Friday, November 16, 2018

√ Apa Peranan Kolagen Bagi Tubuh

Kolagen yakni protein paling melimpah di badan dan membantu memberi struktur pada rambut, kulit, kuku, tulang, ligamen, dan tendon di badan kita. Berkat kolagen, kita sanggup bergerak, membungkuk, dan meregangkan badan dengan lebih baik. Kolagen juga di belakang membantu rambut bersinar, kulit bersinar dan kuku tetap kuat.


Seiring bertambahnya usia, dan semakin banyak tekanan yang kita berikan pada badan kita, semakin besar dampaknya pada produksi kolagen. Mendapatkan kolagen dalam diet seimbang sanggup membantu badan kita meregenerasi apa yang hilang atau rusak.


Kolagen yakni protein yang terbuat dari asam amino: glisin, prolin, hidroksiprolin, dan arginin, yang semuanya membantu jaringan ikat, kulit, rambut, dan kuku badan kita tetap sehat.


Protein kolagen berbeda dari protein whey dan kasein alasannya yakni kadar asam amino yang tinggi ini. Pertumbuhan otot, kesehatan sendi, dan penampilan bercahaya secara keseluruhan sebagian sanggup dikaitkan dengan adonan asam amino dalam kolagen yang tidak sanggup ditemukan di kawasan lain.


Kolagen dan Kulit Kita


Kolagen yakni materi dasar penting untuk kulit. Itu menciptakan sampai 30% dari protein dalam badan kita dan 70% dari protein di dalam kulit kita. Kolagen membantu kulit kita tetap kencang dan kenyal.


Dermis, yang menyediakan fondasi bagi kulit, terlibat akrab dalam elastisitas dan kelenturan kulit, dan sumber utama kolagen di kulit. Mendapatkan kolagen dalam jumlah yang cukup membantu memastikan kulit kita terlihat bercahaya.


Kolagen di Tubuh Kita


Ligamen dan tendon yakni jenis lain dari jaringan ikat yang melekat dua tulang dan otot, menyatukannya. Jaringan-jaringan ini – tulang, ligamen, tendon, dan otot rangka terdiri dari protein. Sebagian besar, protein ini yakni kolagen.


Produksi Kolagen Seiring Umur


Ketika kita bertambah tua, produksi kolagen mulai melambat. Akibatnya, kulit sanggup menjadi ringkih dan kurang elastis. Selain itu, rambut mulai kehilangan warnanya, persendiannya tidak sefleksibel dan tulang mungkin kehilangan kepadatannya. Menambahkan kolagen sanggup membantu Anda meningkatkan kadar kolagen badan Anda.


Peran Kolagen


Kolagen disekresikan oleh banyak sekali sel, tetapi terutama oleh sel-sel jaringan ikat. Ini ditemukan dalam matriks ekstraseluler. Ini yakni jaringan makromolekul rumit yang memilih sifat fisik jaringan tubuh. Makromolekul yakni molekul yang mengandung sejumlah besar atom. Dengan bertambahnya usia, kolagen melemah, mengakibatkan duduk perkara keriput dan tulang rawan.


Peran Kolagen bagi badan adalah:



  1. Di dalam dermis, atau lapisan tengah kulit, kolagen membantu membentuk jaringan sel berserat yang disebut fibroblas, kawasan sel-sel gres sanggup tumbuh. Ini juga berperan dalam mengganti dan memulihkan sel kulit mati.

  2. Beberapa kolagen bertindak sebagai epilog pelindung untuk organ-organ halus dalam tubuh, ibarat ginjal.

  3. Seiring bertambahnya usia, badan memproduksi kolagen lebih sedikit. Integritas struktural kulit menurun. Kerutan terbentuk, dan tulang rawan sendi melemah.

  4. Wanita mengalami pengurangan dramatis dalam sintesis kolagen sehabis menopause.

  5. Pada usia 60 tahun, penurunan yang cukup besar dalam produksi kolagen yakni normal.



Sumber https://infoana.comm