Thursday, November 22, 2018

√ Bagian-Bagian Kromosom Homolog

Setiap pasangan kromosom terdiri dari dua kromosom yang menyerupai dalam ukuran dan bentuk. Mereka mengandung gen yang sama pada lokus yang sama, meskipun mereka mungkin mempunyai alel yang berbeda. Pasangan kromosom ini dikenal sebagai kromosom homolog, atau homolog. Setelah pembuahan, zigot terbentuk (Gambar di bawah).


Sebuah zigot yakni sel pertama dari individu baru. Pada manusia, zigot mengandung 23 pasang (atau dua set) kromosom. Setiap sel yang berisi dua set kromosom dikatakan diploid. Zigot terbentuk dari fusi dua gamet haploid. Sebuah sel haploid berisi satu set kromosom. Pada manusia, gamet haploid mengandung 23 kromosom. Ahli biologi memakai simbol n untuk mewakili satu set kromosom, dan 2n untuk mewakili dua set.


Setiap pasangan kromosom terdiri dari dua kromosom yang menyerupai dalam ukuran dan bentuk √ Bagian-bagian Kromosom homolog
Kromosom homolog membentuk pasangan, satu dari setiap orangtua. Kromosom homolog serupa dalam ukuran dan bentuk, dan mengandung gen yang sama, meskipun mereka mungkin mempunyai alel yang berbeda. Alel yakni bentuk-bentuk alternatif dari gen yang sama. Diagram ini merupakan dua pasang kromosom homolog.

Kromosom homolog yakni kromosom yang mengandung gen yang sama dalam urutan yang sama di sepanjang lengan kromosomnya. Ada dua sifat utama kromosom homolog: panjang lengan kromosom dan penempatan sentromer.


Setiap pasangan kromosom terdiri dari dua kromosom yang menyerupai dalam ukuran dan bentuk √ Bagian-bagian Kromosom homolog
Bagian-bagian Kromosom homolog: Lengan panjang; lengan pendek; sentromer; telomer; kromatid sister.

Panjang lengan sebenarnya, sesuai dengan lokasi gen, sangat penting untuk penyelarasan yang tepat. Penempatan sentromer sanggup ditandai dengan empat pengaturan utama, yang terdiri dari metasentrik, submetasentrik, akrosentrik, atau telosentris. Kedua sifat ini merupakan faktor utama untuk membuat homologi struktural antar kromosom. Karena itu, ketika dua kromosom dari struktur yang sempurna ada, mereka sanggup berpasangan bersama untuk membentuk kromosom homolog.


Karena kromosom homolog tidak identik dan tidak berasal dari organisme yang sama, mereka berbeda dari kromatid sister. Kromatid sister terjadi sehabis replikasi DNA terjadi, dan oleh alasannya itu identik, duplikat satu sama lain.


Kromatid dan sentromer


DNA memadat dan gulungan ke dalam bentuk-X, berbentuk kromosom yang biasa dikenal, yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini, hanya sehabis itu telah direplikasi. Karena DNA telah direplikasi, setiap kromosom bekerjsama terdiri dari dua salinan identik. Dua salinan disebut kromatid sister. Mereka menempel satu sama lain di wilayah yang disebut sentromer.


Kosa kata



  • alel: Sebuah bentuk alternatif atau versi berbeda dari gen.

  • autosom: Setiap kromosom selain kromosom sec; kromosom 1-22 pada manusia; terkait dengan penentuan sec.

  • sentromer: Daerah daerah menempel dua kromatid sister; sekitar bersahabat tengah kromosom.

  • kromatid: Satu dari dua salinan identik dari kromosom; bergabung bersama di sebuah sentromer sebelum pembelahan sel.

  • kromatin: bentuk bahan DNA bergairah tanpa digulung; bentuk DNA selama interfase dari siklus sel.

  • kromosom: Struktur melingkar protein DNA dan histon; memungkinkan untuk pemisahan yang sempurna dari DNA ketika direplikasi; bentuk selama profase mitosis dan meiosis.

  • diploid: Keadaan sel yang berisi dua set kromosom; dalam sel somatik manusia, dua set yakni 46 (23 pasang) kromosom, 2n.

  • gen: Segmen DNA yang berisi gosip untuk mengkodekan molekul RNA atau polipeptida tunggal.

  • ekspresi gen: Proses di mana gosip dalam gen yang “diterjemahkan” untuk menghasilkan produk gen fungsional, menyerupai molekul RNA atau molekul polipeptida / protein.

  • haploid: Keadaan sel yang berisi satu set kromosom; pada gamet manusia, satu set yakni 23 kromosom, n.

  • kromosom homolog: Sepasang kromosom (satu dari setiap orangtua) yang terdiri dari dua kromosom yang serupa dalam ukuran, bentuk, dan gen; juga dikenal sebagai homolog.

  • homolog: Sepasang kromosom (satu dari setiap orangtua) yang terdiri dari dua kromosom yang serupa dalam ukuran, bentuk, dan gen; juga dikenal sebagai kromosom homolog.

  • lokus: Lokasi spesifik urutan gen atau DNA pada kromosom.

  • kromosom sec: kromosom terlibat dengan memilih jenis kelamin suatu organisme, biasanya salah satu dari dua jenis.

  • transkripsi: Proses pembuatan mRNA dari gosip dalam (gen) urutan DNA.

  • translasi: Proses sintesis polipeptida / protein dari gosip dalam urutan mRNA; terjadi pada ribosom.

  • zigot: Sebuah telur yang dibuahi; sel pertama dari organisme baru.



Sumber https://infoana.comm