Monday, March 19, 2018

√ Pengertian Pasar, Fungsi, Peran, Jenis Dan Kegunaan

Assalammualaikum, Selamat tiba di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas perihal pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Pasar“. Berikut dibawah ini penjelasannya:


 Disini Ibu Guru akan membahas perihal pelajaran  √ Pengertian Pasar, Fungsi, Peran, Jenis dan Kegunaan



Pengertian Pasar


Secara sederhana pasar ialah sebagai tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Pengertian tersebut, ternyata bersifat tradisional lantaran dengan kemajuan teknologi dan informasi, pembelian dan penjualan barang tidak harus bertemu secara eksklusif pada suatn tempat, tetapi pembeli sanggup memesan barang melalui telepon, surat, atau internet.


Pasar ialah sebagai situasi saat seruan (pembeli) dan penawaran (penjual) bertemu untuk melaksanakan transaksi. Barang yang diperjualbelilcan merupakan barang dan jasa hasil produksi, atau berupa faktor-faktor produksi. Misalnya, pasar tenaga keija dan pasar modal.




Pengertian Pasar Menurut Para Ahli


Berikut dibawah ini terdapat beberapa pengertian pasar berdasarkan para ahli, antara lain:




1. Menurut William J.Stanton


Pasar yaitu sekumpulan orang yang mempunyai impian untuk puas, uang yang dipakai untuk berbelanja, serta mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.




2. Menurut Wikipedia


Pasar yaitu institusi, sistem, kekerabatan sosial, prosedur, serta infrastruktur di mana terdapat perjuangan untuk menjual barang, tenaga kerja serta jasa untuk sekumpulan orang dengan imbalan uang.




3. Menurut Kotler dan Amstrong


Pasar yaitu seperangkat pembeli nyata dan juga potensial dari suatu produk atau jasa.




4. Menurut KBBI


Pasar yaitu tempat sekumpulan orang melaksanakan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk sanggup mencari derma.




5. Menurut Handri Ma’aruf


Pasar yaitu sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapat jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.




Fungsi Pasar


Berikut dibawah ini terdapat beberapa fungsi pasar, antara lain:



  • Sebagai Distribusi Produk

  • Sebagai Penetapan Harga atau Nilai

  • Sebagai Promosi

  • Sebagai Penyerapan Tenaga Kerja

  • Sebagai Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang




Peran Pasar dalam Perekonomian


Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang penting. Bagi konsumen, adanya pasar akan mempermudah dalam memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari. Adapun bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mempermudah proses penyaluran barang hasil produksi. Secara umum, terdapat beberapa tugas dalam perokonomian, antara lain:






  • Pasar Sebagai Sarana Distribusi




Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dengan adanya pasar, produsen sanggup berafiliasi dengan konsumen, baik secara eksklusif maUpun tidak eksklusif untuk mengatakan hasil produksinya.






  • Pasar Sebagai Pembentuk Harga




Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk ber-transaksi. Interaksi antam pembeli dan penjual di pasar akan mendorong ter-bentuknya harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.






  • Pasar Sebagai Sarana Promosi




Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat untuk memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa perihal manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarilc minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Biasanya produsen yang mengatakan barang dengan harga murah dan kualitasnya elok alcan menjadi pilihan konsumen.




Jenis-Jenis Pasar


Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pasar, antara lain:




1. Berdasarkan Waktu


Berdasarkan waktu, terdapat beberapa jenis pada bab ini, yakni sebagai  berikut:





  • Pasar Harian


Pasar harian ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau seruan setiap hari. Produk yang diperjualbelikan diantaranya kebutuhan sehari-hari, baik barang konsumsi maupun bahan-bahan produksi.





  • Pasar Mingguan


Pasar mingguan ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau seruan seminggu sekali. Pasar ini biasanya terjadi di daerah-daerah pedesaan yang jumlali penduduknya belum terlalu padat, sehingga kegiatan interaksi dan jumlah kebutuhan mereka belum menyerupai di kawasan yang padat penduduknya.





  • Pasar Bulanan


Pasar bulanan ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau seruan sebulan sekali. Mereka yang tiba di pasar ini biasanya yaitu para pembeli yang akan membeli barang untuk dijual kembali menyerupai pasar ternak sapi dan sebagainya. Demikian juga dari penjual, umumnya yang tiba ke pasar ini yaitu para piedagang barang tertentu.





  • Pasar Tahunan


Pasar tahunan ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau seruan setahun sekali dalam rangka *nemperingati insiden tertentu. Misalnya Pekan Raya Jakarta {Jakarta Fair) yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta.




2. Berdasarkan Nyata dan Tidak Nyatanya


Berdasarkan nyata dan tidak nyatanya, terdapat beberapa jenis pada bab ini, yakni sebagai  berikut:





  • Pasar Abstrak


Pasar absurd ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau seruan dengan tidak menghadirkan barang yang diperjualbelikan, melainkan hanya contoh-contoh dari barang tersebut. Seperti pasar valuta aneh dan pasar modal.





  • Pasar Konkret


Pasar Konkret ialah pasar yang mempertemukan penjual atau penawaran dan pembeli atau seruan dengan secara eksklusif menghadirkan barang yang akan diperjualbelikan sehingga saat terjadi proses transaksi, barang sanggup eksklusif diserah terimakan.




3. Berdasarkan Jenis Barang


Berdasarkan jenis barang, terdapat beberapa jenis pada bab ini, yakni sebagai  berikut:





  • Pasar Barang Konsumsi atau Pasar Output


Pasar barang konsumsi atau pasar output ialah pasar yang memperjualbelikan barang-barang kosumsi, menyerupai barang-barang kebutuhan pokok, elektronik, telepon seluler, dan sebagainya.





