Sunday, November 11, 2018

√ Cara Menciptakan Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag

Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah – Apakah Sekolah/Madrasah Anda sudah mempunyai website? Jika belum, layanan SIAP Sekolah menyediakan kemudahan pembuatan website Sekolah/Madrasah secara gratis. Tentunya hal ini sebuah kesempatan baik untuk memperkenalkan Sekolah/Madrasah kita ke dunia publik melalui Web Sekolah/Madrasah.



Baca Juga : Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama



Kita sanggup saja menciptakan Website Sekolah/Madrasah gratis memakai layanan Blogger, WordPress, dan sebagainya. Namun satu hal yang harus diperhatikan, bahwa Web Sekolah/Madrasah biasanya berisi beberapa konten penting wacana dokumen Sekolah. Contohnya Web Sekolah/Madrasah didalamnya berisi Profil Sekolah yang meliputi Visi Misi Sekolah dan sebagainya. Dan juga umumnya Web Sekolah/Madrasah berisi konten Akademik menyerupai Jadwal Pelajaran, Kalender Akademik, dan sebagainya.


Jika kita menciptakan Website Sekolah/Madrasah gratis memakai layanan selain layanan SIAP Sekolah, maka kita harus menciptakan sendiri secara manual seluruh konten keperluan dokumen sekolah.


Namun bila kita menciptakan Website Sekolah/Madrasah memakai subdomain SIAP Sekolah, kita tidak lagi direpotkan untuk melengkapi konten Web Sekolah. Alasannya alasannya Web Sekolah/Madrasah terintegrasi dengan akun layanan SIAP Sekolah.


Keuntungan Lain Membuat Website Sekolah/Madrasah Di SIAP Sekolah


Selain klarifikasi diatas masih terdapat laba lainnya bila kita menciptakan Website Sekolah/Madrasah di layanan SIAP Sekolah, diantaranya :



  1. Layanan SIAP Sekolah yang mudah, nyaman, dan lengkap sehingga cocok bagi Anda yang belum paham wacana tata cara mengelola Website;

  2. Pengelolaan Website dilakukan secara mandiri, yaitu melalui akun Sekolah/Madrasah di layanan SIAP Sekolah;

  3. Masyarakat/Orang bau tanah Siswa sanggup dengan gampang mengakses secara online seluruh informasi wacana Sekolah/Madrasah Anda;

  4. Fitur layanan SIAP Sekolah selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini (UpToDate).


Fitur Gratis Yang Akan Didapat Dari Layanan SIAP Sekolah


1. Hosting dan Domain Gratis


Seperti yang sudah kita tahu bahwa dalam menciptakan website harus ada Hosting dan Domain. Dengan menciptakan website di layanan SIAP Sekolah, kita tidak perlu direpotkan dengan pengaturan domain dan hosting. Kemudian kita juga tidak akan dibebankan untuk membayar biaya sewa domain dan hosting. Domain gratis yang diberikan oleh layanan SIAP Sekolah yaitu http://(npsn).siap-sekolah.com.


2. Content Management System


CMS yang dipakai oleh layanan SIAP Sekolah yaitu memakai CMS WordPress. Bagi Anda yang sudah biasa menciptakan dan mengelola website atau blog di WordPress tentunya hal ini bukan duduk kasus lagi. Namun bagi Anda yang pemulapun atau yang gres mengenal apa itu website tidak perlu takut. Karena CMS WordPress dari layanan SIAP Sekolah sudah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan Anda dalam melaksanakan pemutakhiran informasi di Web Sekolah/Madrasah.


3. Desain Elegan serta Menarik


Agar Web banyak disukai pengunjung maka kita harus melaksanakan desain pada Web semenarik mungkin. Dalam hal ini Admin/Operator Sekolah/Madrasah tidak perlu direpotkan untuk menciptakan tampilan Web menjadi elegan dan menarik. Karena website yang diberikan oleh SIAP Sekolah mempunyai desain yang menarik. Informasi yang ditampilkan di Web Sekolah/Madrasah sudah diatur otomatis dan dirancang sedemikian rupa semoga menarik minat pengunjung.


4. Kapasitas (Space) 1GB (Premium)


Sayangnya kemudahan ini kini sudah tidak gratis lagi. Jika kita ingin mendapat space 1GB harus beralih dari layanan gratis ke layanan berbayar (premium).


5. Domain .sch.id (Premium)


Jika kita beralih ke layanan Web Sekolah/Madrasah berbayar maka kita akan mendapat domain .sch.id. Artinya nanti domain Web Sekolah/Madrasah tidak lagi memakai subdomain SIAP Sekolah.


Domain sch.id yaitu domain resmi Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jika kita ingin beralih ke layanan berbayar, kita cukup mengeluarkan biaya Rp. 55.000/tahun. Ini yaitu harga sewa domain yang murah, dibanding kita membeli domain di layanan lain.


