Wednesday, June 20, 2018

√ 5 Rujukan Bunga Sempurna, Bagian-Bagian, Dan Gambarnya

Berdasarkan kelengkapan organ reproduksinya, bunga pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu bunga tepat atau contoh bunga sempurna dan bunga tidak tepat itu? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Bunga Sempurna

Sebelum membahas wacana contoh-contoh bunga sempurna, alangkah baiknya jikalau kita terlebih dahulu mengetahui apa itu pengertian bunga sempurna.

Bunga tepat yakni bunga yang mempunyai alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (kepala putik) dalam satu duduk bunga. Bagian-bagian bunga tepat tersebut dipakai sebagai alat reproduksi untuk menghasilkan biji atau calon individu baru.

Benang sari yakni bab bunga tepat yang umumnya berbentuk serbuk yang melekat di kepala sari. Bagian ini berfungsi sebagai kelamin jantan yang akan membuahi sel kelamin betina. Sementara kepala putik yakni bab bunga tepat yang berfungsi sebagai organ kelamin betina biasanya berbentuk cekungan atau lubang kawasan masuknya benang sari. Perhatikan gambar bagian-bagian bunga tepat di bawah ini untuk membedakan antara benang sari dan putik.

Berdasarkan kelengkapan organ reproduksinya √ 5 Contoh Bunga Sempurna, Bagian-bagian, dan Gambarnya

Bunga yang mempunyai organ kelamin jantan dan betina dalam satu duduk bunga sanggup kita temukan pada beberapa tumbuhan yang terdapat di sekitar lingkungan kita, di antaranya yakni bunga kembang sepatu, bunga alamanda, bunga kamboja, bunga matahari, bunga anggrek, bunga tulip, bunga mawar, bunga lily, bunga morning glory, bunga bougenvil, bunga tomat, bunga kopi, bunga strawberi. Berikut kami telah cantumkan beberapa gambar pola bunga tepat tersebut lengkap dengan pembahasannya!

1. Bunga Kembang Sepatu

Contoh bunga tepat yang pertama yakni bunga kembang sepatu. Bunga ini mempunyai benang sari dan kepala putik pada satu duduk bunga. Benang sari dan kepala putik pada bunga kembang sepatu terletak saling berdekatan sehingga proses penyerbukan menjadi semakin muda terjadi. Penyerbukan bunga kembang sepatu selain sanggup dibantu oleh serangga, juga sanggup terjadi alasannya yakni santunan angin (anemogami).

2. Bunga Alamanda

Bunga alamanda yakni bunga berwarna kuning yang banyak dibudidayakan sebagai tumbuhan penghias pekarangan. Bunga ini juga termasuk contoh bunga sempurna. Kepala putik dan benang sarinya terdapat di cekungan mahkota bunga bab dalam.

3. Bunga Bougenvil

Bunga bougenvil atau yang biasa disebut bunga kertas yakni salah satu bunga tepat yang banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia. Bunga ini mempunyai putik dan benang sari dalam satu duduk bunga sehingga sangat gampang menyerbuk. Akan tetapi, meski demikian bunga ini ternyata justru lebih sering kali diperbanyak memakai metode stek.

Berdasarkan kelengkapan organ reproduksinya √ 5 Contoh Bunga Sempurna, Bagian-bagian, dan Gambarnya

4. Bunga Matahari

Bunga matahari yakni bunga yang mempunyai sifat khas. Bunga ini selalu menghadap ke arah matahari. Biji bunga yang dihasilkan dari proses penyerbukan bunga matahari, sering dipakai sebagai materi baku cemilan. Biji bunga matahari sangat kaya vitamin E sehingga baik untuk kesehatan kulit.

5. Bunga Anggrek

Bunga anggrek cukup terkenal sebagai bunga hias di masyarakat Indonesia. Bunga ini diperbanyak melalui metode kultur jaringan alasannya yakni meskipun benang sari dan kepala putiknya terdapat dalam satu duduk bunga, dia sulit melaksanakan penyerbukan akhir adanya inhibitor.

Nah, demikianlah beberapa pola bunga tepat atau bunga lengkap dari tumbuhan yang ada di sekitar kita lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Setelah memahami pola dan bagian-bagian bunga tepat di atas, silakan lanjutkan membaca pembahasan kami pada artikel berikutnya, yakni mengenai contoh bunga tidak sempurna.
Sumber http://www.ebiologi.net