Friday, July 20, 2018

√ Citra Fase Siklus Menstruasi Dan Ciri-Cirinya

Menstruasi ialah pelepasan lapisan rahim (endometrium) disertai dengan perdarahan. Ini terjadi dalam sekitar siklus bulanan sepanjang kehidupan reproduksi wanita, kecuali selama kehamilan. Menstruasi dimulai ketika pubertas (saat menarche) dan berhenti secara permanen ketika menopause.


Menurut definisi, siklus menstruasi dimulai dengan hari pertama perdarahan, yang dihitung sebagai hari 1. Siklus berakhir sempurna sebelum periode menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya berkisar antara 25 hingga 36 hari. Hanya 10 hingga 15% perempuan yang mempunyai siklus yang sempurna 28 hari. Juga, pada setidaknya 20% wanita, siklus tidak teratur. Artinya, mereka lebih panjang atau lebih pendek dari kisaran normal. Biasanya, siklus paling bervariasi dan interval antara periode terpanjang di tahun-tahun segera sesudah menstruasi dimulai (menarche) dan sebelum menopause.


Pendarahan menstruasi berlangsung 3 hingga 7 hari, rata-rata 5 hari. Kehilangan darah selama siklus biasanya berkisar 1/2 hingga 2 1/2 ons. Pembalut atau tampon, tergantung pada jenisnya, sanggup menampung hingga satu ons darah. Darah haid, tidak ibarat darah yang dihasilkan dari cedera, biasanya tidak menggumpal kecuali perdarahannya sangat berat.


Siklus menstruasi diatur oleh hormon. Hormon luteinizing dan hormon perangsang folikel, yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis, meningkatkan ovulasi dan merangsang ovarium untuk menghasilkan estrogen dan progesteron. Estrogen dan progesteron merangsang rahim dan payudara untuk mempersiapkan kemungkinan pembuahan.


Siklus menstruasi mempunyai tiga fase:



  • folikuler (sebelum pelepasan sel telur)

  • Ovulatory (pelepasan telur)

  • Luteal (setelah pelepasan sel telur)


Siklus menstruasi diatur oleh interaksi kompleks hormon: hormon luteinizing, hormon perangsang folikel, dan hormon kelamin wanita, estrogen dan progesteron.


Siklus menstruasi dimulai dengan perdarahan menstruasi (menstruasi), yang menandai hari pertama fase folikuler.


Ketika fase folikel dimulai, kadar estrogen dan progesteron rendah. Akibatnya, lapisan atas dari lapisan rahim yang menebal (endometrium) pecah dan luruh, dan terjadi perdarahan menstruasi. Sekitar ketika ini, tingkat hormon perangsang folikel meningkat sedikit, merangsang perkembangan beberapa folikel di ovarium. Setiap folikel mengandung telur. Kemudian pada fase ini, ketika kadar hormon perangsang folikel menurun, hanya satu folikel yang terus berkembang. Folikel ini menghasilkan estrogen.


Fase ovulasi dimulai dengan lonjakan hormon luteinisasi dan kadar hormon perangsang folikel. Hormon luteinizing merangsang pelepasan telur (ovulasi), yang biasanya terjadi 16 hingga 32 jam sesudah lonjakan dimulai. Tingkat estrogen menurun selama lonjakan, dan tingkat progesteron mulai meningkat.


Selama fase luteal, hormon luteinisasi dan kadar hormon perangsang folikel menurun. Folikel yang pecah menutup sesudah mengeluarkan sel telur dan membentuk corpus luteum, yang menghasilkan progesteron. Selama sebagian besar fase ini, tingkat estrogen tinggi. Progesteron dan estrogen menyebabkan lapisan rahim semakin menebal, untuk mempersiapkan kemungkinan pembuahan.


Jika telur tidak dibuahi, korpus luteum merosot dan tidak lagi menghasilkan progesteron, tingkat estrogen menurun, lapisan atas lapisan pecah dan luruh, dan perdarahan menstruasi terjadi (awal siklus menstruasi baru).


Jika sel telur dibuahi, corpus luteum terus berfungsi selama awal kehamilan. Ini membantu menjaga kehamilan.


Fase folikel


Fase folikuler dimulai pada hari pertama perdarahan menstruasi (hari 1). Tetapi insiden utama dalam fase ini ialah perkembangan folikel di ovarium.


Pada awal fase folikuler, lapisan rahim (endometrium) kental dengan cairan dan nutrisi yang dirancang untuk memelihara embrio. Jika tidak ada sel telur yang dibuahi, kadar estrogen dan progesteron rendah. Akibatnya, lapisan atas endometrium luruh, dan terjadi perdarahan menstruasi.


