Kata saintifik intinya mengacu kepada pada kata sains. Makna harfiah dari kata sains ialah ilmu nyata, ilmu eksak, yang berkaitan dengan matematika dan ilmu alam. Dalam pembelajaran yang diusung oleh Kurikulum 2013, metode yang digunakan dalam sains tersebutlah yang dijadikan sebagai pendekatan dalam pembelajaran. Makara pendekatan saintifik yang diberlakukan oleh kurikulum 2013 bukan berarti pendekatan yang hanya mempelajari matematika dan ilmu alam.
Kurikulum 2013 menyebarkan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik. (Permendikbud Nomor 54/2013) Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi penerima didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?
Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan pembiasaan dari metode ilmiahnya ilmu sains. Dari metode ilmiah inilah lahir langkah-langkah pembelajaran yang menuntut siswa aktif (nanti akan tergambar dalam artikel selanjutnya). Langkah-langkah pembelajaran pada pendekatan saintifik ini intinya berbasis pada fakta dari objek yang diamati, diolah, dianalisis, dan diuji.
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas acara mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Kurikulum 2013 menyebarkan perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik. (Permendikbud Nomor 54/2013) Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi penerima didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?
Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan pembiasaan dari metode ilmiahnya ilmu sains. Dari metode ilmiah inilah lahir langkah-langkah pembelajaran yang menuntut siswa aktif (nanti akan tergambar dalam artikel selanjutnya). Langkah-langkah pembelajaran pada pendekatan saintifik ini intinya berbasis pada fakta dari objek yang diamati, diolah, dianalisis, dan diuji.
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas acara mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah Pertama ialah MENGAMATI
Langkah mengamati secara umum diartikan sebagai langkah merangsang panca indera siswa untuk mengamati suatu objek. Kegiatan berguru yang dilakukan pada langkah mengamati ialah membaca, mendengar, menyimak, dan melihat.
Langkah Kedua ialah MENANYA
Langkah menanya merupakan langkah yang mengupayakan siswa mempunyai rasa ingin tau terhadap objek yang diamatinya. Pada langkah ini guru dituntut mempunyai keterampilan bertanya dasar maupu bertanya lanjut. Meskipun intinya guru melaksanakan acara tanya jawab dengan siswa, namun tujuan bekerjsama ialah mengupayakan siswa mempunyai kemampuan aktif bertanya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada langkah menanya ini berupa siswa mengajukan pertanyaan ihwal isu yang tidak dipahami dari objek yang diamatinya.
Langkah Ketiga ialah MENGUMPULKAN INFORMASI ATAU EKSPERIMEN
Langkah mengumpulkan isu atau eksperimen merupakan langkah pengumpulan fakta dari apa yang diamati siswa. Fakta-fakta yang didapatkan dari pengamatan suatu objek dan yang telah dipertanyakannya dikumpulkan dalam suatu daftar atupun lembar kerja. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada langkah mengumpulkan isu ialah melaksanakan percobaan atau eksperimen, membaca literatur, menuliskan hasil pengamatan dari suatu objek, dan mewawancarai narasumber.
Langkah Keempat ialah MENGASOSIASIKAN ATAU MENGOLAH INFORMASI
Langkah mengasosiasikan atau mengolah isu merupakan langkah pembelajaran yang mengupayakan siswa mengolah fakta-fakta yang telah dikumpulkannya. Dari hasil pengolahan itu akan dihasilkan kesimpulan sementara dari objek yang menjadi bahan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada langkah mengasosiasikan ini ialah mendiskusikan hasil pengamatan dan menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang telah dikumpulkan.
Langah Kelima ialah MENGKOMUNIKASIKAN
Kegiatan mengkomunikasikan merupakan acara memberikan hasil olahan informasi. Siswa pada langkah ini diminta untuk memberikan hasil diskusinya (jika pembelajaran ditempuh dengan metode diskusi). Kegiatan pembelajaran yang berlangsung selama mengkomunikasikan ialah memberikan hasil pengolahan isu secara lisan, tertulis, atau media lainnya.
Prinsip-prinsip acara pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013, ialah :
- peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu;
- peserta didik berguru dari banyak sekali sumber belajar;
- proses pembelajaran memakai pendekatan ilmiah;
- pembelajaran berbasis kompetensi;
- pembelajaran terpadu;
- pembelajaran yang menekankan pada balasan divergen yang mempunyai kebenaran multi dimensi;
- pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
- peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills;
- pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
- pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan kreativitas penerima didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
- pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
- pemanfaatan teknologi isu dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
- pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya penerima didik; dan
- suasana berguru menyenangkan dan menantang.
Sumber http://ktsp-sd.blogspot.com