Saturday, September 15, 2018

√ Lapisan Jaringan Usus Besar Dan Fungsinya

Usus besar yaitu struktur ibarat tabung yang mempunyai panjang sekitar 60 in dan diameter 2 in. Lebih lanjut dibagi lagi menjadi sekum, yang merupakan awal, atau pembukaan, usus besar; usus besar asenden; usus transversum; usus desenden, dan kolon sigmoid, yang berlanjut ke rektum. Seperti di usus kecil, dinding usus besar juga dibagi menjadi empat lapisan: serosa, muskularis eksterna, submukosa, dan mukosa.


Usus besar terdiri dari empat lapisan jaringan, ibarat dengan kawasan lain pada jalan masuk pencernaan. Ini termasuk:


Mukosa: Ini yaitu lapisan terdalam dan terbuat dari jaringan epitel kolumnar sederhana, membuatnya halus (dibandingkan dengan usus kecil, yang mengandung vili, tonjolan kecil ibarat jari). Banyak kelenjar mengeluarkan lendir ke dalam lumen cuilan dalam usus besar, yang melumasi permukaannya dan melindunginya dari partikel makanan abrasif.


Submukosa: Mukosa dikelilingi oleh submukosa, yang merupakan lapisan pembuluh darah, saraf dan jaringan ikat yang mendukung lapisan lain dari usus besar.


Muskularis: submukosa dikelilingi oleh muskularis, yang berisi banyak lapisan sel otot visceral yang berkontraksi dan memindahkan produk limbah melalui usus besar dalam proses yang dikenal sebagai peristalsis.


Serosa: Lapisan terluar, yang dikenal sebagai serosa, yaitu lapisan tipis jaringan epitel skuamosa sederhana. Serosa mengeluarkan cairan lembap yang menyediakan pelumasan untuk permukaan usus yang melindungi dari kerusakan sebab kontak dengan organ perut lainnya serta otot dan tulang batang bawah yang mengelilinginya.



Sumber https://infoana.comm