Tuesday, September 18, 2018

√ Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui Cmd Sekaligus Cara Memperbaikinya

Cara Cek Hardisk & Memperbaikinya Melalui CMD – Hardisk yaitu komponen perangkat keras (hardware) komputer yang mempunyai fungsi untuk menyimpan seluruh data komputer. Biasanya bentuk hardisk berupa kotak yang didalamnya terdapat piringan untuk menyimpan data. Seluruh data yang disimpan didalam hardisk bersifat permanent. Artinya walaupun komputer dimatikan atau tidak dipakai dalam waktu usang maka data tersebut tidak akan hilang. Hilangnya data didalam hardisk hanya sanggup dilakukan secara manual oleh pengguna dengan cara menghapus atau memformatnya.


Baca Juga : Info Menarik Harga Hardisk Baru Paling Baik


Peranan hardisk di komputer atau laptop sangatlah vital dan sangat mustahil komputer akan sanggup dijalankan tanpa adanya hardisk. Operasi Sistem yang merupakan sebagai pengendali komputer supaya sanggup dijalankan disimpannya didalam hardisk. Maka dari itu melihat sangat pentingnya peranan hardisk di komputer atau laptop maka disarankan supaya selalu memeriksa kondisi hardisk yang kita gunakan. Komputer tanpa hardisk maka sanggup dibilang percuma saja lantaran komputer sama sekali tidak sanggup dioperasikan.


 Hardisk yaitu komponen perangkat keras  √ Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya


Namanya barang elektronik apalagi jikalau kita gunakan terus menerus setiap hari maka kondisinya niscaya akan mengalami kerusakan. Begitupun juga dengan hardisk komputer niscaya suatu ketika akan rusak dan bahkan sama sekali akan tidak sanggup dipakai lagi. Namun semua itu tidak serta merta terjadi begitu saja tanpa adanya lantaran terlebih dahulu. Walaupun ada juga sebagian kecil masalah kerusakan terjadi begitu saja lantaran kegagalan produk atau yang lainnya, namun hal ini jarang. Umumnya kerusakan pada hardisk sanggup terjadi lantaran kesalahan pengguna atau duduk masalah gangguan listrik.


Baca Juga : Solusi Praktis Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB


Biasanya gejala kondisi hardisk bermasalah yaitu kinerja komputer semakin lambat. Walaupun penyebab kecepatan komputer menurun tidak sanggup memvonis bahwa hardisk bermasalah namun ada juga akar permasalahnnya dari hardisk. Kasus lain kondisi hardisk sudah rusak yaitu tidak sanggup dipartisi, tidak sanggup diformat, komputer mendadak mati, tidak sanggup copy paste data, dan sebagainya.


Baca Juga : Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows


Kesimpulannya jikalau kondisi hardisk komputer atau laptop sudah bermasalah maka kinerja komputer akan menjadi tidak normal menyerupai pada ketika hardisk baik-baik saja. Dan kita sebaiknya jangan membiarkan kondisi hardisk menyerupai ini jikalau kita tidak ingin kehilangan data-data penting yang tersimpan didalam hardisk. Tidak menutup kemungkinan jikalau sudah muncul gejala bermasalah hardisk kemudian kita membiarkannya maka hardisk akan mati total.


Berikut Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Atau Laptop Melalui Command Prompt (CMD)


Sebetulnya jikalau kita ingin menyelidiki kondisi hardisk secara menyeluruh dan akurat maka kita meski memakai software khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Banyak software gratis untuk cek kondisi hardisk sekaligus memperbaikinya. Diantaranya software yang paling sering dipakai orang-orang untuk keperluan hardisk menyerupai cek kondisi hardisk, memperbaiki hardisk, partisi hardisk, format hardisk, yaitu memakai Hiren’s BootCD.


Baca Juga : Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD


Namun tahukah Anda bahwa untuk sekedar cek kondisi hardisk komputer kita sanggup memanfaatkan fitur bawaan OS Windows yaitu dengan Command Prompt. Ya melalui Command Prompt atau CMD kita sanggup menyelidiki kondisi hardisk apakah bermasalah atau tidak.


Caranya cukup mudah, silakan Anda buka layar kerja Command Prompt (CMD) Windows dari Run dengan mengetikkan CMD > Enter. Kemudian Anda ketik isyarat perintah wmic diskdrive get status dan tekan Enter. Kalau kondisi hardisk komputer Anda tidak bermasalah maka laporannya akan muncul status OK. Status OK ini akan tampil tergantung jumlah harddrive komputer Anda. Namun jikalau yang tampil bukan status OK maka itu mengambarkan hardisk Anda sudah bermasalah dan disarankan untuk segera melaksanakan backup data.


 Hardisk yaitu komponen perangkat keras  √ Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya


Sebetulnya dengan Command Prompt (CMD) ini kita sanggup juga melaksanakan perbaikan yang terdapat pada hardisk. Walaupun dibanding dengan software Hiren’s BootCD masih lengkap fiturnya memakai software tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba memperbaiki hardisk dengan CMD.


Umumnya hardisk bermasalah lantaran adanya bad sector. Kasus bad sector ini dibagi menjadi dua yaitu bad sector fisik dan bad sector software. Nah yang akan kita perbaiki pada masalah bad sector ini yaitu bad sector atau kerusakan secara software. Karena bad sector fisik kita harus mempunyai keahlian khusus dalam memperbaikinya.


Untuk memperbaiki hardisk bad sector software memakai CMD caranya sangat mudah. Anda buka dulu layar kerja Command Prompt menyerupai yang sudah saya intruksikan diatas kemudian Anda ketik isyarat perintah chkdsk /r /f e: dan tekan Enter. Kode chkdsk yaitu isyarat perintah untuk pengecekan kondisi hardisk. Lalu isyarat /r yaitu untuk memindahkan kondisi bad sector hardisk. Kemudian isyarat /f berfungsi untuk memperbaiki setiap bad sector yang ditemukan. Terakhir isyarat e yaitu untuk memperlihatkan partisi hardisk komputer atau penentuan partisi mana yang akan diperbaiki.


 Hardisk yaitu komponen perangkat keras  √ Cara Cek Kondisi Hardisk Komputer Melalui CMD Sekaligus Cara Memperbaikinya


Jika tidak berhasil dengan memakai trik diatas atau kondisi hardisk masih saja tetap bermasalah, disarankan Anda memakai software Hiren’s BootCD saja. Silakan d0wnl0ad di website resminya kemudian burning ke CD/DVD dan jalankan.


Ok mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Cek Kondisi Hardisk Melalui CMD Sekaligus Memperbaikinya. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan kondisi hardisk komputer atau laptop Anda menjadi normal. Jangan pernah malas untuk menyelidiki kondisi hardisk dan juga rajinlah untuk selalu melaksanakan backup data penting.






style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-9180508504693507"
data-ad-slot="6072543515">





Sumber http://info-menarik.nett