Friday, June 22, 2018

√ Apa Ciri-Ciri Polimer

Sebagian besar polimer yang diproduksi ialah termoplastik, yang berarti bahwa begitu polimer terbentuk, polimer tersebut sanggup dipanaskan dan direformasi berulang kali. Sifat ini memungkinkan pemrosesan yang gampang dan memfasilitasi daur ulang. Kelompok lain, termoset, tidak sanggup dilepaskan kembali. Setelah polimer ini terbentuk, pemanasan ulang akan mengakibatkan material pada alhasil rusak, tetapi tidak meleleh.


Setiap polimer mempunyai ciri karakteristik yang sangat berbeda, tetapi sebagian besar polimer mempunyai atribut umum berikut.


Polimer sanggup sangat tahan terhadap materi kimia.


Pertimbangkan semua cairan pembersih di rumah Anda yang dikemas dalam plastik. Membaca label peringatan yang menggambarkan apa yang terjadi saat materi kimia bersentuhan dengan kulit atau mata atau tertelan akan menekankan perlunya resistensi kimia dalam kemasan plastik. Sementara pelarut gampang melarutkan beberapa plastik, plastik lain menyediakan paket yang aman, tidak gampang pecah untuk pelarut yang agresif.


Polimer sanggup berupa isolator termal dan listrik.


Berjalan melalui rumah Anda akan memperkuat konsep ini, alasannya ialah Anda mempertimbangkan semua peralatan, kabel, outlet listrik dan kabel yang dibuat atau ditutupi dengan materi polimer. Tahan panas terlihat terperinci di dapur dengan pegangan panci dan wajan yang terbuat dari polimer, pegangan teko kopi, inti busa dari lemari es dan freezer, cangkir terisolasi, pendingin, dan peralatan masak microwave. Pakaian dalam termal yang dikenakan oleh banyak pemain ski terbuat dari Polipropilena dan serat di jaket isu terkini masbodoh ialah akrilik dan poliester.


Secara umum, polimer sangat ringan dengan tingkat kekuatan yang signifikan.


Pertimbangkan aneka macam aplikasi, dari mainan sampai struktur rangka stasiun ruang angkasa, atau dari serat nilon halus dalam pantyhose (semacam stoking yang terbuat dari nilon) ke Kevlar, yang dipakai dalam rompi anti peluru. Beberapa polimer mengapung di air sementara yang lain tenggelam. Tapi, dibandingkan dengan kepadatan batu, beton, baja, tembaga, atau aluminium, semua plastik ialah materi yang ringan.


Polimer sanggup diproses dengan aneka macam cara.


Ekstrusi menghasilkan serat tipis atau pipa berat atau film atau botol makanan. Cetakan injeksi sanggup menghasilkan bab yang sangat rumit atau panel bodi kendaraan beroda empat besar. Plastik sanggup dibuat menjadi drum atau dicampur dengan pelarut untuk menjadi perekat atau cat. Elastomer dan beberapa plastik terentang dan sangat fleksibel. Beberapa plastik diregangkan dalam proses untuk mempertahankan bentuknya, menyerupai botol minuman ringan. Polimer lain sanggup berbusa menyerupai polistirena (Styrofoam ™), poliuretan, dan polietilen.


Polimer ialah materi dengan kisaran karakteristik dan warna yang sepertinya tidak terbatas. Polimer mempunyai banyak sifat bawaan yang sanggup ditingkatkan lebih lanjut dengan aneka macam aditif untuk memperluas penggunaan dan aplikasi mereka. Polimer sanggup dibuat untuk menggandakan serat kapas, sutra, dan wol; porselen dan marmer; dan aluminium dan seng. Polimer juga sanggup memungkinkan produk yang tidak gampang tiba dari dunia alami, menyerupai lembaran bening dan film fleksibel.


Polimer biasanya terbuat dari minyak bumi, tetapi tidak selalu. Banyak polimer dibuat dari unit berulang yang berasal dari gas alam atau batubara atau minyak mentah. Tetapi unit pengulang blok bangunan kadang kala sanggup dibuat dari materi yang sanggup diperbarui menyerupai asam polilaktat dari jagung atau selulosa dari serat kapas. Beberapa plastik selalu dibuat dari materi yang sanggup diperbarui menyerupai selulosa asetat yang dipakai untuk pegangan obeng dan pita hadiah. Ketika blok bangunan sanggup dibuat lebih irit dari materi yang terbarukan daripada dari materi bakar fosil, baik plastik usang menemukan materi baku gres atau plastik gres diperkenalkan.


Polimer sanggup dipakai untuk menciptakan barang yang tidak mempunyai alternatif dari materi lain. Polimer sanggup dibuat menjadi film yang bening dan tahan air. PVC dipakai untuk menciptakan tabung medis dan kantung darah yang memperpanjang usia simpan darah dan produk darah. PVC dengan kondusif menghasilkan oksigen yang gampang terbakar di tabung fleksibel yang tidak terbakar. Dan materi anti-trombogenik, menyerupai heparin, sanggup dimasukkan ke dalam kateter PVC fleksibel untuk operasi jantung terbuka, dialisis, dan pengumpulan darah. Banyak perangkat medis mengandalkan polimer untuk memungkinkan fungsi yang efektif.



Sumber https://infoana.comm