Monday, September 17, 2018

√ Anatomi Ginjal Dan Fungsinya

Ginjal ialah sepasang organ berbentuk kacang dengan warna coklat. Ginjal kiri terletak sekitar vertebra T12 ke L3, sedangkan ginjal kanan lebih rendah sebab sedikit perpindahan oleh hati. Ginjal Anda mempunyai panjang sekitar 10-12 cm. Mereka ditutupi oleh kapsul ginjal, yang merupakan kapsul keras dari jaringan ikat fibrosa. Mengikuti permukaan setiap ginjal ialah dua lapisan lemak untuk membantu melindungi mereka. Ada sisi cekung dari ginjal yang mempunyai depresi di mana arteri renal masuki, dan vena ginjal dan keluar ureter ginjal.


Ginjal terletak di dinding belakang rongga perut sempurna di atas pinggang, dan dilindungi oleh tulang rusuk. Mereka dianggap retroperitoneal, yang berarti mereka berada di balik peritoneum. Ada tiga wilayah utama dari ginjal, korteks ginjal, medula ginjal dan pelvis ginjal. Bagian luar, yaitu lapisan yang disebut korteks ginjal. Bagian dalam lapisan radial lurik ialah medula ginjal. Ini berisi piramida ginjal yaitu jaringan berbentuk piramida, dipisahkan oleh kolom ginjal. Ureter yang kontinu dengan pelvis ginjal dan merupakan sentra dari ginjal.


Ginjal ialah sepasang organ berbentuk kacang dengan warna coklat √ Anatomi ginjal dan fungsinya


Vena renalis


Vena ialah pembuluh darah ginjal yang menguras ginjal. Mereka menghubungkan ginjal ke vena cava inferior. Karena vena cava inferior di potongan kanan tubuh, vena renalis kiri umumnya lebih panjang dari yang kedua. Berbeda dengan vena ginjal kanan, vena renal kiri sering mendapatkan vena kiri gonad (t3st1s kiri vena pada laki-laki, meninggalkan vena ovarium pada wanita). Ini sering mendapatkan vena suprarenal kiri juga.


Arteri ginjal


Arteri ginjal biasanya muncul dari aorta abdominal dan memasok ginjal dengan darah. Pasokan arteri ginjal ialah berubah-ubah dan mungkin ada satu atau lebih arteri ginjal memasok setiap ginjal. Karena posisi aorta, vena cava inferior dan ginjal dalam tubuh, arteri ginjal kanan biasanya lebih panjang dari arteri ginjal kiri. Arteri ginjal kanan biasanya melintasi posterior ke vena cava inferior. Arteri ginjal membawa sebagian besar pedoman darah total ginjal. Hingga sepertiga dari total curah jantung sanggup melewati arteri ginjal untuk disaring oleh ginjal.


Ureter


Ureter ialah dua tabung yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih. Setiap ureter ialah tabung berotot dengan panjang sekitar 10 inci (25 cm). Otot-otot di dinding ureter mengirim urin dengan menyembur kecil ke dalam kandung kemih, (kantung dilipat ditemukan pada potongan depan dari rongga panggul tulang yang memungkinkan penyimpanan urine sementara). Setelah urin memasuki kandung kemih dari ureter, lipatan kecil di mukosa kandung kemih bertindak menyerupai katup mencegah pedoman mundur dari urin. Isi kandung kemih dikendalikan oleh otot sfingter. Ketika kandung kemih penuh merangsang saraf sensorik di dinding kandung kemih yang akan menciptakan rilek sfingter dan memungkinkan pelepasan urin. Namun, relaksasi sfingter juga potongan dari respon berguru di bawah kontrol sadar. Urin dirilis memasuki uretra.


Kandung Kemih


Kandung kemih ialah organ berongga, berotot dan distensible atau lentur yang duduk di lantai panggul (prostat superior pada laki-laki). Di perbatasan anterior yang terletak simfisis pubis dan, di perbatasan posterior nya, v@gin@ (pada wanita) dan rektum (pada laki-laki). Kandung kemih sanggup menampung sekitar 17 hingga 18 ons (500-530 ml) air seni, namun harapan untuk berkemih biasanya dialami ketika mengandung sekitar 150 hingga 200 ml. Ketika kandung kemih diisi dengan air kencing (sekitar setengah penuh), peregangan reseptor mengirimkan impuls saraf ke sumsum tulang belakang, yang kemudian mengirimkan impuls saraf refleks kembali ke sfingter (katup otot) pada leher kandung kemih, menimbulkan ia untuk rileks dan memungkinkan pedoman urin ke uretra. Ureter masuk kandung kemih secara diagonal dari lantai dorsolateral di sebuah tempat yang disebut trigonum. Trigonum ialah tempat berbentuk segitiga pada dinding postero-inferior kandung kemih. Uretra keluar pada titik terendah dari segitiga dari trigonum. Urin di kandung kemih juga membantu mengatur suhu tubuh. Kandung kemih ketika beroperasi secara normal mengosongkan sepenuhnya ketika pengeluaran lengkap, kalau tidak menyerupai itu ialah tanda bahwa elastisitas terganggu, ketika menjadi benar-benar kosong dari cairan, sanggup menjadikan sensasi hambar sebab perubahan yang cepat dari suhu tubuh.


