Saturday, September 2, 2017

√ Kurikulum Subject Center, Student Center Dan Persoalan Solving Center

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KURIKULUM SUBJECT CENTER, STUDENT CENTER DAN PROBLEM SOLVING CENTER. Pada pembahasan yang telah lalu, aku telah membahas mengenai konsep kurikulum Subject Center, Kurikulum Student Center, dan Kurikulum Problem Solving Center. Kurikulum merupakan perencanaan pembelajaran yang mencakup tujuan, Pengalaman Pembelajaran (metode-metoda tertentu), materi didik (subject Matter) dan Penilaian yang dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan. Kaprikornus setiap insan mempunyai pandangan yang berbeda dalam rancangan kurikulum, alasannya bentuk rancangan kurikulum ini sangat tergantung  pada tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran, disamping itu keadaan dan lingkungan sekitar juga merupakan faktor yang utama yang harus dipertimbangkan dari bentuk dan jenis Kurikulum yang dirancang.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KURIKULUM SUBJECT CENTER √ Kurikulum Subject Center, Student Center Dan Problem Solving Center
Kelemahan dan Kelebihan Kurikulum Subject, Student dan Problem Solving Center
(Baca Konsep dan Pembagian Kurikulum Student Center Design)

Pada pembahasan kali ini aku akn membahas mengenai kelebihan dn kekurangan dari ketiga jenis kurikulum yang aku sebutkan di atas (kurikulum Subject Center, Kurikulum Student Center, dan Kurikulum Problem Solving Center). Kita tahu bahwa, semua jenis Kurikulum yang disebutkan diatas tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelemahan dan kelebihan ini bisa saja saja disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, misalnya: infomasi, lingkungan, era, perkembangan ilmu pengetahuan dan sebagainya. Kelemahan yang aku maksudkan disini ialah bukan kekurangan atuapun kelemahan  dari kurikulum tersebut, akan tetapi kelemahan dikala kita mencoba mengadaptasikan kurikulum tersebut di lingkungan kita, ya boleh jadi ibarat alasan yang say kemukan tadi. Untuk itu, alangkah baiknya kalau seandainya semua jenis Kurikulum di atas kita gabungkan menjadi satu, dalam artian kata kita akan memakai hal-hal yang faktual atau yang mendukung dengan tingkatan penerima didik ataupun lingkungan dan akomodasi yang dimiliki saja untuk kita aplikasikan dalam proses mencar ilmu mengajar di lingkungan sekolah. Sehingga kita bisa hanya memakai bagian-bagian atau jenis kurikulum tersebut yang sesuai dengan lingkungan dan keadaan penerima didik kita. 

Untuk lebih jelasnya aku juga akan menawarkan sedikit uraian singkat ihwal kelebihan dan kelemahan dari ketiga kurikulum tersebut diatas dengan tujuan kita bisa memisahkan kelebihan dan kelemahan dari Kurikulum diatas untuk sanggup kita aplikasikan di dalam proses mencar ilmu mengajar di kawasan ataupun di lingkungan sekolah kita. 
A. Kelebihan/Kelemahan Kurikulum Student Center

Kelebihan 
Adapun kelebihan dari Kurikulum Student center ini ialah siswa lebih fokus dalam mendalami materi pembelajaran, alasannya materi yang diajarkan sesuai dengan minat dan impian siswa, Kurikulum ini sangat coccok kita gunakan untuk sekolah dasar, dimana siswa diberikan rangsangan dengan menyajikan Kurikulum sesuai dengan minatnya. 

Kekurangannya
kelemahan dari jenis Kurikulum student Center ini adalah, segala proses mencar ilmu mengajar sangat bergantung mutlak pada siswa sehingga materi pembalajaran akan eelalu berubah berdasarkan impian siswa, disamping itu proses mencar ilmu mengajar tidak akan berlangsung sebelum penerima didik memilih jenis meteri yang disukainya. Jenis rancangan Kurikulum ini juga tidak cocok dipakai untuk siswa tingkat tinggi. Dari segi pendidik/guru mungkin sangat sulit mencari guru ibarat yang diperlukan dalam rancangan Kurikulum ini.

B. Kelebihan/Kelemahan Kurikulum as subject center

Kelebihan 
Jenis rancangan Kurikulum sangat menitik beratkan pada ilmu pengetahuan, dimana siswa diajarkan ilmu pengetahuan dengan lebih mendalam ibarat tahapan proses hingga dengan tahapan mengambil kesimpulan dalam suatu kajian dsiplin ilmu. Disamping itu rancangan Kurikulum ini jaga mengelompokkan beberapa displin ilmu kedalam beberapa kelompok, sehingga terjadi pengkususan pada beberapa bidang pelajaran tertentu, jenis pengelompokkan ini juga menawarkan kemudahan kepada anak didik untuk bisa lebih gampang dalam mengakaji suatu displin ilmu, lantaran adanya pertalian yang dekat atara antara satu disiplin ilmu dengan disiplin ilmu lainnya. Sistem Kurikulum ini sangat cocok diterapkan pada anak didik tingkat sekolah atas.  

Kelemahannya
Adaupun kelemahan dari rancangan kurrikulum Subject Center ini ialah materi yang diajarkan tidak ditentukan berdasarkan keingginan anak didik, sehingga jenis rancangan Kurikulum ini tidak menawarkan kebebasan kepada anak dalam memilih object materi pelajaran yang diinginkannya, Kurikulum ini juga tidak cocok diterapkan untuk anak sekolah dasar.
  
C. Kelebihan/Kelahaman Kurikulum as Problem Solving.

Kelebihannya
Rancangan Kurikulum Problem Solving ini sangat menekankan pada kehidupan sosial, duduk kasus sosial, dan masyarakat. Kaprikornus kelebihan dari rancangan kurikulum ini ialah siswa dibekali ilmu pengetahuan yang bisa diterapkan dalam masyarakat sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada, dan bisa memecahkan duduk kasus yang ada dilikungannya. Jenis Kurikulum ini sangat cocok dipakai untuk anak sekolah atas yang bergelut dibidang sosial. 

Kelemahanya
Adapun kelemahan dari kurikulum Problem Solving ini adalah, materi yang disampaikan hanya berfokus pada duduk kasus social saja, sehingga siswa kurang dibekali denga ilmu-ilmu lain. Disamping itu hambatan yang dialami ialah dalam hal pengadaan tanaga pengajar yang benar-benar bisa menerapkan system dari rancangan Kurikulum ini.  


Sumber http://www.pondok-belajar.com/