Sunday, November 25, 2018

√ Cara Membaca Aksara Korea (Hangeul) Dengan Benar

Cara Membaca Huruf Korea – Tahukan Anda bahwa mencar ilmu membaca karakter Korea lebih gampang dibanding mencar ilmu menulis karakter Korea. Alasannya alasannya yaitu karakter Korea banyak yang mempunyai suara hampir sama. Sehingga menyulitkan kita saat ingin menulis karakter Korea dari apa yang kita dengar. Apalagi jikalau kita belum mengenal dan paham suara pelafalan bachim. Saya yakin mencar ilmu membaca karakter Korea jikalau kita serius dan rajin dalam menjalaninya, maka paling usang dalam waktu satu minggupun kita sudah bisa membaca goresan pena Korea dengan benar.



Baca Juga : Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak



Kenapa aku menyimpulkan bahwa mencar ilmu menulis karakter Korea lebih sulit dibanding cara mencar ilmu membaca karakter Korea?


Ok aku akan berikan tumpuan kecilnya !


Jika kita mendengar kosakata “cheoneun” (saya) maka jikalau kita tidak tahu cara penulisannya yang benar, mungkin kosakata tersebut akan kita tulis : 저는, 처는, 쩌는, 조는, 초는, dan 쪼는.


Apakah goresan pena tersebut salah? Ya terang salah besar! Hanya satu goresan pena saja yang benar.


Mungkin jikalau kita melihat goresan pena latin “cheoneun”, kita akan hanya menganggap menyerupai ini saja저는 dan 처는. Karena terang dalam kosakata “cheoneun” jikalau dipisah “cheo-n-eu-n” dan disitu ditulis “eo” bukan “o” artinya “” bukan “”. Namun untuk karakter “ch” menyerupai yang sudah kita tahu di dalam karakter Korea ada dua macam, “” dan “”. Dengan begitu walaupun kita melihat goresan pena latinnya, belum tentu 100% akan benar menulis karakter Koreanya. Apalagi jikalau kita menulis karakter Korea yang bersumber dari yang kita dengar.


Pusing ya?


Maka dari itu aku mengambil kesimpulan bahwa cara mencar ilmu menulis karakter Korea yang benar lebih sulit daripada mencar ilmu membaca karakter Korea. Satu-satunya solusi biar kita berilmu menulis karakter Korea yaitu dengan seringnya berlatih menulis karakter Korea dari buku aliran atau dari kamus.


Ok disini aku tidak akan membahas lebih jauh bagaimana cara menulis karakter Korea, namun yang akan aku bahas pada kesempatan cemerlang ini yaitu mencar ilmu cara membaca karakter Korea dengan baik dan benar.


Namun sebelum dilanjutkan, alangkah baiknya jikalau Anda memahami dulu huruf-huruf Korea (Hangeul) yang sudah aku tulis di artikel Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul.


 Tahukan Anda bahwa mencar ilmu membaca karakter Korea lebih gampang dibanding mencar ilmu menulis huru √ Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Benar


Diminum dulu kopinya gan! Baiklah mari kita mulai saja pembahasannya.


Berikut Belajar Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Baik dan Benar


Ketika kita membaca karakter Korea atau istilahnya karakter Hangeul (한글) berbeda dengan cara membaca huruf latin dan huruf romawi. Huruf korea mempunyai bunyi awal, bunyi tengah, dan bunyi akhir. Artinya suara karakter Korea selalu berubah-rubah, tergantung letak posisi dari karakter tersebut.


Contohnya karakter “” kita bisa membacanya “K” dan juga boleh dibaca “G”. Huruf Korea yang dibacanya tidak tetap (tergantung posisi) yaitu hanyalah karakter konsonan. Sedangkan untuk karakter vokal bunyinya tetap walaupun tempatnya berubah-rubah. Dan juga tidak semua karakter konsonan berubah bunyi, misalnya karakter “” dan “”. Walaupun posisinya selalu berubah-rubah, kedua karakter ini dibaca “M” dan “N” saja.


Bagaimana hingga disini sudah agak mengerti? Jika belum mengerti, silakan diulang lagi penjelasannya! Namun jikalau sebaliknya, mari kita lanjutkan pembahasannya.


Wajib kita ketahui dan pahami juga bahwa dalam membaca karakter Korea terdapat cara pengucapan suara huruf. Cara ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu :


1. Bunyi Kuat dan Tajam


Bunyi berpengaruh dan tajam artinya jikalau kita bertemu dengan karakter Korea “” (CC), “” (KK), “” (TT), “” (PP), dan “” (SS) harus diucapkan dengan suara berpengaruh serta tajam dari suara karakter konsonan tunggalnya.


2. Bunyi Aspirasi


Bunyi aspirasi artinya artinya jikalau kita bertemu dengan huruf-huruf tertentu Korea pengucapannya harus disertai dengan sebuah hembusan udara. Yang termasuk karakter suara aspirasi yaitu “” (CH), “” (KH), “” (TH), dan “” (PH).


3. Bunyi Samar


Bunyi samar yaitu pengucapan karakter secara samar atau tidak jelas. Karena huruf-huruf Korea yang termasuk karakter samar ini mempunyai suara dua huruf. Yang termasuk karakter Korea yang harus dibaca samar yaitu “” (K/G), “” (T/D), “” (P/B), “” (R/L), dan “” (C/J).


