Friday, July 20, 2018

√ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Di Smartphone Android

Smartphone sekarang menjadi salah satu prangkat yang banyak dipakai sehari-hari. Mulai dipakai untuk telepon, internetan, chatting, juga video call. Ada banyak aplikasi yang mendukung banyak sekali kegiatan kita sehari-hari. Dengan banyaknya aplikasi yang terinstal di smartphone, tentu akan memakan banyak kawasan penyimpanan internal smartphone.


Penyebab lainnya yang menciptakan smartphone mengalami memori internal penuh ialah sebab terlalu banyak menyimpan banyak file ibarat foto, video, musik atau dokumen lainnya. Jika dibiarkan penuh stroge internal dapat berakibat smartphone  tidak dapat instal aplikasi lagi dan ponsel menjadi lemot bin lelet.


Ketika Anda mengalami hal ibarat ini, mungkin akan bertanya ‘bagaimana cara mengatasi memori internal penuh ? dan langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?’ Nah, artikel ini akan cara dan langkah-langkah mengosongkan memori internal semoga menjadi lebih lega dan kinerja ponsel menjadi lancar kembali.


Perlu diketahui bahwa berkas unduhan seperi gambar dan video yang berasal dari chat dan group Whatsapp merupakan salah satu penyebab kapasitas memori internal semakin menipis, jikalau dibiarkan lama, juga akan menciptakan memori penuh.


Sebetulnya, semenjak pembalian Android 5.0 Lolipop, Anda dapat dengan gampang melaksanakan pencucian memori internal secara bersiklus pada smartphone Android. Fitur ini merupakan bawaan Android langsung, tujuannya untuk optimasi memori internal .


Cara Mengatasi Memori Internal Penuh


Berikut ialah beberapa cara mengatasi penyimpanan internal penuh. Dengan cara ini diperlukan smartphone yang Anda gunakan kembali mempunyai ruang peyimpanan lebih banyak dan smartphone kembali normal.


1. Membersihkan cache Secara Berkala


Smartphone sekarang menjadi salah satu prangkat yang banyak dipakai sehari √ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android
Membersihkan cache Secara Berkala


Cache merupakan berkas sementara yang dipakai oleh aplikasi untuk mempercepat jalannya aplikasi ketika dibuka, yaitu dengan memanfaatkan berkas yang tersimpan pada sesi sebelumnya. Agar aplikasi tidak perlu melaksanakan pengunduhan kembali berkas yang sama.


Namun, seiring waktu jumlah berkas cache dapat menumpuk pada memori internal dan dapat saja menjadi penyebab kinerja smartphone jadi lambat ketika jumlah cache semakin banyak. Untuk membersihkan cache aplikasi, Anda dapat melakukannya melalui Setting > Storage > Free up space.


Untuk Anda yang memakai Android dengan versi 7.0 Nougat hingga 9.0 Pie dapat memakai fitur Storage Manager.


2. Non-Aktifkan Aplikasi Bloatware


Smartphone sekarang menjadi salah satu prangkat yang banyak dipakai sehari √ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android
Non-Aktifkan Aplikasi Bloatware


Salah satu cara untuk melegakan memori internal dapat dengan menyingkirkan beberapa palikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware. Ada dua pilihan yang dapat Anda coba, yaitu dengan uninstall atau disable. Namun untuk melaksanakan uninstall aplikasi bawaan smartphone harus dalam keadaan root.


Namun, jikalau smartphone yang Anda gunakan belum dalam keadaan root, maka opsi tindakannya hanya dapat melaksanakan disable pada aplikasi. Untuk men-disable aplikasi bawaan yang dirasa tidak mempunyai kegunaan pada smartphone Android Anda, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.


Masuk ke Setting > Apps & notifications > All apps > selanjutnya tinggal pilih aplikasi yang diinginkan, selanjutnya klik > Disable.


Setelah melaksanakan disable dengan langkah diatas, aplikasi yang dipilih tidak akan tampil  homescreen maupun app drawer. Juga dengan menonaktifkan aplikasi tertentu, akan menghilangkan beberapa aplikasi berjalan di latar belakang yang bekerjasama dengan aplikasi inti yang di nonaktifkan. Dengan begitu kinerja sistem operasi akan semakin lancar, penggunaan RAM dan baterai akan lebih sedikit.


3. Hapus atau Pindahkan beberapa file ke PC


Kebanyakan dari kita banyak melaksanakan d0wnl0ad banyak sekali file memakai smartphone seperti, file musik, video, foto dan dokumen. Kadang tidak sadar jumlahnya banyak dan menciptakan penyimpanan internal penuh.


