Saturday, December 1, 2018

√ Cara Menciptakan Pengaruh Long Shadow Di Photoshop Dengan Plugin Dan Action

Cara Membuat Long Shadow Dengan Plugin Dan Action – Keterkenalan Photoshop dalam hal desain grafis memang sudah tidak diragukan lagi. Untuk pengolahan gambar mirip manipulasi foto bahkan menciptakan imbas keren pada sebuah tulisan, semua sanggup dilakukan di Photoshop. Banyak desainer yang mengakibatkan Photoshop sebagai aktivitas andalannya. Bahkan untuk memudahkan pengguna semoga proses pengerjaan projek lebih cepat lagi, Photoshop sanggup dipasangkan pihak ketiga mirip plugin dan actions. Tentunya selain mempercepat pengerjaan, kehadiran plugin dan actions sanggup membantu pengguna yang gres mengenal Photoshop (pemula). Hasil kerja pemula kalau dibantu dengan plugin dan actions maka kesannya sanggup mirip seorang desainer profesional.



Baca Juga : Cara Membuat Huruf Warna-Warni Efek Pelangi (Rainbow) Di Photoshop



Contoh kecilnya ketika kita ingin membuat imbas flat long shadow pada gambar atau tulisan, maka semoga hemat waktu dalam pengerjaannya sanggup menggunakan plugin atau actions. Walaupun bahu-membahu kalau sekedar menciptakan flat long shadow di Photoshop tanpa plugin dan actionspun gampang dikerjakan. Tapi tidak ada salahnya juga kalau menggunakan plugin atau actions.


Lalu Plugin Apa Untuk Membuat Efek Long Shadow Di Photoshop?


Plugin gratis yang sanggup kita manfa’atkan untuk menciptakan imbas long shadow ialah Plugin Long Shadow Generator. Dengan Plugin Long Shadow Generator kita sanggup menghemat waktu pengerjaan ketika kita menciptakan flat long shadow. Namun sayangnya ketika ini plugin ini hanya tersedia bagi Photoshop CS6 dan Photoshop CC saja.


Cara Membuat Long Shadow Dengan Plugin Dan Action √ Cara Membuat Efek Long Shadow Di Photoshop Dengan Plugin Dan Action


Jika Adobe Photoshop yang Anda gunakan Photoshop CS6 atau Photoshop CC sanggup mencoba plugin ini. Anda sanggup d0wnl0ad secara gratis Plugin Long Shadow Generator disini.


Cara menggunakan plugin ini sangatlah mudah. Setelah Anda sukses d0wnl0ad file plugin, kemudian Anda klik ganda (double klik) file dan akan memulai proses installasi secara otomatis melalui Adobe Extension Manager. Anda ikuti saja semua petunjuk yang tampil hingga proses installasi selesai.


Selanjutnya kalau proses install selesai, Anda buka aktivitas Photoshop. Kemudian Anda klik hidangan Windows > Extensions > Long Shadow Generator dan terakhir Anda klik icon LS.


Plugin Long Shadow Generator mempunyai fitur tidak mengecewakan lengkap untuk keperluan menciptakan imbas long shadow. Kita sanggup leluasa mengatur panjang bayangan (long shadow). Panjang bayangan diukur dalam satuan pixel, mirip : 10, 20, 40, 80, 160 dan 320 pixel.


Kemudian Plugin Long Shadow Generator mempunyai pengaturan Long Shadow Opacity. Pengaturan ini berfungsi untuk memilih transfaransi bayangan yang secara default mempunyai opacity 20%.


Anda juga akan disajikan dengan pilihan 4 pilihan arah bayangan, yaitu : kanan bawah, kiri bawah, kanan atas dan kiri atas.


Actions Photoshop Untuk Membuat Flat Long Shadow


Jika Anda bukan pengguna Photoshop CS6 dan Photoshop CC tidak usah bersedih hati. Solusinya Anda sanggup menggunakan Actions Long Shadow. Seperti yang sudah kita ketahui, kalau actions itu ialah sebuah rekaman tindakan Photoshop yang kemudian sanggup kita jalankan lagi. Rekaman tindakan long shadow (Actions) ini sanggup Anda dapatkan juga secara gratis.



Setelah Anda d0wnl0ad Actions Long Shadow, silakan Anda Ekstrak filenya menggunakan aplikasi WinZIP atau WinRAR. Nanti copy file format .atn Long Shadow dan paste di drive C: > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop > Presets > Actions.


Lebih jelasnya lagi cara copy paste file .atn (Actions) sanggup Anda lihat pada artikel ini. Kemudian cara menggunakan Actions Photoshop sanggup Anda lihat juga di artikel saya sebelumnya disini.


Ketika Anda selesai copy paste file Actions Long Shadow di direktori Adobe Photoshop, maka Anda tinggal menjalankannya saja (play) kalau ingin menciptakan imbas long shadow pada goresan pena (teks) atau gambar.


File actions ini juga mempunyai pengaturan untuk memilih arah bayangan, yaitu : arah bayangan dari kanan dan kiri. Dan juga mempunyai pengaturan untuk memilih opacity bayangan.


Contoh kesannya sebuah goresan pena yang sudah diberi imbas long shadow menggunakan Actions Long Shadow ialah mirip gambar di bawah ini :


Cara Membuat Long Shadow Dengan Plugin Dan Action √ Cara Membuat Efek Long Shadow Di Photoshop Dengan Plugin Dan Action


Lumayan waktu Anda sanggup diperhemat kalau mengerjakan flat long shadow menggunakan Plugin atau Actions. Dan mungkin pembahasan cara menciptakan imbas long shadow dibantu dengan Plugin dan Actions di Photoshop dicukupkan sekian saja. Semoga goresan pena ini ada manfa’atnya.



Sumber http://info-menarik.nett