Wednesday, November 15, 2017

√ Cara Registrasi Bidik Misi On-Line (Daring)

Tata cara registrasi Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring pada laman bidikmisi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id  yaitu sebagai berikut:

Tata cara registrasi Bidikmisi melalui SNMPTN √ Cara Pendaftaran Bidik Misi On-line (Daring)
Halaman Utama Bidik Misi.belmawa.ristekdikti.go.id

1. Langkah-Langkah Pendaftaran Bidikmisi 2017

a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran II bab persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapat nomor Kode Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa memverifikasi registrasi dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja
c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi memakai kombinasi NPSN dan Kode jalan masuk yang telah diverifikasi.
d. Sekolah memperlihatkan nomor registrasi dan arahan jalan masuk kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
e. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menuntaskan semua tahapan yang diminta di dalam sistem pendaftaran.

2. Langkah-Langkah Seleksi Bidikmisi 2017

Siswa yang sudah menuntaskan registrasi Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau berdikari yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing referensi seleksi melalui alamat berikut.
a. SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
c. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
d. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri sesuai ketentuan masing-masing PTN.
e. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Swasta sesuai ketentuan masing masing PTS

Download Petunjuk Teknis Pendaftar Bidik Misi Siswa (di sini)

3. Langkah Selanjutnya Setelah dinyatakan Lolos Bidikmisi

Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada ketika registrasi ulang, yaitu:
a. Kartu peserta dan formulir registrasi kegiatan Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian tamat nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
f. Surat keterangan wacana prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
h. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang sanggup dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang bau tanah bekerja/tokoh masyarakat;
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan wacana susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia pemikiran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.

Prioritas Peserta Seleksi Penerimaan Bidikmisi 2017

PTN melaksanakan seleksi terhadap peserta rekomendasi Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional dengan prioritas sebagai berikut:
•        pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi
•        pendaftar yang paling tidak bisa secara ekonomi
•        urutan kualitas Sekolah
•        asal kawasan pendaftar

Pelamar Bidikmisi peserta BSM dan/atau mempunyai KIP dan sejenisnya sanggup dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, biasanya Perguruan Tinggi Negeri akan melaksanakan kunjungan ke alamat pendaftar.

Demikian Info Seputar Pendaftaran Bidik Misi 2017 yang admin kutib dari gurupembelajar.net
apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan melalui link yang tersedia  jangan lupa like fans page kami dan kami ucapkan terimakasih atas kunjungan anda.


Sumber http://jendeladuniamaju.blogspot.com