Saturday, November 17, 2018

√ Cara Menciptakan Sticky Hidangan Di Blog Wordpress Dengan Mudah

Cara Membuat Sticky Menu Di Blog – Saya tidak akan membahas apa yang dimaksud dengan sticky. Karena pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas habis wacana klarifikasi sticky. Disini saya akan pribadi membahas bagaimana cara menciptakan hidangan navigasi blog seperti melayang atau tetap pada posisinya. Menu blog tetap fixed walaupun mouse di scroll kebawah.



Baca Juga : Cara Membuat Sticky Widget (Fixed Sidebar) WordPress Dengan Mudah



Dengan menciptakan sticky pada hidangan blog maka akan memudahkan pembaca saat ingin menuju ke menu-menu lainnya. Umumnya hidangan blog saat mouse di scroll kebawah maka hidangan akan menghilang. Kaprikornus bila pembaca ingin menuju ke hidangan blog lainnya, pembaca harus scroll mouse keatas gres ditemukan hidangan navigasi blog.


Kita sering melihat sticky hidangan di website-website besar atau forum-forum. Misal lembaga kaskus, kompas, detik, dan sebagainya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menciptakan sticky pada hidangan blog maka simaklah artikel ini hingga selesai.


Tutorial ini khusus bagi blog CMS WordPress TLD saja. Karena dalam menciptakan sticky hidangan ini kita akan memanfaatkan plugin. Insya dilain kesempatan saya akan bahas juga bagaimana cara menciptakan sticky hidangan tanpa plugin.


Plugin yang akan saya gunakan untuk menciptakan hidangan blog melayang yaitu plugin My StickyMenu. Plugin ini dapat kita nikmati secara gratis.


Berikut Cara Membuat Sticky Menu Di Blog WordPress Menggunakan Plugin


Silakan Anda kunjungi dulu web My StickyMenu untuk mengd0wnl0adnya. Seperti biasa nanti Anda upload ke blog WordPress Anda. Untuk upload dapat melalui cPanel Hosting atau melalui dashboard.


Aktifkan plugin My StickyMenu kemudian Anda klik plih hidangan Settings > myStickymenu. Hal ini untuk melaksanakan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda.


 Saya tidak akan membahas apa yang dimaksud dengan sticky √ Cara Membuat Sticky Menu Di Blog WordPress Dengan Mudah


Lakukan konfigurasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Plugin My StickyMenu ini tidak banyak yang harus disetting. Anda dapat mencoba pengaturan sesuai dengan yang saya contohkan pada gambar diatas.


Jangan lupa klik Save/Simpan bila sudah tamat melaksanakan pengaturan. Kini hidangan blog WordPress Anda sudah sticky. Buktikan sendiri dengan scroll mouse kebawah hingga habis.



Baca Juga : Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya



Dengan plugin memang sangat membantu dan kita tidak perlu harus mengerti dan paham dengan kode. Namun terlalu banyak memakai plugin itu akan memberatkan server. Sehingga nantinya loading blog Anda akan lambat. Kaprikornus sebaiknya gunakan plugin sehemat mungkin.


Mungkin hanya itu saja goresan pena singkat wacana Cara Membuat Sticky Menu Di Blog WordPress memakai plugin My StickyMenu. Semoga goresan pena ini ada keuntungannya dan salam sukses.



Sumber http://info-menarik.nett