Uretra


Uretra ialah tabung berotot yang menghubungkan kandung kemih dengan luar tubuh. Fungsi uretra ialah untuk menghilangkan urin dari tubuh. Uretra mempunyai ukuran sekitar 1,5 inci (3,8 cm) pada seorang perempuan tetapi hingga 8 inci (20 cm) pada seorang pria. Karena uretra begitu lebih pendek pada perempuan itu menciptakan lebih gampang bagi seorang perempuan untuk mendapatkan bakteri berbahaya dalam kandung kemihnya ini biasa disebut bisul kandung kemih atau UTI. Bakteri yang paling umum dari ISK ialah E-c0l1 dari usus besar yang telah diekskresikan dalam tinja.


Pada perempuan manusia, uretra ialah sekitar 1-2 inci panjang dan terbuka di vulva antara klitoris dan v@gin@.


Pria mempunyai uretra yang lebih panjang daripada wanita. Ini berarti bahwa perempuan cenderung lebih rentan terhadap bisul kandung kemih (sisti-tis) dan terusan kemih.


Uretra Pria


Pada laki-laki manusia, uretra ialah sekitar 8 inci panjang dan terbuka di simpulan kepala pe-nis.


Panjang uretra laki-laki itu, dan fakta itu berisi sejumlah tikungan, menciptakan kateterisasi lebih sulit.


Sfingter uretra ialah nama kolektif untuk otot yang dipakai untuk mengontrol pedoman urin dari kandung kemih. Otot-otot ini mengelilingi uretra, sehingga ketika mereka berkontraksi, uretra ditutup.


Ada dua wilayah yang berbeda dari otot: sfingter internal di leher kandung kemih dan

sfingter eksternal, atau distal.


Manusia laki-laki mempunyai otot sphincter lebih besar lengan berkuasa daripada perempuan, yang berarti bahwa mereka sanggup mempertahankan sejumlah besar urin untuk dua kali lebih lama, sebanyak 800ml.


Nefron


Nefron ialah unit struktural dan fungsional dasar dari ginjal. Nama nefron berasal dari kata Yunani (nephros) berarti ginjal. Fungsinya ialah untuk mengatur air dan zat terlarut dengan menyaring darah, penyerapan kembali apa yang diperlukan dan buang sisanya sebagai urin. Nefron menghilangkan limbah dari tubuh, mengatur volume darah dan tekanan, tingkat kontrol elektrolit dan metabolit, dan mengatur pH darah. Fungsinya sangat penting untuk kehidupan dan diatur oleh sistem endokrin oleh hormon menyerupai hormon antidiuretik, aldosteron, dan hormon paratiroid.


Setiap nefron mempunyai pasokan sendiri darah dari dua tempat kapiler dari arteri ginjal. Setiap nefron terdiri dari komponen awal penyaringan (sel darah ginjal) dan tubulus khusus untuk reabsorpsi dan sekresi (tubulus ginjal). Sel darah ginjal menyaring zat terlarut besar dari darah, air menunjukkan dan zat terlarut kecil ke tubulus ginjal untuk modifikasi.


Glomerulus


Glomerulus ialah seberkas kapiler yang mendapatkan suplai darah dari arteri aferen dari sirkulasi ginjal. Tekanan darah glomerulus menunjukkan kekuatan pendorong untuk cairan dan zat terlarut yang akan disaring keluar dari darah dan ke dalam ruang yang dibentuk oleh kapsul Bowman. Sisa darah yang tidak disaring ke glomerulus masuk ke dalam eferen arteriol. Kemudian bergerak ke recta vasa, yang mengumpulkan kapiler terkait dengan tubulus melalui ruang intersti-tial, di mana zat yang diserap juga akan masuk. Hal ini kemudian menggabungkan dengan venula eferen dari nefron lain ke dalam vena renal, dan bergabung kembali dengan darah utama.



Sumber https://infoana.comm