Monday, November 12, 2018

√ Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap

Cara Daftar Dan Login Simpatika Online – Sejak tanggal 29 Juni 2015 kemudian Aplikasi Padamu Negeri resmi ditutup atau tidak dipakai lagi. Apakah Operator Madrasah berhenti melaksanakan penjaringan data Madrasahnya? Jawabannya tidak! Karena sesudah ditutupnya website aplikasi Padamu Negeri maka Operator Madrasah melaksanakan penjaringan data guru serta data tenaga kependidikan melalui SIMPATIKA Online Kemenag.


Baca Juga : Download Aplikasi Desktop EMIS Pendis Kemenag Ganjil 2015


Jika Sekolah dibawah kelola Kemendiknas sesudah ditutupnya Aplikasi Padamu Negeri maka melaksanakan penjaringan data hanya melalui satu pintu DAPODIK. Namun berbeda dengan Madrasah dibawah naungan Kemenag, selain harus input data di EMIS Pendis dan juga melaksanakan penjaringan data PTK dan Siswa di Simpatika Online Kemeneg.


Semoga untuk kedepannya bagi Sekolah dibawah naungan Kemenag menyerupai RA, MI, MTs, dan MA melaksanakan penjaringan data PTK dan Siswa hanya dilakukan melalui satu pintu saja, yaitu EMIS Pendis. Tentu saja dengan banyaknya kewajiban Operator Madrasah dalam hal penjaringan data hal ini sangat menyita waktu.


Kecuali kalau kesejahteraan Operator Madrasah sangat diperhatikan …


Ok lanjut ke materi … Simpatika ialah aplikasi penjaringan data Online untuk melaksanakan input data Madrasah, PTK, dan Siswa. Simpatika ialah aplikasi lanjutan dari layanan Padamu Negeri yang khusus untuk memenuhi kebutuhan Madrasah dibawah naungan Kemenag.


Umumnya mekanisme layanan Simpatika masih sama dengan aplikasi layanan Padamu Negeri. Dari kedua layanan ini yang berbeda hanya terletak pada saat kita ingin Login saja.


Berikut Cara Login Simpatika Online Kemenag Terbaru


Untuk login di Simpatika Online Kemenag pertama kita harus mengakses URL simpatika.kemenag.go.id. Kemudian Anda klik Login.


 kemudian Aplikasi Padamu Negeri resmi ditutup atau tidak dipakai lagi √ Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap


Setelah klik Login, Anda scroll mouse ke bawah sampai menemukan tombol untuk proses login selanjutnya. Jika dilihat sekilas, tampilan login di Simpatika masih sama dengan Padamu Negeri. Disini Anda tinggal klik Login PTK/Admin.


 kemudian Aplikasi Padamu Negeri resmi ditutup atau tidak dipakai lagi √ Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap


Nanti browser Anda akan diredirect ke halaman Siap Online. Silakan disini Anda masukkan akun PTK Anda, menyerupai : Email, Pegawai ID, NUPTK, atau akun SIAP ID. Kemudian jangan lupa masukkan juga Kata Sandi (Password) akun PTK Anda.


Seluruh akun untuk keperluan Login di Simpatika ini masih sama dengan akun aplikasi Padamu Negeri.


Terakhir klik Masuk ….


 kemudian Aplikasi Padamu Negeri resmi ditutup atau tidak dipakai lagi √ Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap


Untuk langkah selanjutnya tidak perlu saya terangkan lebih rinci lagi. Karena halaman selanjutnya atau saat Anda sudah berhasil Login maka tampilannya masih menyerupai halnya saat Anda login melalui pintu Padamu Negeri.


Lalu Apa Perbedaan Layanan Simpatika Online Kemenag dengan Padamu Negeri?


Meskipun banyak kesamaan antara Simpatika Online Kemenag dengan Padamu Negeri, tapi terdapat perbedaannya juga. Berikut perbedaan lengkapnya dari kedua layanan penjaringan data online ini :


1. PTK Bisa Cetak Kartu Digital Sendiri


Di Simpatika Online Kemenag setiap Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) kecuali Kepala Madrasah dan Pengawas sanggup melaksanakan cetak Kartu Digital sendiri. Dimana Kartu Digital ini ialah kartu sebagai bukti keaktifan PTK pada setiap semesternya.


Dulu saat di Padamu Negeri jikalau ingin mencetak Kartu Digital maka harus menunggu selesainya pengisian Jadwal Kelas (S25a dan S25b). Saat ini di Simpatika Online Kemenag, jikalau PTK ingin mencetak Kartu Digital cukup login di Simpatika Online memakai akun PTK masing-masing.


2. Tentang Mutasi PTK


Jika PTK ingin mengajukan permohonan Mutasi dari Sekolah naungan Kemendiknas ke Madrasah Kemenag atau sebaliknya, maka proses persetujuannya sanggup pribadi diproses oleh Operator Madrasah tingkat Kemenag Kabupaten/Kota setempat.


3. Pencarian PTK di Simpatika


Website aplikasi Simpatika Online dikhususkan bagi seluruh PTK atau Madrasah dibawah naungan Kemenag saja. Begitupun web tersebut memuat pencarian PTK khusus naungan Kemenag. Selain itu pencarian PTK juga berlaku bagi setiap Guru Pendidikan Agama yang Satminkalnya di Sekolah Kemendiknas.


4. Tentang Jadwal Kelas Mengajar


Ketika di Padamu Negeri pembuatan Jadwal Kelas Mengajar hanya sanggup dilakukan oleh akun Admin/Operator Madrasah. Namun di Simpatika perhitungan JJM dilakukan dan kiprah wewenang Kepala Madrasah. Dengan begitu pembuatan Jadwal Kelas dilakukan melalui akun Simpatika Kepala Madrasah.


5. Keterlibatan Kanwil Kemenag


Setelah diaktifkannya aplikasi penjaringan data Simpatika Online, Kanwil Kemenag diberikan kanal untuk aktif di Simpatika. Kanwil Kemenag dalam hal ini bertindak sebagai pengganti dari LPMP saat di Padamu Negeri.


Apapun proses penjaringan data di Simpatika nantinya harus melalui persetujuan Operator/Admin Kanwil Kemenag, menyerupai : Inpassing, Sertifikasi Guru, NUPTK, Tunjangan Fungsional, NRG, dan sebagainya.


Mungkin untuk sementara gosip perubahan penjaringan data khusus bagi Madrasah Kemenag dicukupkan sekian saja. Insya Allah nanti jikalau ada gosip gres saya akan kembali menyebarkan disini


Semoga goresan pena Cara Login Simpatika Online Kemenag ini ada keuntungannya khusus bagi Operator Madrasah se-Indonesia.



Sumber http://info-menarik.nett