Tuesday, October 2, 2018

√ Solusi Gampang Hardisk Eksternal Error Minta Format Dikala Dicolokkan Ke Usb

Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format – Apakah Anda pernah mengalami kasus ibarat judul artikel ini, yaitu hardisk eksternal minta di format ketika hardisk tersebut dicolokkan ke USB komputer atau laptop? Masalah ibarat ini bukan hanya terjadi pada hardisk eksternal saja. Setiap media eksternal ibarat flashdisk, memory SSD, dan sebagainya akan mengalami kasus serupa bila sebelumnya pernah melaksanakan kesalahan. Dan disini saya akan menawarkan solusi terbaiknya dan memang bukan harus di format media eksternal tersebut. Kita sanggup melaksanakan trik khusus dan silakan baca artikel ini hingga selesai.


Baca Juga : Info Menarik Harga Hardisk Baru Paling Baik


Begitu hardisk eksternal dicolokkan ke USB dan minta di format tentunya kita tidak mau mengambil resiko besar ini. Masalahnya sudah terlalu banyak data penting tersimpan didalam hardisk eksternal tersebut. Masih mending bila kita memiliki backup datanya, namun bagaimana bila sebaliknya?


Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format √ Solusi Praktis Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB


Mungkin awalnya kita berpikir bahwa tidak ada jalan lain lagi selain kita memformat hardisk eksternal tersebut semoga hardisk kedepannya sanggup dijalankan. Kita sudah mencoba hardisk eksternal dicolokkan ke semua USB komputer bahkan komputer punya teman. Hasilnya masih tetap sama kalau hardisk tidak sanggup dibuka dan hanya muncul pesan “Do you want to format it?” Artinya bila kita klik pilih Format disk maka semua data penting yang tersimpan didalam hardisk eksternal akan hilang.


Baca Juga : Cara Melakukan Partisi Hardisk Windows Hiren’s BootCD


Lalu bahwasanya apa sih penyebab hardisk eksternal error sehingga minta format ketika dicolokkan ke USB?


Hal ini kesalahannya sanggup terletak pada perangkat (hardware) dan kesalahan pengguna sendiri. Namun umumnya problem ini terjadi alasannya ialah kesalahan pengguna itu sendiri. Kita sering mencabut hardisk eksternal seenaknya tanpa menutupnya terlebih dahulu. Apalagi bila hardisk eksternal sedang bekerja ibarat sedang menjalankan agenda atau sedang sedang mengkopi file didalamnya.


Sebaiknya semoga kasus hardisk eksternal error ketika dicolokkan tidak terulang lagi maka Anda harus menutup hardisk ketika ingin dicabut. Pastikan tidak ada agenda atau file yang sedang berjalan didalamnya. Cara menutupnya sangatlah gampang, Anda tinggal klik kanan pada USB dan klik pilih Eject.


Kecuali bila kasus ini terjadi alasannya ialah alasan fatwa listrik, ibarat sering mati lampu. Namun hal inipun sanggup diatasi dengan memakai Uninterruptible Power Supply (UPS). Agar ketika fatwa listrik mati mendadak, Anda masih sanggup untuk melaksanakan Eject hardisk eksternal bahkan ada waktu untuk Shut down komputer.


Lalu Bagaimana Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan?


Jika sudah terlanjur error hardisk eksternal Anda, silakan Anda coba trik yang akan saya jelaskan disini. Barangkali hardisk eksternal Anda masih sanggup diselamatkan. Dan memang hal ini hardisk eksternal Anda tidak rusak dan masih sanggup digunakan. Namun Anda sama sekali tidak sanggup membuka file yang tersimpan didalam hardisk.


Tidak banyak yang harus kita lakukan, bahkan hal ini sama sekali Anda tidak perlu memakai software. Kita cukup dengan memanfaatkan perintah CMD Commant Prompt saja. Tentunya hal ini sanggup kita praktikkan di seluruh Operasi Sistem Windows ibarat Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.


Ok kita mulai saja caranya …


1. Silakan Anda colokkan hardisk eksternal ke USB komputer atau laptop ibarat biasa. Anda close atau keluarkan kotak pesan perintah format atau abaikan saja. Ketahui lokasi drive hardisk eksternal Anda, sanggup di drive D, E, F, G, dan seterusnya. Hal ini tergantung jumlah partisi hardisk komputer Anda dan biasanya drive media eksternal akan terdapat diakhir;


2. Anda buka kotak obrolan Run Windows. Caranya sanggup melalui perintah Start > Run atau cara cepatnya gunakan tombol Windows + R pada keyboard. Lalu Anda ketikkan perintah chkdsk /f H:. H ialah lokasi drive hardisk eksternal, jadi silakan sesuaikan saja ibarat yang dijelaskan pada point 1;


Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format √ Solusi Praktis Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB


3. Langkah selanjutnya Anda tekan Enter pada keyboard dan tunggu beberapa saat. Lama proses ini tergantung besar kapasitas hardisk eksternal Anda. Jika besar, maka prosesnya akan lama.


Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format √ Solusi Praktis Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB


Perlu Anda ketahui perihal arahan perintah yang telah kita ketikkan pada kotak obrolan Run tadi. Perintah chkdsk ialah berfungsi untuk mengecek seluruh data dalam hardisk eksternal serta memverifikasinya. Kemudian perintah /f ialah berfungsi untuk melaksanakan pengecekan dan juga memperbaikinya setiap kesalahan yang ditemukan pada hardisk eksternal. Sedangkan perintah H: ialah ibarat yang sudah dijelaskan diatas lokasi drive hardisk eksternal di komputer yang digunakan.


Ok mungkin hanya itu saja Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format ini. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan seluruh data didalam hardisk eksternal Anda sanggup diselamatkan. Sampai bertemu di artikel keren lainnya.



Sumber http://info-menarik.nett