Thursday, July 5, 2018

√ Cara Install Dan Mengetik Font Lontara Bugis Di Pc

Cara Install dan Mengetik Font Lontara Bugis di PC √ Cara Install dan Mengetik Font Lontara Bugis di PC

Tentang Lontara Bugis

Baiklah dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara mengetik dengan memakai font Lontara (aksara) bugis. Lontara Bugis merupakan abjad yang telah dipakai semenjak dahulu kala dan terus diturunkan dari generasi ke generasi dan dipakai pada hampir seluruh kawasan di Sulawesi Selatan.

Menurut budayawan Prof Mattulada (alm), bentuk abjad lontara berasal dari "sulapa eppa wala suji". Wala Suji berasal dari kata wala yang artinya pemisah/pagar/penjaga sedangkan suji yang berarti putri. Wala Suji yaitu sejenis bambu yang dipakai dalam program atau ritual kebudayaan yang berbentuk belah ketupat.

Sulapa eppa yang berarti empat sisi merupakan bentuk mistis dari kepercayaan Bugis-Makassar klasik yang menyimbolkan susunan semesta, api-air-angin-tanah.

Lontara terdiri dari 23 abjad yang penggunaannya didasarkan pada kemiripan penyebutan, lantaran pada goresan pena abjad lontara tidak terdapat beberapa kombinasi yang biasa dipakai menyerupai manoreng, macenning dan kombinasi dua huruf mati yang berdekatan lainnya.

Oleh lantaran itu pergeseran gaya bahasa tidak sesuai dipakai untuk dituliskan dalam abjad lontara. Secara umum abjad lontara berbentuk menyerupai gambar Ka Ga Nga Ngka berikut:

Cara Install dan Mengetik Font Lontara Bugis di PC √ Cara Install dan Mengetik Font Lontara Bugis di PC

Dahulu kala huruf lontara ini pada umumnya dipakai untuk menulis tata hukum pemerintahan dan kemasyarakatan. Naskah ditulis pada daun lontar memakai lidi atau kalam yang terbuat dari ijuk bernafsu dengan ukuran kurang-lebih sebesar lidi.

Install Font Lontara Bugis di PC

Namun disini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai sejarah dan latar belakang penggunaan Lontara, tetapi mengenai pelestarian penggunaannya, menjaga supaya warisan berharga yang satu ini tidak hilang ditelan masa. Salah satu upayanya yaitu dengan penggunaan lontara pada font komputer dan perangkat lain.

Contoh font lontara

aEKn ri meblea ri lipu wnua lea edec muw ro ausp ewlai wnuaku.

Download dan install font lontara

Selanjutnya untuk mendapat Font Lontara Bugis, kau sanggup d0wnl0ad font tersebut pada link berikut:

Untuk install, silahkan ekstrak file yang telah sobat d0wnl0ad, kemudian klik kanan pada file Font Lontara Bugis kemudian pilih Install.


Cara memakai font lontara

Setelah proses instalasi font tamat kau sanggup memakai font lontara dengan menentukan nama font BugisA. Misalnya buka Microsoft Word kemudian pilih font dengan nama BugisA.


Perlu diketahui bahwa mengetik font lontara di keyboard berbeda dengan menulis biasa. Seperti yang diketahui bahwa font lontara tidak memakai huruf suplemen untuk vokal "a". Makara untuk lebih gampang cara penggunaannya kau sanggup lihat pada tabel berikut:

KeyboardLontaraKeyboardLontaraKeyboardLontara
k (ka)kg (ga)gG (nga)G
K (ngka)Kp (pa)pb (ba)b
m (ma)mP (mpa)Pt (ta)t
d (da)dn (na)nR (nra)R
c (ca)cj (ja)jN (nya)N
C (nca)Cy (ya)yr (ra)r
l (la)lw (wa)ws (sa)s
a (a)ah (ha)heaea
aEaEaoaoauau
aiai.com

Penutup

Itulah beberapa pembahasan yang sanggup saya sampaikan kepada kau ihwal salah satu budaya Bugis yang sebagai generasi mudanya dihentikan kita hilangkan begitu saja, kita harus menjaga budaya ini lantaran sejarah dan nilai usaha di dalamnya amat berarti meski mungkin tidak akan pernah kita ketahui.

Jika teman-teman ingin memberikan sesuatu ihwal posting ini, silakan sampaikan melalui kotak komentar yang ada di bawah halaman ini, sistem komentar blog ini memakai Disqus namun anda tidak harus mempunyai akun untuk sanggup berkomentar, silakan sampaikan komentar kau sebagai tamu (guest comment) tanpa perlu login.

Atau kau juga sanggup mengirimkan pesan kau melalui halaman contact blog ini, bila tidak sedang sibuk admin akan segera membalas kiriman anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini, hingga jumpa!
Sumber http://www.maringngerrang.com/