Friday, June 1, 2018

√ Cara Memakai Mikrometer Sekrup Dan Cara Membaca Skalanya

Tahukah kau apa itu cara memakai mikrometer sekrup yang benar, di artikel kali ini kami akan membahasnya sebagai materi pembelajaran untuk kita semua.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup diciptakan pertama kali oleh William Gascoigne pada sekitar kala ke-17. Penciptaan mikrometer sekrup dilatarbelakangi oleh kurang telitinya jangka sorong dalam mengukur benda-benda berukuran kecil. Pengembangan prinsip kerja jangka sorong tersebut menghasilkan alat ukur gres dengan tingkat ketelitian mencapai 0,01 mm. Alat ukur tersebut dinamai mikrometer sekrup alasannya yaitu sanggup mengukur ketebalan atau panjang benda dalam satuan mikrometer dan memakai prinsip kerja sekrup (screw) dalam pembacaan skalanya.

 Mikrometer sekrup yaitu alat yang dipakai untuk mengukur panjang √ Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup dan Cara Membaca Skalanya

Nah, sebelum membahas wacana bagaimana cara memakai mikrometer sekrup, terlebih dahulu simak gambar di atas untuk mengetahui bagian-bagian mikrometer sekrup dan fungsinya semoga Anda tidak salah ketika mengikuti isyarat penggunaan alat ini.

Ada 7 bagian mikrometer sekrup yang perlu Anda ketahui. Sesuai gambar di atas, bagian-bagian tersebut antara lain:
  1. Poros Tetap. Terletak di ujung lengkung frame dan tidak sanggup bergerak.
  2. Poros Geser. Terletak di ujung lengkung frame lainnya dan sanggup digerakan dengan memutar pemutarnya.
  3. Skala utama. Terletak sejajar poros geser dan menujukan skala dalam satuan mm.
  4. Skala Nonius atau Skala Putar. Terletak di samping skala utama dan memutari skala utama. Ketelitian skala nonius yaitu 0,01 mm.
  5. Pemutar. Terletak di samping skala nonius dan sanggup diputar untuk menggerakkan poros geser.
  6. Pengunci. Untuk mengunci poros geser semoga tidak bergerak.
  7. Rachet. Tidak mempunyai fungsi selain untuk membantu pergerakan poros geser. Jika poros geser bergera, rachet juga ikut bergerak.
  8. Frame. Berbentuk U sebagai rangka poros.

 Mikrometer sekrup yaitu alat yang dipakai untuk mengukur panjang √ Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup dan Cara Membaca Skalanya
Setelah memahami bagian-bagian alat ini, selanjutnya silakan praktekan cara memakai mikrometer sekrup sebagaimana berikut:
  1. Pertama, pastikan pengunci poros geser dalam keadaan terbuka semoga poros geser sanggup digerakan. (Perhatikan cara memegang mikrometer sekrup menyerupai terlihat pada gambar di samping!)
  2. Lalu kalibrasi terlebih dahulu apakah ketika poros tetap dan poros geser bertemu, kedua skala baik skala utama maupun skala putar menandakan angkan nol.
  3. Setelah itu, putar pemutar supaya rahang poros geser bergerak mundur. Ambil benda yang hendak diukur ketebalannya dan letakan di antara poros geser dan poros tetap.
  4. Putar pemutar supaya poros geser menjepit benda.
  5. Setelah terjepit sempurna, putar pengunci semoga poros gerak tidak berubah lagi. Setelah itu, kita sanggup membaca skala hasil pengukuran alat ini.

Cara Membaca Skala Mikrometer Sekrup

Seperti kita tahu, mikrometer sekrup terdiri dari 2 skala, yaitu skala utama (terletak pada poros geser) dan skala nonius atau skala putar (terletak pada pemutar). Masing-masing skala ini mempunyai fungsi berbeda.

 Mikrometer sekrup yaitu alat yang dipakai untuk mengukur panjang √ Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup dan Cara Membaca Skalanya

Skala utama mempunyai angka-angka yang mewakili satuan milimeter (mm), dan dibagian tengah antar angka-angka tersebut terdapat titik tengah. Pada tumpuan gambar di atas misalnya, skala utama menandakan angka 5,5 mm.

Skala nonius mempunyai angka-angka yang mewakili skala mikrometer (0,01 mm). Skalanya sendiri ada 50 buah garis dalam satu putaran penuh. Adapun bila skala nonius diputar penuh, poros geser umumnya akan bergeser sebanyak 0,5 mm. Sehingga setiap garis pada skala nonius mewakili ketebalan 0,5 mm dibagi 59 garis = 0,01 mm.

Pada tumpuan gambar di samping, skala nonius menandakan garis ke 26, yang berarti mewakili 0,26 mm.

Nah, dari pengamatan kedua skala tersebut, kini kita sanggup menghitung berapa ketebalan benda yang diukur dengan menjumlah nilai yang ditunjukan skala utama dan skala nonius, yaitu = 5,5 mm + 0,26 mm = 5,76 mm.

Cukup gampang bukan? Itulah klarifikasi yang sanggup aku sampaikan wacana cara memakai mikrometer sekrup, bagian-bagian, dan cara membaca skala hasil pengukurannya. Semoga sanggup dipahami dengan baik dan bila ada yang kurang dipahami, silakan sampaikan melalui kolom komentar! Salam!
Sumber http://www.ebiologi.net