Friday, February 23, 2018

√ 8 Oleh Oleh Khas Magetan, Banyak Di Cari Wisatawan Luar Kota

Oleh oleh khas magetan, untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan, atau yang sedang menikmati liburan wisata di magetan. Tentu anda membutuhkan yang namanya, oleh-oleh atau sanggup di sebut dengan oleh-oleh, untuk keluarga anda di rumah.


Banyak sekali masakan asli magetan, yang sanggup anda bawa pulang, dan juga oleh oleh orisinil magetan yang sanggup anda berikan kepada sanak keluarga, atau tetangga di rumah.


Iya Magetan, kabupaten yang tidak hanya terkenal dengan wisata di magetan saja, akan tetapi juga terkenal dalam segi masakan asli magetan dan kerajinan kulit Magetan. Tentu semua itu tidak akan lepas dari kota Magetan.


Berikut ini beberapa oleh oleh orisinil magetan yang cocok bagi anda, yang sedang berkunjung menikmati liburan ke magetan.


 



Oleh oleh Khas Magetan “Jenang Candi”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

tokopedia.com


Jenang Candi, nama kuliner tradisional ini berasal dari nama desa di magetan, yaitu desa Candi Magetan. Jenang candi sangat berbeda dari jenang-jenang yang lainya, sehingga mempunyai daya tarik tersendiri, bagi yang belum pernah merasakanya.


Beberapa di antara perbedaannya, sanggup di lihat dari warna, lebih berwarna ke hitam-hitaman. Bentuknya juga sangat kenyal. biasanya jenang candi ini hanya di produksi di desa Candi saja.


Karena dalam proses pembuatan jenang candi, tidak sembarang orang sanggup membuatnya. sebab proses yang sangat usang dalam pembuatanya. dan sangat butuh kesabaran dalam mengolahnya.


Tidak sembarang dalam takar menakar bahan, ada hukum dalam menambah ukuran-ukuran materi yang di butuhkan. Dalam proses pembuatan jenang candi ini. biar mempunyai cita rasa yang enak dikala dimakan.


Cita Rasa Jenang Candi


Jenang Candi mempunyai cita rasa yang sangat kenyal, dan rasa bagus yang sangat pas dilidah. Dan juga rasa gurih di atas jenang candi, juga di taburi  dengan biji-biji wijen.


sehingga menciptakan rasa jenang candi mempunyai ciri khas tersendiri, berbeda dari jenang yang lain, sedangkan warna jenang candi ini biasanya berwarna coklat ke hitam-hitaman. dan rasa di jamin puas dikala dimakan di lidah, sebab ke lezatan jenang candi sanggup anda jadikan sebagai oleh oleh khas magetan.


 


Cara Membuat Jenang Candi


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota





style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-5072032675768050"
data-ad-slot="7868733699">




ramadan.tempo.co


Bahan yang di gunakan dalam pembuatan jenang candi adalah santan, gula, tepung ketan, dan biji wijen. Adapun cara baimana proses pembuatanya sebagai berikut.


yang pertama santan dan gula di campur kemudian di rebus terlebih dahulu, hingga mendidih. Selanjutnya setelah mendidih masukkan tepung ketan ke dalam rebusan santan dan gula yang sudah mendidih tadi.


kemudian kita aduk hingga menjadi campuran yang kental, Setelah kita aduk dan menjadi kental. Tinggal kita sanggup mencetak campuran yang sudah mengkental tadi ke bentuk yang kita inginkan.


Kemudian gres yang terakhir yang harus kita lakukan ialah menaburi campuran yang sudah dibuat tadi, dengan biji wijen dan mendinginkannya.


Harga Jenang Candi


Harga jenang Candi di magetan, biasanya dalam penjualan jenang wijen, di jual dalam bentuk per loyang, dan harga jenang Candi per loyang dijuan dengan harga sekisar Rp.35.000. sampai Rp.50.000,-


 


Oleh oleh Asli Magetan “Roti Bolu”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

bagaskara.com


Roti bolu ialah roti yang berbentuk bundar sedikit lonjong, yang hampir mirip bentuknya mirip telur ayam, jajanan ini mempunyai tekstur yang empuk, sebab semacam roti.


Roti bolu merupakan salah satu diantara jajanan khas magetan, dan kau akan banyak menemukan roti bolu di sentra oleh oleh khas magetan, dan juga banyak dijual di warung-warung di Magetan.


