Monday, December 31, 2018

√ Pengertian Haloalkana

Haloalkana ialah sekelompok senyawa organik yang terdiri dari alkana yang dikombinasikan dengan halogen. Mungkin ada satu atau lebih halogen dalam senyawa yang sama. Juga, nama umum lain untuk senyawa haloakana ialah alkil halida. Molekul-molekul ini tidak mengandung cincin aromatik.


Dalam penjabaran senyawa-senyawa ini, kita sanggup mengklasifikasikannya berdasarkan struktur dan jenis halogen. Menurut strukturnya, ada haloalkana primer, sekunder, dan tersier. Dalam haloalkana primer, atom karbon yang terhubung ke atom halogen hanya menempel pada satu gugus alkil lain sedangkan untuk haloalkana sekunder, atom karbon terhubung dengan dua gugus alkil lain dan pada haloalkana tersier, ada tiga gugus alkil. Ketika mengklasifikasikan senyawa-senyawa ini berdasarkan atom halogen, kita sanggup menamakannya sebagai organofluorin, organoklorin, organobromin dan organoiodin.Haloalkana ialah sekelompok senyawa organik yang terdiri dari alkana yang dikombinasikan  √ Pengertian Haloalkana


Secara umum, haloalkana ibarat sifat-sifat alkana induk; tidak berwarna, tidak berbau, hidrofobik, dll. Namun, titik leleh dan titik didihnya lebih tinggi daripada alkana induk. Itu alasannya ialah kekuatan antar molekul yang berpengaruh antar molekul; ikatan karbon-halogen ialah polar, dan dengan demikian, molekul mempunyai interaksi polar-polar.


Ketika mempertimbangkan produksi haloalkana, kita sanggup memproduksinya dari alkana melalui halogenasi radikal bebas, dari alkena dan alkin, dari alkohol, dari asam karboksilat, dll. Selain itu, haloalkana cenderung mengalami reaksi substitusi dan eliminasi.



Sumber https://infoana.comm