4. Bachim


Aturan pelafalan suara bachim yaitu suara karakter yang harus berubah suara pengucapannya saat karakter tersebut bertemu dengan karakter yang sudah ditentukan. Silakan klarifikasi lengkapnya bisa Anda pelajari pada artikel Belajar Bahasa Korea Aturan Pelafalan Bachim.


Sebelum dilanjut, diminum lagi kopinya gan! Bagaimana sudah bisa membedakan mana yang yang harus dibaca dengan suara berpengaruh dan tajam, suara aspirasi, suara samar, dan bachim?


Sekarang mari kita mencar ilmu cara membaca karakter Korea yang sudah disusun kedalam sebuah kosakata dan kalimat. Contohnya aku mempunyai kosakata bahasa Korea menyerupai ini :


장갑” maka dibaca “changgap” artinya “sarung tangan”. Kosakata ini jikalau diuraikan karakter hangeulnya yaitu : . Masing-masing karakter jikalau dibaca satu-persatu yaitu :


= karakter konsonan dasar, dibaca CH jikalau diawal, J jikalau ditengah, dan T jikalau diakhir;


= karakter vokal dasar, dibaca A;


= karakter konsonan dasar, hanya ditemukan diakhir dan dibaca NG;


= karakter konsonan dasar, dibaca K jikalau diawal, G jikalau ditengah, dan K jikalau diakhir;


= karakter vokal dasar, dibaca A;


= karakter konsonan dasar, dibaca P jikalau diawal, B jikalau ditengah, dan P jikalau diakhir;


Kosakata “장갑” terdiri dari dua suku kata, yaitu “” dan “”. Suku kata pertama dibaca “CHANG” bukan “JANG” dan bukan “TANG”. Lihat karakter pertamanya yaitu ”” dan dibaca dengan suara huruf awal dari suku kata pertama, yaitu “CH”. Kemudian karakter keduanya yaitu ”” ini yaitu huruf vokal dibaca “A”. Peraturan karakter vokal, jikalau digabungkan dengan satu suku kata yang terdapat huruf konsonan maka karakter bantu ”” dihilangkan, yang ada hanya karakter “”. Huruf ketiga dari suku kata “” yaitu karakter konsonan “” yang dibaca “NG”.


Kemudian untuk suku kata kedua yaitu “”. Suku kata kedua ini dibaca “GAP” bukan “KAP”, bukan “GAB”, dan bukan “KAB”. Walaupun posisi karakter “” ada diawal, tapi ini termasuk karakter tengah dari adonan dengan suku kata pertama. Dengan begitu suara karakter “” yaitu suara karakter tengah yaitu berbunyi “G”. Huruf kedua masih sama menyerupai yang sudah dijelaskan pada suku kata pertama, yaitu karakter “” dan berbunyi “A”. Huruf ketiga yaitu karakter “” dan ini yaitu karakter konsonan serta posisinya ada diakhir. Dengan begitu bunyinya yaitu “P” bukan “B”.


Bagaimana hingga langkah ini apakah Anda sudah bisa membaca karakter Korea dalam bentuk kosakata belum? Selanjutnya aku akan tambah lagi kosakatanya, dan silakan Anda baca dengan benar! Berikut kosakatanya :


① 경비소 ② 경찰소 ③ 화장실 ④ 목욕탕 ⑤ 대사관


Ayo silakan Anda baca lima kosakata diatas dengan benar! Jika Anda Anda bisa membacanya dengan lancar, selamat Anda sudah bisa membaca karakter Korea dengan benar. Namun jikalau kesulitan, berarti Anda harus mengulang lagi pembahasan ini dari awal.


Ok mari kita samakan bagaimana cara membaca karakter Korea diatas. Mudah-mudahan sama dengan saya.


= KYEONG-BI-SO artinya (pos satpam);


= KYEONG-CHAL-SO artinya (kantor polisi);


= HWA-JANG-SIL artinya (toilet);


= MOK-YOK-TANG artinya (kamar mandi);


= TAE-SA-GWAN artinya (kedutaan).


Untuk lebih memperlancar lagi, silakan Anda mencar ilmu membaca karakter Korea yang bersumber dari buku panduan Bahasa Korea, koran Korea, dan sebagainya. Semakin sering Anda latihan membaca karakter Korea, maka akan semakin terbiasa. Kalau mau dibawah ini aku berikan sebuah kalimat yang ditulis dalam goresan pena Korea (hangeul). Silakan Anda baca dan semoga sukses!


① 저는어제 친구하고 같이 부산을 여행했습니다.

② 부산까지 기차를 타고 갔습니다.

③ 그리고 부산역에서 택시를 타고 광안리 해수욕장에 갔습니다.

④ 광안리는 해운대와 함께 부산에서 가장 아름다운 해수욕장입니다.

⑤ 광안리 맞은편에는 광안대교가 보였습니다.

⑥ 그 다리는 한국에서 인천대교 다음으로 긴 다리로 유명합니다.

⑦ 정심시간이 되어 자갈치시장 가서 맛있는 해산물 요리를 먹었습니다.

⑧ 마지막으로 국제시장에 갔습니다.

⑨ 국제시장은 여러 나라의 물건을 싸게 살 수 있는 곳이었습니다.

Mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Benar. Teruslah berlatih membaca karakter Korea dan jangan menyerah! Semoga goresan pena ini ada keuntungannya dan salam berbagi  또마납시다 …



Sumber http://info-menarik.nett