Tuesday, July 3, 2018

√ Mengembalikan Widget Blogger Yang Terhapus

Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus √ Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus

Tentang widget Blogger

Sebagai salah satu blog engine yang cukup populer, Blogger telah menyediakan aneka macam fitur dan akomodasi yang diberikan kepada penggunanya. Termasuk akomodasi penggunaan dan fitur pengaturan tampilan yang gampang diadaptasi tergantung dengan impian penggunanya.

Salah satu fitur yang paling banyak dipakai oleh pengguna Blogger yaitu "Layout" atau yang dalam bahasa Indonesia sering dilihat pada bab "Tata Letak". Pada sajian Layout pengguna sanggup mengatur tampilan blog dengan lebih gampang dan cepat, diantaranya menambahkan atau menghapus widget.

Widget, atau yang dalam sajian Blogger disebut "Gadget", intinya merupakan sebuah tag khusus pada HTML Blogger yang memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi isi dari tag tersebut. Namun secara sederhananya widget di Blogger menyerupai sebuah "sticky note" yang sanggup ditempel di bab mana saja di halaman blog yang memungkinkan seperti, sidebar, header, maupun footer.

Widget, atau yang saya gambarkan sebagai "sticky note" tersebut sanggup diisi sesuai impian pemiliknya, contohnya diisi dengan daftar label postingan, profil penulis, arsip blog, daftar postingan ter-populer, bahkan dengan isyarat HTML apa saja yang diinginkan.

Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus √ Mengembalikan Widget Blogger yang Terhapus

Mengembalikan widget Blogger yang terhapus

Selain sanggup menambahkan widget, pengguna juga sanggup menghapus widget yang terpasang di blog, meskipun tidak semua widget tersebut sanggup dihapus alasannya yakni terdapat widget "wajib" yang dihentikan dihilangkan seperti, widget postingan dan header blog. Namun apa yang terjadi bila contohnya pengguna melaksanakan kesalahan dan menghapus widget yang sesungguhnya tidak ingin dihapus!?

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan sering melaksanakan backup terhadap isyarat HTML dan postingan blog, kau sanggup membacanya tips backup Blogger di sini. Selain sanggup meminimalisir kehilangan data, backup juga sanggup menjadi arsip perubahan blog yang sewaktu-waktu sanggup dipakai kembali, termasuk mengamankan widget blog.

Tetapi bila tidak sempat melaksanakan backup dan widget sudah terlanjur hilang, maka masih ada cara yang sanggup kau coba untuk menyelamatkan widget yang terhapus tersebut menyerupai sedia kala. Tapi ada syarat untuk sanggup mengembalikan widget tersebut, yaitu:
  1. Widget hilang lantaran dihapus bukan lantaran sudah di edit
  2. Perubahan yang terjadi sehabis widget di edit tidak sanggup dikembalikan
  3. Mengetahui nama id dari widget yang terhapus

Untuk syarat ketiga tersebut, kau perlu mengetahui nama id dari widget yang akan kau kembalikan. Untuk mengetahui nama id widget dengan gampang kau sanggup membacanya di sini. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bab Tema klik tombol Edit HTML
  3. Temukan isyarat <b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'>
  4. Tambahkan isyarat berikut di bawahnya
  5. <b:widget id='HTML4' locked='false' title='Nama Widget' type='HTML'/>
  6. Ganti bab HTML4 dengan nama id widget yang ingin kau kembalikan
  7. Refresh halaman tersebut dengan CTRL + R atau F5 pada keyboard
  8. Buka pada bab Tata Letak dan lihat widget gres yang muncul dan lihat isi dari widget tersebut

Setelah itu bila kau tidak yakin itulah isi dari widget tersebut kau sanggup mengganti lagi nama id widget dengan melaksanakan cara di atas. Khususnya bila nama id widget tidak sanggup diingat dengan baik. Itulah beberapa langkah yang sanggup kau lakukan untuk mengembalikan widget di blogger yang telah terhapus, biar artikel ini sanggup bermanfaat. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah, atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan hingga jumpa!
Sumber http://www.maringngerrang.com/