Wednesday, November 28, 2018

√ Apa Fungsi Sklera

Sklera mempunyai asal-usul dari kata Yunani Skleros yang berarti keras. Sklera yaitu lapisan luar yang keras dari bola mata. Sklera bertanggung jawab untuk menjaga bentuk bola dan mengatakan ketahanan terhadap kekuatan internal dan eksternal. Hal ini juga mengatakan dasar kawasan menempel untuk otot mata aksesori yang bertanggung jawab untuk gerakan mata. Ketebalan sklera bervariasi dari 1mm pada posterior hingga 0,3 mm di belakang insersi otot rektus.


Sklera berwarna putih. Sklera mempunyai tampilan buram alasannya yaitu terdiri dari jaringan kolagen berserat putih. Hal ini digarisbawahi oleh lapisan koroid. Sklera kontinu dengan kornea di depan dan selubung optik di belakang mata. Selubung optik mengelilingi saraf optik menyerupai muncul keluar dari retina. Peradangan sklera disebut sebagai Skleritis yang merupakan fenomena yang sangat langka.


Pada insan warna sklera kontras dengan ukuran yang lebih kecil dan warna gelap iris alasannya yaitu yang itu terang terlihat. Pada mamalia lain sklera akan disamarkan dengan warna dan ukuran yang lebih besar dari iris dan alasannya yaitu itu tidak terlihat.


Sklera juga dibagi menjadi empat bab – episklera, stroma, lamina fusca dan endotelium. Secara ringkas konjungtiva yaitu membran tipis yang menutupi bab depan mata dan sklera yaitu mantel putih tebal yang membentuk lapisan luar bola mata.



Sumber https://infoana.comm