6. Email Resmi Sekolah/Madrasah


Email resmi sekolah juga kita sanggup bila kita beralih ke layanan Web Sekolah/Madrasah berbayar. Sekolah/Madrasah akan mendapat alamat email resmi yang memakai domain Sekolah/Madrasah kita. Contoh bila domain Web Sekolah/Madrasah yaitu www.sekolahku.sch.id maka emailnya yaitu guruteladan@sekolahku.sch.id.


Sekolah/Madrasah akan dibantu untuk didaftarkan ke kemudahan layanan Google Apps for Education. Akun email yang akan kita peroleh yaitu sebanyak 200 email serta kapasitas per-emailnya mulai dari 7GB.


Berikut Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Di SIAP Sekolah Melalui Simpatika


Apa itu Simpatika? Sejak bulan Juni 2015 kemudian website Padamu Negeri resmi ditutup. Seluruh Sekolah dibawah kelola Kemendiknas melaksanakan penjaringan data Sekolah cukup melalui DAPODIK. Sedangkan bagi Madrasah di bawah naungan Kemenag melaksanakan penjaringan data melalui SIMPATIKA.



Baca Juga : Cara Daftar Dan Login Simpatika Online Kemenag Terbaru Terlengkap



Dengan adanya aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag, seluruh data Madrasah yang semula di Padamu Negeri dialihfungsikan menjadi ke layanan Simpatika. Begitupun juga bila Madrasah ingin menciptakan Website Madrasah maka dilakukan dari layanan Simpatika.


Berbeda ketika masih di Padamu Negeri, seluruh kanal akun Madrasah dilakukan dari akun Admin/Operator Madrasah. Namun pada layanan Simpatika, akun Madrasah dikendalikan dan wewenang akun Kepala Madrasah.


Sebelumnya Madrasah juga diwajibkan untuk mengaktifkan Web Madrasah melalui subdomain KKMI. Namun Web Madrasah ini hanya untuk Madrasah anggota KKMI Jawa Barat saja.


Ok kini mari kita mulai saja Bagaimana Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah melalui aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag?


Pertama silakan Anda kanal URL Simpatika Online Kemenag di simpatika.kemenag.go.id dan Login memakai akun Kepala Madrasah. Kemudian Anda pilih Layanan Padamu Negeri SEKOLAH.


 layanan SIAP Sekolah menyediakan kemudahan pembuatan website Sekolah √ Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag


Kemudian Anda klik pilih hidangan Publikasi & Dokumen dan klik pilih juga link Lihat semua fitur.


 layanan SIAP Sekolah menyediakan kemudahan pembuatan website Sekolah √ Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag


Disini Anda cukup klik pilih Aktifkan Web Sekolah.


 layanan SIAP Sekolah menyediakan kemudahan pembuatan website Sekolah √ Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag


Kemudian Anda centang (cheklist) Dengan ini saya menyetujui Ketentuan Layanan, Keamanan dan Privasi yang berlaku dan klik pilih Aktifkan.


 layanan SIAP Sekolah menyediakan kemudahan pembuatan website Sekolah √ Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag


Perlu Anda ketahui, bahwa bila kita telah mengaktifkan Web Sekolah/Madrasah tidak akan eksklusif aktif. Hal ini tergantung antrian server aplikasi layanan Simpatika. Kita harus menunggu maksimal hingga 1 jam untuk mengaktifkan SIAP Website Sekolah hingga Website Sekolah/Madrasah sanggup kita gunakan.


Untuk mengetahui proses pengaktifan Web Sekolah/Madrasah hingga sanggup digunakan, silakan Anda kembali ke halaman Publikasi & Dokumen atau halaman ketika Anda mengaktifkan Web Sekolah/Madrasah beberapa ketika kemudian. Atau sanggup juga dengan menekan F5 untuk merefresh halaman.


Jika Web Sekolah/Madrasah sudah sanggup digunakan, maka pada list Website Sekolah akan ditemukan link Buka Website Sekolah, Kelola Website Sekolah, dan Lihat Berita Terbaru.


 layanan SIAP Sekolah menyediakan kemudahan pembuatan website Sekolah √ Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag


Nanti domain Web Sekolah/Madrasah Anda yaitu http://(npsn).siap-sekolah.com dan untuk masuk ke halaman Dashboard masuk ke halaman http://(npsn).siap-sekolah.com/wp-admin.


Walaupun banyak fitur serta kelebihan dari layanan Web Madrasah SIAP Sekolah, tapi terkadang ditemukan kelemahannya. Diantaranya alasannya hosting yang diberikan dibagi dengan Web Sekolah lainnya se-Indonesia, maka server sering kehabisan bandwith. Efeknya Web Sekolah tidak sanggup diakses alasannya padatnya antrian.


Jika kita ingin lebih leluasa lagi, maka sangat disarankan untuk migrasi ke layanan berbayar (premium). Sehingga Web Sekolah/Madrasah sanggup diakses dengan cepat dan tentunya akan memperlihatkan kenyamanan terhadap pengunjung.


Mungkin hanya itu saja tutorial Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah melalui aplikasi layanan Simpatika Online Kemenag. Semoga goresan pena ini ada keuntungannya dan salam pendidikan Indonesia.



Sumber http://info-menarik.nett