Friday, March 2, 2018

√ Apa Itu Pre Order? Ketahui Yuk Penjelasannya! (Online Shop)



beli barang secara online mungkin pernah ya mendengar istilah ini √ Apa Itu Pre Order? Ketahui Yuk Penjelasannya! (Online Shop)


Pre Order – kalau Anda suka beli-beli barang secara online mungkin pernah ya mendengar istilah ini? Ya.. Di Marketplace-marketplace online besar, nggak sedikit seller yang menerapkan sistem ini.


Pre-Order biasanya sering disingkat juga sebagai PO. Tapi hati-hati jangan salah, soalnya ada juga istilah lain menyerupai Purchase Order atau Payout hehe (Baca deh lengkapnya di artikel Arti PO).


Terus apa sih arti Pre Order? Kenapa istilah ini sanggup ada dan banyak ditemukan di situs atau marketplace jual beli online? Yuk ketahui penjelasannya disini..





Apa itu Pre Order?









Sebenarnya nggak usah ribet, Pre Order itu artinya bayar diawal sebelum barang ready stock. Misalnya Anda mau beli barang, tapi barang tersebut belum tersedia di seller.. Nah, kemudian Anda pesan dan bayar duluan biar nanti kalau barang ready sanggup eksklusif dikirim. Inilah maksudnya.




Sistem Pre Order ini biasanya digunakan untuk barang-barang import. Atau sering juga barang-barang yang punya popularitas tinggi, banyak yang nyari sehingga stoknya habis terus.




Sesuai dengan bahasa Inggris, kata “Pre-Order” sudah satu paket, yang artinya “Memesan barang terlebih dahulu“.






Kalau Mengikuti Pre-Order Nggak Perlu Khawatir Stok Barang Habis?








Tentunya iya.. Apalagi kalau sudah bayar duluan, otomatis kita akan jadi pelanggan prioritas. Barang yang sudah di-PO akan selalu dipastikan sanggup dikirim. Makara nggak perlu khawatir yang namanya tiba-tiba stok habis.




Saat ini sudah banyak toko online yang mempunyai sistem Pre-Order. Kalau dari pengalaman saya sih biasanya Gadget, Fashion atau barang-barang import menyerupai yang saya bilang tadi.




Untuk estimasi pengirimannya tergantung dari kebijakan toko. Ada yang dikirim duluan ketika barang tersedia, ada juga yang dikirim diwaktu yang sama bersama dengan barang-barang pelanggan lain. 




(Tanyakan saja detailnya eksklusif ke pihak toko).




Ada sedikit catatan.. Pre-Order barang sanggup juga dibatalkan kalau contohnya sellernya nggak kunjung menerima stok barang. Kalau begini pembayaran yang telah dilakukan pembeli akan dikembalikan nantinya (Refund).






Langkah-Langkah Mengikuti Pre Order Barang










Mengikuti Pre Order kalau belanja secara online bekerjsama kurang lebih nggak beda jauh menyerupai waktu beli barang dengan cara biasa.




Kurang lebih langkah-langkahnya menyerupai ini :






1. Cari Barang Yang Diinginkan : Searching dulu di Marketplace online favorit Anda barang yang diinginkan






2. Tanyakan Toko Apakah Bisa PO? : Nggak semua toko mendapatkan Pre Order. Makara lebih baik tanyakan lagi, sanggup atau nggaknya. Sebelumnya, lebih baik tanyakan juga ada barang ready atau nggak.. Kalau ada, lebih baik beli barang secara eksklusif kan?






3. Pesan Barangnya : Kalau tokonya mendapatkan sistem Pre Order, Anda sanggup memesan barangnya. Di online shop sama saja menyerupai biasa, tinggal atur kuantitas barang dan alamatnya.






4. Bayar Barangnya : Langkah selanjutnya bayar menyerupai biasa. Jangan lupa pastikan Marketplace daerah Anda berbelanja aman. Rekomendasi contohnya menyerupai Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.


Kalau di Online Shop kebanyakan bayarnya biasanya eksklusif seharga barangnya. Nggak pakai DP atau sejenisnya (Tapi nggak semua).







5. Tunggu Barangnya Datang : Terakhir tinggal tunggu barangnya datang. Estimasi kapan dikirim sanggup ditanyakan ke seller langsung. Intinya hingga barang ready saja.




Seperti yang saya bilang tadi, tata caranya nggak beda jauh sama belanja online menyerupai biasa. Bedanya ya.. Barang nggak eksklusif dikirim dikala itu juga, melainkan harus dinantikan dulu hingga stoknya ready.




Saya sendiri juga pernah mengikuti Pre Order waktu membeli salah satu Gadget brand terkenal. Waktu itu aneka macam peminatnya, sedangkan stoknya masih dibatasi sebab masih dalam masa produksi.




Untungnya saya sukses ikut Pre Order, dan barang diterima tanpa persoalan seminggu kemudian.






Kelebihan Mengikuti Pre Order





  • Nggak Perlu Khawatir Stok Habis : Seller akan mencatat nama pembeli yang telah melaksanakan PO, dan akan menjadi prioritas ketika stok sudah tersedia.

  • Bayar tinggal tunggu : Nggak usah pikir apa-apa lagi. Cukup tunggu saja barang tiba sesudah mengikuti PO.

  • Lebih praktis : Terkadang mengikuti Pre Order akan terasa lebih praktis. Contoh sederhananya kita nggak perlu repot-repot nunggu stok barang tersedia.

  • Dan lain-lain



Penutup… 





Arti Pre Order ini saya tujukan untuk Anda yang hobi belanja di Online Shop.. Sering menemui istilah ini tapi belum tahu apa artinya. Tujuannya biar nanti nggak perlu gundah lagi, atau bahkan mungkin sanggup membantu kalau ingin mengikuti PO.


Kalau belum tahu, bekerjsama Pre Order ini di Online Shop udah ada usang sekali loh. Istilahnya bahkan sudah banyak digunakan sebelum internet dan media umum terkenal menyerupai sekarang-sekarang.


Menurut Anda gimana? Ingin coba mengikuti PO? Kalau ada barang yang manis dan suka kehabisan stok, lebih baik coba dulu deh hehe.


Kalau ada yang kurang, silakan tanyakan saja lagi lewat komentar dibawah. Semoga bermanfaat.












Sumber http://www.leskompi.comm