Saturday, November 17, 2018

√ Cara Download Soal Cbt Khusus Area Pekerjaan Tahun 2015 Di Hrd-Korea

Cara Download Soal CBT Khusus – Setiap tahun biasanya pemerintah HRD-Korea kerjasama dengan beberapa negara penyelenggara EPS-Topik melaksanakan ujian Computer Based Test (CBT) sebanyak 4 kali. Jika dirata-ratakan setiap 3 bulan sekali akan dilaksanakan ujian CBT. Begitupun tidak ketinggalan dengan Indonesia, dibawah kelola BNP2TKI Indonesia juga menyelenggarakan ujian CBT.



Baca Juga : Contoh Soal CBT (Computer Based Test) Asli EPS-Topik Korea



Ujian Computer Based Test (CBT) dibagi menjadi dua bagian, CBT Khusus dan CBT Umum. Ujian CBT Khusus diperuntukkan bagi TKI yang sudah pernah bekerja di Korea Selatan dan kembali ke Indonesia secara sukarela kemudian berniat ingin kembali bekerja di Korea Selatan. Artinya ujian CBT Khusus hanya untuk TKI Eks saja.


Korea kerjasama dengan beberapa negara penyelenggara EPS √ Cara Download Soal CBT Khusus Area Pekerjaan Tahun 2015 Di HRD-Korea


Adapun CBT Umum ialah bagi TKI pemula yang menentukan kerja pada bidang kelautan (Fishing). Kalau tidak salah untuk tahun 2015 ini di Indonesia tidak menyelenggarakan ujian CBT Umum.


Bagi mantan TKI Korea yang sebelumnya selama di Korea tidak pernah melaksanakan tindakan ilegal sehingga menjadikan TKI di Blacklist, maka sehabis kembali ke tanah airnya kalau bermaksud ingin kembali bekerja di Korea Selatan harus melalui pintu ujian CBT Khusus.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, diakhir tahun 2015 ini atau ujian CBT Khusus tahap 4 soal ujian mengalami perubahan.


Soal ujian CBT Khusus berjumlah 50 soal dan menyerupai biasa dibagi kedalam 2 sesi, yaitu sesi Membaca (읽기) dan sesi Listening (듣기). Kemudian dari 50 soal tersebut untuk sesi Membaca atau Reading ialah 25 soal. Dari 25 soal dibagi menjadi dua lagi, yaitu 15 soal materi Textbook 2013 & 2015 dan 10 soal ialah soal Area Pekerjaan.


Korea kerjasama dengan beberapa negara penyelenggara EPS √ Cara Download Soal CBT Khusus Area Pekerjaan Tahun 2015 Di HRD-Korea


Karena ujian CBT Khusus diperuntukkan bagi mantan TKI Korea (TKI Eks) artinya TKI yang sudah pernah bekerja di Korea, maka soal ujian CBT ditambah 10 soal perihal soal Area Pekerjaan. HRD-Korea ingin menguji TKI apakah pengetahuan seputar area pekerjaan selama di Korea mampuhkah TKI kuasai atau tidak.


Mengingat adanya soal Area Pekerjaan, maka TKI Eks disarankan biar menentukan bidang kerja sesuai dengan bidang kerja yang pernah TKI tempati selama di Korea dikala registrasi ujian CBT Khusus. Artinya kalau dulu sewaktu di Korea TKI kerja di Pabrik bidang Elektronik, maka dikala daftar ujian CBT juga menentukan bidang Manufaktur Elektronik. Karena 10 soal Area Pekerjaan tersebut akan diadaptasi dengan pilihan bidang kerja TKI Eks.


Sebagai latihan untuk menjawab soal-soal Area Pekerjaan, HRD-Korea telah menerbitkan soal untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Soal-soal Area Pekerjaan tersebut berjumlah delapan bidang pekerjaan, yaitu bidang :



  1. Chemical

  2. Electronics, Electricity

  3. Food Related

  4. Machinery, Molding

  5. Metal

  6. Pulp, Paper, Wood

  7. Rubber, Plastic

  8. Textile, Sewing


Dari masing-masing bidang soal Area Pekerjaan tersebut berjumlah 200 soal. HRD-Korea menyediakan link d0wnl0ad soal CBT Khusus Area Pekerjaan kedalam dua format, yaitu format PDF dan Format HWP.



Baca Juga : Cara Membuka File Hanword HWP Di Microsoft Word



Berikut Cara Download Soal CBT Khusus Area Pekerjaan Di HRD-Korea


Mungkin Anda resah bagaimana caranya untuk mendapat soal-soal ujian CBT Khusus Area Pekerjaan di web HRD-Korea? Tenang, disini aku akan memberitahukan caranya.


Silakan Anda kunjungi link web resmi www.hrdkorea.or.kr dan nanti dihadapan Anda akan terbuka halaman menyerupai berikut :


Korea kerjasama dengan beberapa negara penyelenggara EPS √ Cara Download Soal CBT Khusus Area Pekerjaan Tahun 2015 Di HRD-Korea


Anda tinggal d0wnl0ad 3 link d0wnl0ad yang diberi kotak merah menyerupai gambar diatas! Dua file d0wnl0ad masing-masing ukuran 1,79 MB dan satu file lagi kapasitasnya 3,21 MB (khusus file HWP).


Silakan selamat mempelajari soal-soal Area Pekerjaan tersebut dan semoga dikala pelaksanaan ujian CBT Khusus nanti diberikan fasilitas dan kelancaran. Mungkin hanya itu saja goresan pena perihal bagaimana Cara Download Soal CBT Khusus Area Pekerjaan di web resmi HRD-Korea. Semoga bermanfaat.



Sumber http://info-menarik.nett