Saturday, November 24, 2018

√ Cara Menciptakan Kotak Berlangganan Artikel Di Bawah Postingan Wordpress

Cara Membuat Kotak Berlangganan Artikel – Untuk memanjakan pengunjung blog salah satunya ialah dengan membuat form berlangganan artikel. Dengan kata lain untuk memudahkan pembaca setia blog jikalau ingin mengikuti setiap postingan terbaru yang kita terbitkan. Pengunjung tidak perlu bolak-balik ke blog kita kalau hanya sekedar untuk menilik artikel terbaru. Mereka cukup mengecek alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya.



Baca Juga : Cara Menonaktifkan Emoji Di WordPress Dengan Mudah



Untuk menciptakan kotak khusus form berlangganan artikel bagi pengguna WordPress self hosted tidak perlu memakai plugin. Cukup bermain dengan instruksi HTML saja dan semoga tampilannya lebih menarik, lalu dipoles sedikit dengan menambahkan instruksi CSS. Lebih jelasnya lagi, Anda sanggup lihat pola tampilan berikut ini :


 Untuk memanjakan pengunjung blog salah satunya ialah dengan  √ Cara Membuat Kotak Berlangganan Artikel Di Bawah Postingan WordPress


Kenapa saya pasang kotak berlangganan artikel tersebut di bawah artikel? Karena berdasarkan saya daerah tersebut ialah yang paling strategis. Begitu pengunjung blog selesai membaca artikel yang kita terbitkan, maka mereka akan melihat terang form berlangganan artikel di bawahnya. Dengan begitu pembaca blog tidak akan kesulitan untuk menemukan kotak berlangganan artikel.


Kotak berlangganan artikel yang akan saya bahas ialah kotak berlangganan yang akan di redirect ke FeedBurner. Maka dari itu sebaiknya Anda melaksanakan registrasi terlebih dahulu di FeedBurner untuk menerima akunnya. Jika galau bagaimana caranya, saya sudah pernah membahasnya di artikel Cara Pasang FeedBurner Di WordPress Dengan Form Menarik.


Ok jikalau Anda sudah memiliki akun FeedBurner mari kita lanjutkan lagi pembahasannya. Sebetulnya kita juga sanggup eksklusif memasangkan instruksi yang kita dapatkan di FeedBurner. Namun saya rasa kotak berlangganan artikel default FeedBurner tampilannya kurang menarik.


Inilah Cara Membuat Kotak Berlangganan Artikel di Bawah Postingan Blog


Selain sanggup kita pasang di bawah postingan blog, kotak berlangganan artikel FeedBurner sanggup kita pasang juga di sidebar/widget. Disini saya tidak akan membahas bagaimana cara memasang form berlangganan di sidebar, namun yang akan saya bahas disini ialah yang dipasang di bawah postingan/artikel.


Silakan Anda aktifkan dashboard WordPress Anda dengan cara login menyerupai biasanya. Kemudian Anda sisipkan instruksi berikut di dalam file single.php template yang Anda gunakan.


<div id="subscribe-box">
<h4>Berlangganan Artikel Via Email</h4>
<p>Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.</p>
<div class="emailfield">
<form action="http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify" method="post" onsubmit="window.open('http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=infomenarikuptodate', 'popupwindow', 'scrollbars=yes,width=550,height=520');return true" target="popupwindow">
<input type="email" name="email" placeholder="Ketik Alamat Email Anda !" required="required">
<input type="hidden" value="infomenarikuptodate" name="uri">
<input type="hidden" name="loc" value="en_US">
<input class="submitbutton" type="submit" value="Lanjutkan">
</form>
</div>
</div>

Adapun penempatannya tergantung selera Anda. Jika saya memasangnya sempurna di bawah Author Box. Jika Anda juga ingin menempatkan kotak berlangganan artikel di bawah author box, silakan sisipkan instruksi diatas dibawah/diakhir instruksi Author Box atau script <!-- End Author Box --> yang ada di dalam file single.php.


Anda juga harus mengganti infomenarikuptodate yang terdapat didalam instruksi diatas dengan akun FeedBurner Anda. Dan silakan Anda sesuaikan lagi kalimat-kalimatnya dengan yang Anda inginkan!


Agar tampilan kotak berlangganan artikel Anda lebih menarik dan lezat dilihatnya, maka sebaiknya Anda memodifikasinya lagi dengan menyisipkan instruksi CSS. Sebagai pola saya memakai instruksi CSS menyerupai ini :


/*-[ Artikel Berlangganan ]---------------------------*/
#subscribe-box {
background-color: #666;
margin: 0 0 30px;
padding: 25px;
overflow: hidden;
}
#subscribe-box h4 {
color: #fff;
font-size: 18px;
margin-bottom: 20px;
text-transform: uppercase;
}
#subscribe-box p {
color: #fff;
margin: 0 0 24px;
padding: 0;
}
#subscribe-box .emailfield {
margin: auto;
}
#subscribe-box .emailfield input {
font-size: 16px;
color: #bcc4ca;
border: none;
margin-bottom: 16px;
}
#subscribe-box .emailfield .submitbutton {
background-color: #b11c42;
cursor: pointer;
color: #fff;
margin: 0;
width: 100%;
font-family: 'FjallaOne-Regular';
font-size: 18px;
text-transform: uppercase;
box-shadow: 0 1px rgba(0,0,0,0.1);
}
#subscribe-box .emailfield .submitbutton:hover {
background-color: #FFF;
color: #000;
}

Tempatkan instruksi CSS diatas di dalam file style.css template yang Anda gunakan. Jika settingannya tidak sesuai dengan selera atau warna template Anda, silakan Anda sesuaikan lagi.


Ok mungkin hanya itu saja pembahasan perihal bagaimana cara menciptakan kotak berlangganan artikel menarik di bawah postingan WordPress. Oh iya, instruksi HTML diatas sanggup juga Anda pasangkan di Blogspot. Semoga bermanfaat.



Sumber http://info-menarik.nett