Monday, July 23, 2018

√ Akar Tunggang, Struktur, Proses Terbentuk, Serta Jenis-Jenisnya

Akar merupakan bab flora yang berfungsi sebagai penopang tegaknya badan tumbuhan. Selain itu akar juga berfungsi sebagai organ pengambil air dan hara dari dalam tanah, dua materi baku dalam proses fotosintesis. Adapun menurut struktur anatominya, akar flora dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu di antara kedua akar tersebut. Kita akan membahas seputar  akar tunggang, mulai dari struktur, proses terbentuknya, serta jenis jenis akar tunggang. Yuk kita simak penjelasannya bersama!

Definisi Akar Tunggang

Definisi akar tunggang yaitu akar pokok yang berasal dari forum dan biasanya tumbuh menghujam ke dalam tanah. Akar tunggang merupakan akar primer atau utama yang dimiliki tumbuhan. Umumnya akar tunggang dimiliki oleh flora dikotil yang mempunyai batang dan percabangan yang lebih banyak. Akar tunggang ini berfungsi sebagai penyanggah tumbuhan supaya tidak gampang roboh.

Akar merupakan bab flora yang berfungsi sebagai penopang tegaknya badan flora √ Akar Tunggang, Struktur, Proses Terbentuk, serta Jenis-Jenisnya
Gambar akar tunggang

Proses Terbentuknya Akar Tunggang

Pada proses perkecambahan biji (umumnya pada flora dikotil), pertama kali akan muncuk akar lembaga. Akar forum ini akan bermetamorfosis akar pokok (primer). Setelah akar tunggang tumbuh barulah tumbuh cabang serta rambut-rambut akar. Akar tunggang yang tumbuh lebih dulu terus menghujam lurus ke dalam tanah, sedangkan cabang dan rambut-rambut akar tumbuh menyebar.

Akar primer yang berasal dari akar forum disebut dengan akar tunggang (radix primaria). Akar tunggang akan tumbuh dari biji. Dengan demikian akar tunggang tidak akan ditemui pada flora hasil perbanyakan secara vegetatif.

Fungsi Akar Tunggang

Fungsi utama dari akar tunggang yakni sebagai organ penopang supaya flora tetap kokoh. Disamping itu akar tunggang berfungsi sama dengan akar serabut yaitu sebagai organ penyerap air dan unsur hara dari dalam tanah, sebagai sarana reproduksi, dan sebagai tempat cadangan masakan (contohnya mirip pada singkong dan wortel).

Tipe-tipe Akar Tunggang

Berdasarkan bentuk dan percabangan, akar tunggang sanggup dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

1. Akar tunggang yang tidak bercabang atau bercabang sedikit

Tumbuhan tipe ini tidak memilihi percabangan atau hanya mempunyai sedikit cabang (yang berbentuk akar-akar serabut yang halus). Akar-akar ini mempunyai bentuk khusus, diantaranya:

a. Tombak atau pena (fusiform)
Berbentuk mirip tombak atau pena, dimana bab atas membesar kemudian meruncing sampai ke bab bawah. Akar utamanya berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Contoh flora dengan akar ini yaitu wortel (Daucus carota L.), lobak (Raphanus sativus L.).

b. Gasing (napiformis)
Berbentuk mirip gasing dimana bab tengah agak besar melebar kemudian meruncing sedikit di bab bawahnya. Contoh flora dengan akar ini yaitu bit (Beta vulgaris L.), bengkuang (Pachyrrhizus erosus Urb.).

c. Benang (filiformis)
Berbentuk sepeti benang dan mirip akar serabut, kecil, panjang dan mempunyai sedikit percabangan. Contoh flora dengan akar ini yaitu kratok (Phaseolus lunatus L.).

2. Akar tunggang yang bercabang (ramosus)

Akar tunggang merupakan akar utama berbentuk kerucut memanjang menembus tanah yang mempunyai banyak percabangan. Percabangan tersebut mempunyai banyak percabangan lagi. Akar tipe ini mempunyai struktur yang lebih kokoh sehingga bisa menopang flora dengan diameter batang yang lebih besar.banyaknya percabangan berdampak terhadap kawasan perakaran yang luas sehingga sanggup mencari air dan unsur hara yang lebih banyak. Contoh flora dengan akar ini yaitu pohon berkayu pada umumnya, mirip pohon buah-buahan.

Semakin besar flora (umumnya dikotil) maka semakin banyak pula akar yang dimilikinya. Baik akar tunggang yang lebih besar dan lebih dalam menghujam tanah serta percabangan akarnya. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai akar tunggang. Semoga menambah pengetahuan teman-teman.
Sumber http://www.ebiologi.net