Saturday, November 17, 2018

√ Pengertian Kromosom Kelamin

Kromosom kelamin yakni suatu jenis kromosom dalam genom yang terlibat dalam penentuan jenis kelamin serta perkembangan karakteristik kelamin suatu organisme.  Pada manusia, masing-masing set kromosom mengandung 22 autosom dan 1 kromosom kelamin. Autosom yakni kromosom yang tidak terlibat eksklusif dalam memilih jenis kelamin individu. Kromosom sec mengandung gen yang memilih jenis kelamin individu.


Sedangkan autosom ditemukan sebagai pasangan homolog pada sel somatik, kromosom kelamin tiba dalam dua ukuran yang berbeda, bentuk, dan mengandung gen yang berbeda. Dalam banyak organisme, termasuk manusia, kromosom sec yang dikenal sebagai kromosom X dan Y.


Kromosom kelamin yakni suatu jenis kromosom dalam genom yang terlibat dalam penentuan jen √ Pengertian Kromosom kelamin
Setelah fertilisasi zigot diploid terbentuk. Pada manusia, zigot mempunyai 46 kromosom, 23 diwariskan dari setiap orangtua. Gamet, sperma dan telur, yakni sel haploid, dengan 23 masing-masing kromosom.

Kromosom Y mengandung gen yang menjadikan perkembangan laki-laki. Oleh sebab itu, setiap individu dengan kromosom Y yakni laki-laki, dan laki-laki akan mempunyai dua kromosom X dan Y (XY). Wanita, tanpa kromosom Y, akan mempunyai dua kromosom X (XX). Dengan wanita mempunyai dua kromosom X, mereka harus meneruskan kromosom X untuk semua bawah umur mereka.


Dengan laki-laki mempunyai kedua kromosom X (diwariskan dari ibu mereka) dan kromosom Y, mereka sanggup menawarkan kedua kromosom untuk bawah umur mereka. Jika seorang anak mewarisi Y dari ayahnya, ia akan laki-laki; jikalau seorang anak mewarisi X dari ayahnya, ia akan perempuan. Oleh sebab itu yakni gamet laki-laki yang memilih jenis kelamin keturunannya.



Sumber https://infoana.comm