Oleh oleh ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh khas magetan, sepulang anda berkunjung ke Magetan. Sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.


Cita Rasa Roti Bolu


Oleh oleh khas magetan, yang satu ini mempunyai rasa yang bagus dan tekstur yang lembut dikala di makan. bentuk dan rasanya sangat gurih.


Banyak beraneka macam, cara membuatnya, biasanya di olah dengan cara di kukus maupun di olah dengan cara di panggang. Kalau roti bolu kuliner khas magetan ini, di buat dengan cara di panggang.


Karena intinya kuliner khas magetan ini, yaitu roti bolu yang di sajikan di panggang sudah menjadi resep tersendiri. sehingga mengakibatkan cita rasa oleh oleh khas magetan, roti bolu menjadi salah satu jajanan laris, di buru para wisatawan luar kota.


 


Cara Membuat Roti Bolu


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

e-preneur.co


Bahan :



  • 5 butir telur ayam

  • 100 gram tepung terigu serbaguna

  • 125 gram gula pasir

  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

  • 1 sendok makan cake emulsifier ( SP/TBM )

  • 50 gr margarine ( dilelehkan )

  • 1/4 sendok teh baking powder


Proses Membuat Roti Bolu, Jajanan Khas Magetan



  1. kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier memakai mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang pucat dan kental

  2. masukkan vanili bubuk, baking powder dan tepung terigu sedikit demi sediki, aduk hingga campuran tercampur rata

  3. tuang margarine yang sudah dilelehkan, aduk lagi hingga rata

  4. tuang campuran kedalam loyang ukuran 25 cm yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung terigu supaya tidak lengket

  5. panggang dalam panggangan selama 30 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan

  6. keluarkan dari panggangan kemudian bolu panggang siap disajikan


Harga Roti Bolu


Harga Roti Bolu magetan, dijual sangat ramah di kantong, tidak terlalu mahal walaupun roti bolu sebagai oleh oleh khas magetan. Hanya di jual dengan harga Rp.5000/bungkus, dan satu bungkus berisi roti bolu kurang lebih 10 biji.


Jadi harga yang sangat terjangkau, sehingga jajanan ini sangat laku dipasaran, sebagai buah tangan, setelah berkunjung ke magetan, setelah menikmati wisata di magetan. ataupun hanya sekedar oleh oleh untuk keluarga.



Makanan Khas Magetan “Wajik Ketan”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

resepcaramemasak.info


Wajik Ketan merupakan nama jajanan tradisonal, atau sanggup di sebut juga dengan jajanan pasar tradisional. Yang bebahan utama yaitu beras ketan. salah satu jajanan asli magetan.


yang biasa terbuat dari materi dasar dari beras ketan putih, yang di padukan dengan gula merah. Wajik ketan banyak di jual biasanya di tempat toko toko tradisonal, yang juga menyediakan kuliner tradisional yang lainya.


Cita Rasa Wajik Ketan


Wajik ketan mempunyai cita rasa manis, rasa bagus tersebut sering pula ditambahkan dengan aroma lain mirip rasa pandan dan vanili. Sedangkan rasa kuliner ini ada yang mempunyai rasa gula merah.


Wajik ketan mempunyai cita rasa seperti beras ketan, yang belum matang tetapi apabila dimakan terasa lunak dan gampang digigit, selain  itu kuliner camilan bagus wajik juga  ada yang mempunyai cita rasa manis.


 


Cara Membuat Wajik Ketan


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

kaskus.com


Cara menciptakan wajik, yang pertama sediakan beras yang sudah anda rendam selama kurang lebih 2 jam. kemudian kukus beras ketan selama 20-30 menit hingga mekar.


Rebus air dan gula merah, di campur juga dengan daun pandan, hingga mendidih dan gula padtikan benar-benar larut. Baru masukan beras yang sudah di kukus tadi, kedalam gula merah dan tambahkan sedikit garam secukupnya.


diamkan hingga meluap luap, sambil di aduk hingga mengental. Aduk terus hingga wajik sanggup kita pastikan tidak lengket lagi, sehingga sanggup kita bentuk memakai tangan.


Selanjutnya tuangkan wajik ke dalam loyang kotak, yang sudah kita oleskan dengan minyak terlebih dahulu, tunggu hingga wajik ketan benar-benar cuek kemudian sanggup di potong-potong.


