDRAW yaitu Ctrl+Q.


Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font √ Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)


Sekarang silakan Anda lihat font-font yang sudah diubah melalui prores Convert to Curves. Coba Anda klik ganda pada goresan pena Missing Font dan yang aktif bukan Text Tool tapi malah Shape Tool. Dengan begitu file CDR Anda akan terbebas dari acara Missing Font.


Convert Font CorelDRAW Agar Tidak Missing Font √ Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain (Convert Font)


Bagaimana gampang bukan? Sekarang format font sudah menjadi Objek Vektor dan mungkin Anda hanya sanggup mengedit font layaknya mengedit Shape di CorelDRAW. Jangan hingga lupa juga sebelum Anda menyimpan hasil desain untuk menghindari tidak terbacanya file CDR di komputer lain yang CorelDRAW-nya dibawah versi punya kita maka silakan baca dulu artikel Cara Simpan File CDR Untuk Semua Versi.


Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Agar Font Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain atau menghindari Missing Font dengan melaksanakan Convert Font menjadi jenis Objek Vektor. Sekarang Anda sudah terbebas dari belenggu penyakit Missing Font dan semoga artikel ini ada manfaatnya. Salam sukses dan hingga bertemu lagi di artikel selanjutnya.



Sumber http://info-menarik.nett