Thursday, August 16, 2018

√ Apa Tugas Ginjal Di Dalam Tubuh

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang di ruang retroperitoneal antara parietal peritoneum dan dinding perut posterior, terlindungi dengan baik oleh otot, lemak, dan tulang rusuk. Mereka kira-kira seukuran kepalan tangan Anda, dan ginjal laki-laki biasanya sedikit lebih besar dari ginjal wanita. Ginjal ialah pembuluh darah yang baik, mendapatkan sekitar 25 persen dari curah jantung ketika istirahat.


Peranan ginjal yang pertama ialah mengatur komposisi ionik. Ion ibarat natrium, kalium, kalsium, magnesium, klorida, bikarbonat, dan fosfat yang diatur oleh jumlah yang dikeluarkan ginjal. Selain itu ginjal juga bertugas mengatur osmolaritas. Ginjal mengatur osmolaritas alasannya ialah mereka mempunyai kontrol pribadi atas berapa banyak ion dan berapa banyak air yang dikleuarkan seseorang.


Mengatur volume darah ialah fungsi penting lainnya dari ginjal. Ginjal Anda begitu penting alasannya ialah mereka mempunyai pengaruh pada tekanan darah Anda. Ginjal mengatur volume plasma dengan mengendalikan berapa banyak air yang dikeluarkan seseorang. Volume plasma mempunyai pengaruh pribadi pada total volume darah, yang mempunyai pengaruh pribadi pada tekanan darah Anda. Garam (NaCl) akan menjadikan osmosis terjadi; difusi air ke dalam darah.


Mengatur konsentrasi ion hidrogen (pH) juga merupakan tangung jawab ginjal. Ginjal bermitra dengan paru-paru dan mereka bantu-membantu mengontrol pH. Ginjal mempunyai kiprah utama alasannya ialah mereka mengontrol jumlah bikarbonat diekskresikan atau memegang. Ginjal membantu menjaga Ph darah terutama dengan mengeluarkan ion hidrogen dan ion bikarbonat atau menyerap kembali jikalau diperlukan.


Penghapusan produk limbah metabolisme dan zat-zat absurd dari plasma. Salah satu hal yang paling penting ginjal mengekskresikan limbah nitrogen. Saat hati rusak asam amino itu juga melepaskan amonia. Hati kemudian dengan cepat menggabungkan amonia dengan karbon dioksida, membuat urea yang merupakan produk final nitrogen utama dari metabolisme pada manusia. Hati mengubah amonia menjadi urea alasannya ialah jauh kurang beracun. Kita juga sanggup mengeluarkan beberapa amonia, kreatinin dan asam urat. Kreatinin berasal dari pemecahan metabolisme kreatin fosfat (fosfat berenergi tinggi pada otot). Asam urat berasal dari memecah nukleotida. Asam urat ialah asam urat larut dan terlalu banyak dalam darah yang akan menumpuk dan membentuk kristal yang sanggup mengumpulkan pada sendi dan menjadikan asam urat.


Sekresi Hormon Sistem endokrin mempunyai derma ketika hormon dilepaskan ginjal. Renin dilepaskan oleh ginjal. Renin menjadikan sekresi aldosteron yang dilepaskan dari korteks adrenal. Aldosteron mendorong ginjal untuk menyerap kembali ion natrium (Na+). Ginjal juga mengeluarkan erithropoietin ketika darah tidak mempunyai kapasitas untuk membawa oksigen. Erythropoietin yang menstimulasi produksi sel darah merah. Vitamin D dari kulit juga diaktifkan dengan derma dari ginjal. Kalsium (Ca+) diserap dari susukan pencernaan didorong oleh vitamin D.



Sumber https://infoana.comm