Sekitar waktu ini, kelenjar hipofisis sedikit meningkatkan produksi hormon perangsang folikel. Hormon ini lalu merangsang pertumbuhan 3 hingga 30 folikel. Setiap folikel mengandung telur. Kemudian dalam fase ini, ketika kadar hormon ini menurun, hanya satu dari folikel ini (disebut folikel dominan) yang terus tumbuh. Segera mulai menghasilkan estrogen, dan folikel terstimulasi lainnya mulai rusak. Meningkatnya estrogen juga mulai mempersiapkan rahim dan merangsang lonjakan hormon luteinizing.


Rata-rata, fase folikuler berlangsung sekitar 13 atau 14 hari. Dari tiga fase, fase ini paling bervariasi panjangnya. Itu cenderung menjadi lebih pendek menjelang menopause. Fase ini berakhir ketika tingkat hormon luteinisasi meningkat secara dramatis (lonjakan). Lonjakan menghasilkan pelepasan telur (ovulasi) dan menandai awal fase berikutnya.


Fase ovulasi


Fase ovulasi dimulai ketika tingkat hormon luteinisasi melonjak. Hormon luteinizing merangsang folikel lebih banyak didominasi untuk membesar dari permukaan ovarium dan alhasil pecah, melepaskan sel telur. Tingkat hormon perangsang folikel meningkat ke tingkat yang lebih rendah. Fungsi peningkatan hormon perangsang folikel tidak dipahami.


Fase ovulasi biasanya berlangsung 16 hingga 32 jam. Itu berakhir ketika telur dilepaskan, sekitar 10 hingga 12 jam sesudah peningkatan kadar hormon luteinizing. Telur sanggup dibuahi hanya hingga sekitar 12 jam sesudah dilepaskan.


Lonjakan hormon luteinizing sanggup dideteksi dengan mengukur tingkat hormon ini dalam urin. Pengukuran ini sanggup dipakai untuk memilih kapan perempuan subur. Pemupukan lebih mungkin terjadi ketika sperma ada di kanal reproduksi sebelum telur dilepaskan. Sebagian besar kehamilan terjadi ketika hubungan intim terjadi dalam 3 hari sebelum ovulasi.


Sekitar waktu ovulasi, beberapa perempuan mencicipi nyeri tumpul di satu sisi perut potongan bawah. Nyeri ini dikenal sebagai mittelschmerz (secara harfiah, nyeri tengah). Rasa sakit sanggup berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. Rasa sakit biasanya dirasakan di sisi yang sama dengan ovarium yang melepaskan sel telur, tetapi penyebab niscaya dari rasa sakit itu tidak diketahui. Rasa sakit sanggup mendahului atau mengikuti pecahnya folikel dan mungkin tidak terjadi pada semua siklus.


Pelepasan sel telur tidak bergantian antara dua ovarium dan tampak acak. Jika satu ovarium diangkat, ovarium yang tersisa melepaskan telur setiap bulan.


Fase luteal


Fase luteal dimulai sesudah ovulasi. Itu berlangsung sekitar 14 hari (kecuali terjadi pembuahan) dan berakhir sempurna sebelum periode menstruasi.


Pada fase ini, folikel yang pecah menutup sesudah melepaskan telur dan membentuk struktur yang disebut corpus luteum, yang menghasilkan peningkatan jumlah progesteron. Progesteron yang diproduksi oleh corpus luteum melaksanakan hal berikut:



  • Mempersiapkan rahim jikalau embrio ditanamkan

  • Menyebabkan endometrium menebal, mengisi dengan cairan dan nutrisi untuk memelihara embrio yang potensial

  • Menyebabkan lendir di leher rahim menebal, sehingga sperma atau kuman lebih kecil kemungkinannya memasuki rahim

  • Menyebabkan suhu badan sedikit meningkat selama fase luteal dan tetap meningkat hingga periode menstruasi dimulai (peningkatan suhu ini sanggup dipakai untuk memperkirakan apakah ovulasi telah terjadi)

  • Selama sebagian besar fase luteal, tingkat estrogen tinggi. Estrogen juga menstimulasi endometrium untuk menebal.

  • Peningkatan kadar estrogen dan progesteron menyebabkan kanal susu di payudara membesar (melebar). Akibatnya, payudara sanggup membengkak dan menjadi lunak.


Jika telur tidak dibuahi atau jikalau telur yang dibuahi tidak ditanam, corpus luteum merosot sesudah 14 hari, kadar estrogen dan progesteron menurun, dan siklus menstruasi gres dimulai.


Jika embrio ditanamkan, sel-sel di sekitar embrio yang sedang berkembang mulai memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin. Hormon ini mempertahankan corpus luteum, yang terus menghasilkan progesteron, hingga janin yang tumbuh sanggup menghasilkan hormonnya sendiri. Tes kehamilan didasarkan pada pendeteksian peningkatan kadar human chorionic gonadotropin.



Sumber https://infoana.comm