Monday, May 28, 2018

√ Apa Itu Mac Address ? Berikut Pengertian Mac Address

 yaitu sebuah alamat unik pada jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data √ Apa itu MAC Address ? Berikut Pengertian MAC Address

Pengertian MAC Address

MAC Address (Media Control Access Address) yaitu sebuah alamat unik pada jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dengan 7 lapisan model OSI, yang mempresentasikan sebuah node terntentu yang terhubung dengan jaringan.

MAC Address berkhasiat untuk mengindentifikasi sebuah laptop atau komputer, interface dalam sebuah router, dan node - node lainnya dalam sebuah jaringan. Selain itu mac address juga biasa disebut dengan ethernet address, phsycal address, atau hardware address, yang dimana mempunyai alamat dengan panjang 48-bit (6 byte). Alamat tersebut sangatlah unik sehingga dibentuk blok - blok di dalamnya, 24 bit pertama mengatakan siapa pembuatnya dan 24 bit selanjutnya mengatakan nomor kartu yang digunakan.

Hal selanjutnya yang perlu diketahui yaitu apabila sebuah laptop atau komputer mempunyai network card lebih dari satu, maka terang laptop atau komputer tersebut akan mempunyai mac address lebih dari satu juga. Biasanya sebuah laptop keluaran terbaru mempunyai 2 network card, diantaranya network card wired (RJ-45) dan network card wireless (802.11b).


Apakah dapat melihat MAC Address ?

Tentu Anda dapat melihat mac address dan tentu juga harus mengetahui cara melihatnya. Karena sangat berkhasiat saat Anda mempunyai sebuah jaringan, dengan mengetahui mac address kita tahu siapa yang terhubung terhadap jaringan tersebut. Untuk melihat mac address silahkan masuk ke artikel : Cara Melihat MAC Address di Windows 7 dan 8 (Lengkap)


Mungkin itulah klarifikasi mengenai pengertian mac address yang dapat Saya sampaikan. Pembahasan selanjutnya yaitu :
Sumber http://www.siddiqrn.net/