Harga Wajik


Harga wajik Ketan sangat terjangkau, hanya di jual per buah dengan harga sekisar Rp.2.000 – Rp.5.000. per potong atau perbuah wajik ketan. Sehingga sangat laku wajik ketan ini, di pasar-pasar tradisional.


 


Jajanan Khas Magetan “Jadah”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

cookpad.com


Jadah atau tetel ialah jajanan tradisional, yang pada dikala ini sudah jarang di temui lagi di masyarakat. kecuali hanya pada dikala program kegiatan atau ritual tertentu khususnya di pulau jawa.


jika di pulau jawa biasanya, lebih sering kita temui jadah atau tetel ini, ditemui hanya pada dikala program saja, semisal. Acara lamaran atau pernikahan, serta program 7 bulan pada anak balita


Cita Rasa Jadah


Rasa Jadah, mempunyai cita rasa yang tekstur yang lembut dan kenyal dan juga mempunyai rasa yang gurih . Terbuat dari ketan putih yang padat.


Bila Bosan dengan rasa jadah, kita sanggup menambah proses pembuatanya lagi sanggup dengan jadikan jadah goreng. Dan juga sanggup coba jadikan jadah bakar.


 


Cara Membuat Jadah


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

cookpad.com


Cuci higienis ketan dan rendam selama semalam, dan kemudian ketan kita kukus hingga setengah matang. bila sudah hingga setengah matang kemudian gres sanggup kita angkat ketan tadi.


Selanjutnya, panaskan panci pengukus, kita masukan lagi ketan yang setengah matang tadi ke pengukus lagi,. hingga ketan benar benar matang.


Kemudian campur ketan kukus tadi, ke kelapa muda dan di beri sedikit garam. Bisa kita aduk hingga rata. selanjutnya kita siapkan daun pisang.


Tata daun pisang yang telah di siapkan tadi,  di tata kedalam bejana masukan juga ketan dan kelapa tadi. Lalu tekan-tekan hingga halus.


Untuk lebih halus, sanggup kita tekan dengan alat tradisional yaitu ulekan, yang sudah di bungkus dengan pelastik. bungkus deengan daun pisang dan padatkan lagi. gres sanggup kita potong sesuai selera.


Harga Jadah


Kelezatan jadah ini sanggup kita beli dengan harga yang ramah, hanya dengan harga Rp.1500 per potongnya. Pembeli sudah sanggup mencicipi kelezatan jadah, baik itu jadah kukus, jadah goreng atau jadah bakar.


 


Jajanan Asli Magetan “Madu Mongso”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

makanandaerahindonesia.blogspot.com


Sudah tau madu mongso, jajanan tradisional ini, sangat  banyak di gemari oleh banyak kalangan, dari anak anak hingga orang tua. Hampir dari mereka menyukai madu mongso, sebab itulah oleh oleh khas magetan ini, sangat populer.


Biasanya jajanan madu mongso, hanya tersedia pada program tertentu saja, semisal pada dikala lebaran tiba. Karena memang proses pembuatanya yang tidak mengecewakan memakan waktu lama, dan rumit jadi tidak semua orang, mau menciptakan madu mongso.


Cita Rasa Madu Mongso


Madu mongso mempunyai cita rasa yang manis, dengan tekstur kasar-kasar empuk, berwarna hitam, ke coklat-coklatan. dengan rasa ada sedikit masam.


Rasa yang bagus dan sedikit masam, menciptakan madu mongso sangat di gemari banyak orang. Rasa masam di peroleh sebab madu mongso berbahan dari tape dan ketan, yang di fermantasikan dengan ragi.


 


Cara Membuat Madu Mongso


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

tokopedia.com


Proses Membuat Madu mongso ada dua tahapan,


Pertama ialah menciptakan tape katan hitam. Beras ketan hitam di basuh hingga higienis dan kemudian di tiriskan.


Rebus air di dalam dandang, hingga mendidih, kemudian beras hitam ditanak kurang lebih sekisar satu jam. setelah selesai, gres sanggup kita dinginkan di leser atau tampah.


Kemudian gres kita taburi dengan ragi hingga rata, dan di masukan dalam panci. Yang telah dilapisi dengan daun pisang, kemudian kita tutup rapat, di tunggu selama tiga jam.


