Assalammualaikum, Selamat tiba di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas perihal pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Strategi Pemasaran“. Berikut dibawah ini penjelasannya:
Daftar Isi
Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran merupakan suatu cara sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan, alasannya potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Pengertian lain dari Strategi Pemasaran yakni suatu upaya memasarkan produk atau jasa dengan memakai teladan planning mdan taktik jitu semoga sanggup berhasil menjual lebih banyak apa yang dijual.
Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
Berikut ini beberapa pengertian taktik pemasaran berdasarkan para ahli:
1. Menurut Philip Kotler
Strategi pemasaran merupakan cara dimana fungsi pemasaran menyelenggarakan kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada level marketing mix.
2. Menurut Paul dan Guiltinan
Strategi pemasaran merupakan sebuah teladan pikir yang dipakai untuk menyebarkan suatu perusahaan. Cara yang dipakai yaitu dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran menyerupai bauran marketing, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lainnya.
3. Menurut Tjiptono
Strategi pemasaran merupakan sebuah alat yang dirancang dan direncanakan secara fundamental. Hal ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melaksanakan pengembangan keunggulan bersaing melalui kegiatan khusus dalam melayani pasar secara berkesinambungan.
4. Menurut Michael Baker
Strategi pemasaran merupakan tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
5. Menurut Christian Homburg
Strategi pemasaran merupakan semua upaya baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran. Hal ini bekerjasama erat dengan analisis situasi awal strategis perusahaan. Biasanya taktik tersebut dimulai dari perumusan, penilaian dan pemilihan taktik serta berkontribusi pada tujuan perusahaan.
6. Menurut David Aaker
Strategi pemasaran merupakan sebuah proses yang dimulai dengan memindai lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. Hal tersebut dilakukan dan dibutuhkan untuk memahami banyak aspek dari lingkungan eksternal dengan tujuan semoga sanggup bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, ekonomi, hukum, budaya dan politik.
7. Menurut Hausman dan Associates
Strategi pemasaran merupakan desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan mengatakan pelanggan kepuasan.
Fungsi Strategi Pemasaran
Berikut ini terdapat empat fungsi taktik pemasaran, antara lain:
1. Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan
Strategi pemasaran memaksa administrasi perusahaan untuk berfikir out of the box, hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga ritme atau kelangsungan perusahaan. Usahakan tidak terus mengikuti ritme pasar, akan tetapi sesekali coba menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
2. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah
Strategi pemasaran berfungsi untuk mengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga menciptakan tim koordinasi menjadi jauh lebih baik dan terarah.
3. Dapat merumuskan tujuan perusahaan yang akan dicapai
Dengan taktik pemasaran, pelaku perjuangan bisa terbantu untuk merinci tujuan yang ingin dicapai perusahaan, baik itu tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.
4. Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja
Pengawasan kegiatan anggota tim lebih di perhatikan semoga peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin.
Tujuan Strategi Pemasaran
Berikut ini terdapat empat tujuan taktik pemasaran, antara lain:
- Untuk peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
- Untuk mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
- Untuk mengatakan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan.
- Untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri kalau terjadi perubahan dalam pemasaran.
Jenis-Jenis Strategi Pemasaran
Berikut ini terdapat tiga jenis-jenis taktik pemasaran, antara lain:
1. Strategi Pemasaran yang Tidak Membeda-Bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)
Strategi jenis ini menganggap pasar sebagai keseluruhan, jadi perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan biasanya hanya satu produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu planning pemasaran saja.
2. Strategi Pemasaran yang Membeda-Bedakan Pasar (Differentiated Marketing)
Strategi pemasaran ini melayani kebutuhan beberapa kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Kaprikornus produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar. Dengan kata lain produsen dan perusahaan menunjukkan banyak sekali variasi produk yang diubahsuaikan kebutuhan dan impian kelompok konsumen yang berbeda dengan kegiatan pemasaran yang khusus diperlukan tigkat keberhasilan penjualan pada masing-masing segmen tersebut tercapai.
Tujuan pemasaran ini yaitu untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu pada suatu produk yang bervariasi sesuai kebutuhan dan impian konsumen.
3. Strategi Pemasaran yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing)
Strategi pemasaran ini mengkhususkan pemasaran produk ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.
Keuntungan taktik ini yaitu perusahaan akan mendapat posisi yang berpengaruh pada segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan mempunyai pengalaman yang lebih baik dalam melaksanakan pendekatan guna memenuhi kebutuhan dan impian konsumen.
Kelemahan taktik ini yaitu produsen harus waspada terhadap risiko besar kalau hanya tergantung pada satu atau beberapa segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing perusahaan lain yang lebih baik.
Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Fungsi Strategi Pemasaran: Pengertian, Tujuan dan Jenisnya
Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!
Baca Artikel Lainnya:
- Sejarah Kerajaan Kediri, Masa Pemerintahan dan Masa Keruntuhan
- Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Secara Lengkap
- Ciri Masyarakat: Pengertian, Fungsi, Unsur dan Proses
- 23 Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli
Sumber aciknadzirah.blogspot.com