Saturday, November 17, 2018

√ Cara Menciptakan Sticky Widget (Fixed Sidebar) Wordpress Dengan Mudah

Cara Membuat Sticky Widget – Dihari yang cerah ini saya akan membahas bagaimana cara menciptakan sticky widget blog? Sebenarnya apa sih sticky itu? Mungkin secara tidak sadar Anda sendiri sering melihat fitur sticky yang diterapkan di sebuah blog atau website. Tapi Anda tidak tahu bahwa fitur tersebut namanya ialah sticky. Maka dari itu sebelum membahas cara membuatnya, alangkah baiknya saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sticky.



Baca Juga : Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya



Sticky (bahasa Inggris) dan kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia ialah lengket. Lalu apa hubungannya dengan sticky widget? Dengan sudah mengetahui bahwa arti kata sticky ialah lengket, mungkin Anda sudah dapat menerka kalau sticky widget ialah widget yang tetap lengket berada pada sidebar.


Maksud widget tetap lengket pada sidebar ialah saat mouse di scroll kebawah maka widget tetap lengket pada tempatnya. Artinya widget tidak akan menghilang dampak scroll mouse.


Kita sering melihat fitur sticky widget ini diterapkan di forum-forum bahkan jejaring sosial menyerupai Facebook juga pada widgetnya memakai sticky.


Selain widget biasanya yang dibentuk sticky ialah menu, iklan, dan kotak pencarian. Maksud dibentuk sticky pada elemen-elemen tertentu tersebut ialah untuk menonjolkan potongan tertentu semoga gampang terlihat oleh pembaca. Dengan begitu kemungkinan fitur sticky akan memperoleh nilai jumlah klik yang banyak.


Kemudian fungsi diaktifkannya sticky ialah untuk memudahkan pembaca blog. Misal yang dibentuk sticky ialah kotak pencarian, maka saat pembaca ingin mencari artikel lain tidak perlu menggeser-geserkan scroll mouse.


Jika sudah terang apa yang dimaksud dengan sticky, oke mari kita bahas kini bagaimana cara menciptakan sticky khususnya menciptakan sticky widget. Yang akan saya bahas sticky widget atau fixed sidebar untuk blog CMS WordPress.


Namun bukan berarti Blogspot tidak dapat memakai trik ini. Karena pada tutorial sticky widget ini saya bagi menjadi dua bagian. Pertama cara menciptakan sticky widget memakai plugin dan kedua tanpa plugin. Nah untuk Blogspot dapat menerapkan cara yang kedua, yaitu menciptakan sticky widget memakai aba-aba HTML dan Javascript (tanpa plugin).


Sedangkan untuk blog WordPress.com sebab tidak diperbolehkan melaksanakan perubahan kode, solusinya Anda dapat memakai template yang sudah dilengkapi fitur sticky widget, sticky menu, dan sebagainya.


Cara Membuat Sticky Widget Menggunakan Plugin (Khusus WordPress TLD)


Banyak plugin gratis untuk menciptakan sticky widget di WordPress, diantaranya ialah plugin Q2W3 Fixed Widget.


Silakan Anda d0wnl0ad plugin Q2W3 Fixed Widget kemudian install dan aktifkan. Saya tidak perlu membahas lagi bagaimana cara mengaktifkan plugin. Saya anggap Anda semua sudah dapat melakukannya.


Setelah sukses menginstall dan mengaktifkan plugin Q2W3 Fixed Widget, kini Anda klik pilih hidangan Appearance kemudian Fixed Widget Options. Halaman ini fungsinya untuk mengatur bagian-bagian tertentu plugin Q2W3 Fixed Widget.


Anda setting lagi sesuai dengan yang Anda inginkan atau kalau tidak mau ribet, Anda tinggal menyamakan pengaturannya menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini :


 Dihari yang cerah ini saya akan membahas bagaimana cara menciptakan sticky widget blog √ Cara Membuat Sticky Widget (Fixed Sidebar) WordPress Dengan Mudah


Simpan semua pengaturan Anda di halaman Fixed Widget Options dan kini Anda pergi hidangan Appearance kemudian Widgets. Anda buat widget gres yang akan ditampilkan di sidebar dengan cara menyerupai biasa yaitu klik & drop. Atau dapat juga memakai widget yang sudah aktif di sidebar WordPress Anda.


Setelah Anda mengaktifkan plugin Q2W3 Fixed Widget, nanti di setiap widget akan muncul sebuah pengaturan gres yaitu Fixed Widget. Nah kalau Anda ingin menciptakan fixed pada widget tertentu, caranya Anda tinggal mencentang Fixed Widget tersebut.


 Dihari yang cerah ini saya akan membahas bagaimana cara menciptakan sticky widget blog √ Cara Membuat Sticky Widget (Fixed Sidebar) WordPress Dengan Mudah


Bagaimana gampang bukan? Dan memang kalau kita memakai plugin, kita tidak akan dipusingkan dengan pengaturan-pengaturan kode. Namun efeknya kalau kita terlalu banyak memakai plugin, maka akan menyebabkan beban server bertambah berat. Jika kuota bandwith hosting kita pas-pasan, maka kinerja/kecepatan blog akan menurun.


Cara Membuat Sticky Widget Tanpa Menggunakan Plugin


Cara ini bukan hanya blog CMS WordPress saja yang dapat mempraktekkan sticky widget, Blogspot juga dapat melakukannya. Karena cara menciptakan sticky widget ini memakai aba-aba HTML dan Javascript.


Untuk menghemat penggunaan plugin, WordPress TLD sangat disarankan memakai cara ini.


Pertama : Anda tempatkan kode HTML dibawah ini kedalam Widget Text WordPress atau HTML/Javascript Blogspot. Dan jangan lupa Anda sisipkan dulu aba-aba widget yang akan dibentuk lengket!


<div id=”sticky-widget“>
Tempatkan aba-aba widget yang akan dibentuk sticky (lengket sidebar)
</div>

Kedua : Tempatkan juga kode Javascript dibawah ini kedalam file footer.php tepatnya diatas </body> atau dapat juga Anda tempatkan didalam file header.php di atas </head>. Sedangkan untuk pengguna Blogspot dapat pribadi tempatkan aba-aba Javascript diatas </body> atau </head> pada hidangan Template > Edit HTML.


<script src=”https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.2/jquery.min.js”></script>
<script type=”text/j4vascript” src=”https://googledrive.com/host/0B5oDbHPeegKrcm9HZnRIaHZDQjA”></script>
<script type=”text/j4vascript”>
if (screen.width >= 768) {
(function($) {
$.lockfixed(“#sticky-widget“,{offset: {top: 20, bottom: 500}});
})(jQuery);
}
</script>

Ok simpulan sudah pembahasan Cara Membuat Sticky Widget Di WordPress baik yang memakai plugin dan tanpa plugin. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari-cari cara menciptakan sidebar fixed atau tetap tidak berubah daerah saat mouse di scroll.



Sumber http://info-menarik.nett