Ke Dua setelah tape matang, santan di rebus dengan gula putih dan gula merah, memakai wajan. Kalau sudah mendidih, tape di masukan dan dimasak, kemudian kita aduk aduk hingga hingga campur. gres madu mongso siap untuk di sajikan.


Harga Madu Mongso


harga madu mongso bila kalian ingin membeli, madu mongso dijual biasanya per Kg, atau per pack,   untuk hantaran isinya saj/dengan toplesnya, Per kg biasanya dijual dengan harga Rp. 145.000, isi 58pcs madumongso kertas warna warni, yang sanggup anda beli dan jadikan sebagai oleh oleh khas magetan.


 


Kerupuk Khas Magetan “Lempeng”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota


Jika kalian sedang berkunjung ke wisata magetan, baik itu sarangan atau riam di magetan. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas magetan, salah satunya ialah krupuk lempeng.


Penjual krupuk lempeng, sanggup kita jumpai di aneka macam tempat bila anda sedang wisata di magetan. beberapa diantaranya sanggup anda jumpai di super market, atau sanggup anda temui di aneka macam warung warung di magetan.


Jika anda penasaran, bagaimana proses pembuatan krupuk lempeng, anda sanggup eksklusif berkunjung. Ke tempat pembuatan kripik lempeng di Magetan, di jl.sadewo, Kelurahan Sukowinangun Kecamatan Magetan.  tepatnya tinggal di RT 03 RW 01.


Cita Rasa Kerupuk Lempeng


Kerupuk lempeng, mempunyai cita rasa yang sangat gurih gurih asin dikala dimakan, dengan ciri khas tersendiri, sebab dalam pengolahan. Kerupuk lempeng di kukus terlebih dahulu sebelum. di potong tipis-tipis, dan di jemur, sebab itulah kerupuk lempeng menjadi sangat gurih dikala dimakan.


 


Cara Membuat Krupuk Lempeng


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

Banaran2.blogspot.com


Pembuatan krupuk lempeng, langkah pertama sediakan beras, kemudian beras tersebut di rebus. dan di campur dengan bleng, mirip air laut, tetapi berwarna kuning, yang berfungsi untuk mengenyalkan.


Selesai di rebus kurang lebih dalam waktu 4 jam, selanjutnya sanggup kita tiriskan, ke tempayan atau tempat yang sudah kita sediakan untuk meniriskan. Setelah itu gres kita tiriskan, di atas tempayan tipis tipis ibarat mirip lempengan.


Setelah kita selesai meniris, lempeng yang sudah di tiris menjadi tipis-tipis tadi kita jemur di bawah sianar matahari. setelah kering gres sanggup kita goreng.


Harga Krupuk Lempeng


Masalah harga jangan kawatir, sebab harga sangat terjangkau, sebab dalam penjualan kupuk lempeng, per satu lempeng di jual hanya dengan harga Rp.300,- akan tetapi bila sudah masuk kedalam warung harga krupuk lempeng sanggup naik menjadi Rp.400 atau sanggup menjadi Rp.700.


 


Kerupuk Asli Magetan “Jerangking”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

tokopedia.com


Jerangking merupakan kuliner tradisional, semacam kerupuk yang berbahan dari beras ketan. Makanan ini sepintas hampir sama dengan kerupuk lempeng, tetapi jangkring mempunyai bentuk yang lebih kecil dari pada kerupuk lempeng.


dan mempunyai rasa yang khas, berbeda dengan rasa kerupuk lempeng sebab mempunyai cita rasa tersendiri, jerangking merupakan jajanan khas magetan, jawa timur.


Selain sebagai cemilan sehari hari-hari, jerangking juga sangat diminati oleh para wisatawan. Sebagai oleh oleh khas magetan sepulang dari berkunjung ke wisata magetan.


Cita Rasa Jerangking


Jerangking mempunyai cita rasa yang sangat spesial, dengan ciri khas tersendiri, sebab dalam pengolahan. Tanpa ada materi perasa, jerangking mempunyai rasa yang gurih.


selain itu juga mempunyai aroma sedikit gosong, sebab pengolahan dengan cara di panggang, ini menambah rasa renyah dalam jerangking dikala di makan. Untuk tekstur jengkring biasanya di buat dalam bentuk persegi empat kecil.