Untuk itu ada baiknya Anda melaksanakan seleksi, file mana yang akan dipindahkan ke PC atau ke laptop dan file mana yang akan tetap disimpan pada smartphone. Dengan cara ibarat ini akan membantu dalam melegakan kembali memori internal.


Anda juga dapat menghapus file yang tidak penting atay tidak dipakai lagi, ibarat file video film drama korea atau file ukuran besar lainnya.


4. Cadangkan Foto di Google Photo


Smartphone sekarang menjadi salah satu prangkat yang banyak dipakai sehari √ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android
Cadangkan Foto di Google Photo


Cara lain yang dapat dilakukan untuk melegakan memori internal ialah dengan memanfaatkan fitur pencadangan Google Photos. Seperti yang kita tahu, banyak dari kita, khususnya kalangan perempuan, menyimpan begitu banyak foto dan video pribadi. Dengan menumpuknya file foto dan video akan menciptakan penyimpanan internal penuh.


Dengan memanfaatkan fitur pencadangan Google Photos, Anda dapat mengosongkan sebagian kapasitas memori internal. Perlu diketahui, penyimpanan Google Photos mempunyai jumlah kuota khusus, jadi tidak akan memenuhi ruang penyimpanan online Google Drive.


Cara ini cukup efektif mengatasi memori internal smartphone yang penuh, sebab dominan penyimpanan biasanya diisi oleh file foto dan video. Cara melaksanakan pencadangannya, Anda tinggal menjalankan aplikasi Google Photos, pada menu side bar > Setting > Back up & sync, atur email yang akan dipakai untuk pencadangan.


Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu proses pengunggahan hingga selesai. Jika semua foto sudah berhasil diunggah, Anda dapat memakai fitur ‘Free up space’ pada sajian side kafetaria aplikasi Google Photos.



5. Pindahkan Instalan Aplikasi ke MicroSD


 


Smartphone sekarang menjadi salah satu prangkat yang banyak dipakai sehari √ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android
Pindahkan Instalan Aplikasi ke MicroSD


Cara lain yang membantu melegakan ruang penyimpanan internal smartphone ialah dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Namun cara ini hanya akan berhasil, jikalau smartphone dalam keadaan root.


Anda dapat memindahkan banyak sekali aplikasi ibarat Whatsapp, Instagram, Facebook dan aplikasi lainnya ke MicroSD, jadi dapat meringankan beban padan memori internal. Untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal dapat memakai aplikasi LinktoSD.


Pasang LinktoSD


6. Gunakan Aplikasi Cleaner


Smartphone sekarang menjadi salah satu prangkat yang banyak dipakai sehari √ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android
Gunakan Aplikasi Cleaner


Untuk Anda yang mau mudah menghapus cache dan file sampah yang ada pada smartphone, dapat memakai aplikasi Clean Master. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol yang akan memproses peniadaan cache dan file sampah secara masal.


Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu melaksanakan peniadaan cache secara menual dengan membuka setiap aplikasi pada Setting > Apps & notifications > All apps.


Pasang Clean Master


7. Factory Reset


Namun, jikalau semua cara diatas tidak membuahkan hasil yang maksimal. Ada cara ampuh melegakan sisa memori internal menjadi lebih banyak. Yaitu dengan Factory Reset, mengembalikan semua setelan smartphone ke semula. Ponsel berakal Anda akan kembali ke setelan pabrik, sama ibarat ketika pertama membelinya.


Dengan Factory Reset, semua file pada smartphone akan terhapus, jadi lakukan backup sebelum melakukannya. Berikut langkah-langllahnya.



  1. Masuk ke sajian Settings, dan pilih menu Advanced Settings,

  2. Masuk ke menu Backup & Reset,

  3. Pilih Factory Data Reset, akan muncul notifikasi mengenai gosip bahwa semua akun, konfigurasi, aplikasi, dan semua data di memori internal akan dihapus.

  4. Selanjutnya, klik tombol Reset Phone, masukan PIN dan tekan OK.

  5. Tunggu hingga proses reset ulang selesai. Setelah berhasil, ponsel akan kembali pada tampilan ibarat ketika gres dibeli.


Namun cara Factory Reset setiap smartphone ibarat Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony dan lainnya niscaya akan ada perbedaan. Makara untuk masuk ke menu Factory Data Reset, lakukan pencarian pada sajian setting.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com