  • Pasar Faktor Produksi atau Pasar Input


Pasar faktor produksi atau pasar input ialah pasar yang memperjualbelikan faktor produksi menyerupai sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.




4. Berdasarkan Jangkauan Distribusinya


Berdasarkan jangkauan distribusinya, terdapat beberapa jenis pada bab ini, yakni sebagai  berikut:





  • Pasar Lokal


Pasar Lokal atau pasar tradisional ialah pasar yag jangkauan distribusinya hanya mencakup kawasan sekitar pasar itu berada. Barang-barang yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan masyarakat sekitar pasar tersebut, contohnya sayur-sayuran, ikan, beras, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.





  • Pasar Daerah


Pasar kawasan ialah pasar yang mempertemukan pedagang-pedagang menengah yang melayani pedagang kecil atau pedagang eceran. Barang-barang yang diperjualbelikan merupakan barang-barang konsumsi hasil industri menyerupai sabun, teh, kopi, pakaian, dan sebagainya.





  • Pasar Nasional


Pasar nasional ialah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang diperlukan konsumen di seluruh wilayah suatu Negara. Barang yang diperdagangkan berupa barang konsumsi menyerupai kendaraan bermotor, barang produksi menyerupai onderdil mobil, surat berharga menyerupai saham dan obligasi dan valuta aneh menyerupai dollar Amerika.





  • Pasar Internasional


Pasar internasional ialah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang konsumennya mencakup dunia internasinal. Kegiatan jual beli dilakukan melalui kegiatan impor dan ekspor menyerupai ekspor tekstil, impor mobil, dan sebagainya.




5. Berdasarkan Strukturnya


Berdasarkan strukturnya, terdapat beberapa jenis pada bab ini, yakni sebagai  berikut:





  • Pasar Persaingan Sempurna


Pasar Persaingan Sempurna yaitu pasar yang mempunyai karaktersitik sebagai berikut:



  1. Homogenitas Produk (Homogeneous Product), ialah produk yang diperjualbelikan homogen atau sejenis.

  2. Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge), ialah pengetahuan konsumen dan produsen tepat perihal produk dan harga sehingga tidak ad a satu orang produsen dan konsumen pun yang bisa memilih harga, harga ditentukan oleh kekuatan seruan dan penawaran yang berinteraksi secara alami di pasar.

  3. Output Perusahaan Belatif Kecil (Small Relativity Output), ialah jumlah barang di pasar sangat banyak sehingga output perusahaan hanya bab kecil dari output yang ada di pasar.

  4. Perusahaan Menerima Harga yang Ditentukan Pasar {Price Taker), ialah harga ditentukan oleh mekanisme pasar, hasil interaksi secara alamiah antara seruan dan penawaran.

  5. Keleluasaan Keluar Masuk Pasar {Free Entry and Exit), ialah terdapat kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pasar tanpa kendala masuk atau kendala keluar.





  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar yang mempunyai karakteristik kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Pada pasar ini, penjual bisa memilih harga dan jumlah barang sehingga diperoleh laba yang maksimal, barang-barang yang diperjualbelikan terdiferensiasi yaitu untuk jenis yang sama mempunyai aneka macam variasi atau ragam corak dan bentuk, sehingga konsumen sanggup membedakan dan melaksanakan pilihan secara bebas. Barang-barang yang terdiferensiasi tersebut sanggup dibedakan melalui kualitas.wama, bentuk,ukuran,merek, aroma, pelayanan dan sebagainya.




6. Berdasarkan Jumlah Penjual


Berdasarkan jumlah penjual, terdapat beberapa jenis pada bab ini, yakni sebagai  berikut:





  • Pasar Persaingan Sempurna


Pasar persaingan tepat ialah pasar yang jumlah penjualnya banyak dengan produk yang homogen atau sama persis. Seperti pasar bunga, pasar tahu tempe dan lain-lain.





  • Pasar Monopoli


Pasar monopoli ialah pasar yang penjualnya hanya satu orang sehingga tidak ada persaingan sama sekali. Seperti pasar listrik yang dimonopoli PLN, materi bakar minyak yang dimopoli Pertamina.





  • Pasar Oligopoli


Pasar oligopoli ialah pasar yang penjualnya beberapa, antara 2 hingga 15 produsen. Barang yang diperjualbelikan bisa barang homogen maupun barang yang terdiferensiasi. Seperti indutri mobil, sepeda motor, televisi, pasta gigi dan sebagainya.





  • Pasar Persaingan Monopolistik


Pasar persaingan monopolistik ialah pasar yang penjualnya banyak tetapi lebih sedikit dibanding dengan pasar persaingan tepat dan barang yang diperjualbelikan bersifat terdiferensiasi. Seperti pasar industri sepatu dan pakaian.




Kegunaan Pasar Bagi Aktivitas Ekonomi Masyarakat


Berikut ini terdapat beberapa kegunaan pasar bagi acara ekonomi masyarakat, antara lain:



  1. Menyalurkan barang yang dihasilkan oleh produsen. Pasar Kongkrit akan mendistribusikan hasil produksi para produsen ke konsumen. Di pasar kongkrit produsen mengatakan barang dan konsumen akan membeli barang sesuai dengan tingkat pendapatan dan kebutuhannya.

  2. Sebagai tempat transaksi jual beli barang maupun jasa yang dihasilkan oleh masyarakat.

  3. Membantu membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

  4. Membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.




Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang Pengertian Pasar, Peran, Jenis dan Kegunaannya


Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!




Baca Artikel Lainnya:




Sumber aciknadzirah.blogspot.com