Jerangking ini sangat sehat untuk di konsumsi, sebab dalam pengolahan tanpa memakai minyak. Sehingga tidak mengandung minyak dan kolestrol.


 


Cara Membuat Jerangking


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

pojokpitu.com


Dalam pembuatan jerangking, langkah pertama yang harus di persiapkan ialah menciptakan beras ketan, yang sudah dimasak hingga matang. Kemudian ketan yang telah dibuat tadi di tumbuk hingga menjadi campuran yang lengket.


Sesudah itu campuran yang sudah dibuat tubuk tadi, di pres memakai mesin pres atau sanggup juga memakai alat tradisonal. Sampai campuran menjadi tipis, setelah menjadi tipis campuran yang sudah di pres tadi sanggup eksklusif kita panggang.


Jerangking ini biasanya dalam pengolahan tanapa memakai materi perasa apapun. Sehingga dalam rasa jerangking terasa sangat alami dengan aroma pangang yang gurih.


Harga Jerangking


Untuk harga jerangking, relatif sangat murah, dalam satu pack, yang berisi 40 biji jerangking ketan. Di jual dengan harga Rp.15.000 – Rp.20.000


 


Oleh Oleh Magetan “Sambel Pecel”


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

dimadiun.com


Dari hari ke hari, sambal pecel sangat diminati, apalagi masakan khas magetan ialah nasi pecel. Khususnya di kawasan jawa timur, banyak sekali penjual penjual nasi pecel, yang sangat familiar di temukan, di setiap warung-warung, begitu pula dengan magetan, banyak menjual kuliner khas magetan, yang berupa pecel.


Nah, magetan juga salah satu di antara pemroduksi sambel becel, dan setiap sambal pecel diantara aneka macam kota di jawa timur mempunyai cita rasa tersendiri, mirip sambel pecel madiun, sambel pecel nganjuk, sambel pecel blitar. dan kota kota lainya.


banyak sekali, hampir setiap kota mempunyai sambel pecel yang mempunyai rasa kuliner khas magetan yang sangat khas, salah satunya sambel pecel magetan ini. Jika anda sedang wisata magetan, sambel pecel khas magetan, sanggup anda jadikan sebagai oleh oleh khas magetan, dikala pulang wisata di magetan nanti.


Cita Rasa Sambel Pecel


Sambal Pecel magetan, enak dan sangat gurih,  sambal pecel magetan mempunyai tekstur yang sama. Sambal pecel pada umumnya, akan tetapi mempunyai ciri khas tersendiri yaitu, manis-manis, sedikit asin gurih.


Sambal pecel ini, tentu lebih enak lagi bila di temani dengan, sayur, ayam, nasi atau dengan gorengan. Akan sangat cocok buat sahabat makan.


 


Cara Membuat Sambel Pecel


 untuk anda yang sedang berkunjung ke magetan √ 8 Oleh oleh Khas Magetan, Banyak di Cari Wisatawan Luar Kota

alphaadventure.net


Adapun cara menciptakan sambel pecel, materi utama yang perlu kita siapkan adalah:



  • 1 kg kacang tanah.

  • Gula jawa 250 – 400 gram sesuai selera.

  • Cabe merah 150 gram.

  • Cabe rawit 100 gram.

  • 5-10 lembar daun jeruk.

  • Asam secukupnya (10 biji).

  • Garam 1 Sendok.


Proses menciptakan sambal kacang:


Adapun cara menciptakan sambel pecel, materi utama yang perlu kita siapkan ialah kacang tanah yang sudah di goreng. Jangan hingga kita menggoreng kacang gosong, goreng hingga kering dan gurih.


Selanjutnya, kacang yang sudah kita goreng tadi sanggup kita tumbuk, atau kita giling. Hingga halus dan hingga merata. beserta bahan-bahan di atas juga di giling hingga hingga merata.


Harga Sambel Pecel


Untuk harga sambal pecel, dengan harga di bawah ini kita sanggup eksklusif membeli sambal pecel magetan. dan sanggup anda jadikan sebagai oleh-oleh khas magetan.



  1. Sambal Kacang 1/4 kg: Rp. 25.000,-

  2. Sambal Kacang 1/2 kg: Rp. 40.000,-

  3. Sambal Kacang 1 kg: Rp. 70.000,-

  4. Sambal Kacang 2 kg: Rp. 130.000,-




Sumber https://infoana.comm