Thursday, July 5, 2018

√ Apa Fungsi Gas Etilen

Etilen disebut juga ethene, Senyawa etilen pada tumbuhan ditemukan dalam fase gas, sehingga disebut juga gas etilen. Gas etilen tidak berwarna dan gampang menguap. Gas etilen yaitu suatu gas yang dihasilkan oleh buah yang sudah renta sehingga buah menjadi matang. Jika buah renta yang masih berwarna hijau disimpan dalam daerah tertutup dan dibiarkan beberapa hari, kesannya menjadi matang dan berwarna kuning hingga merah.


Dalam hal ini terjadi perubahan warna dari hijau menjadi kuning hingga merah pada buah alasannya yaitu keluarnya gas etilen dari buah tersebut. Salah satu cara mencegah terjadinya pembusukan atau kerusakan pada ketika pemeraman buah yaitu pada ketika buah renta dipetik/dipanen masih berwarna hijau, lalu dikemas atau disimpan pada daerah yang berventilasi untuk mencegah buah tidak cepat masak/matang, sehingga sesampainya di daerah tujuan buah tersebut gres matang dan tidak rusak atau busuk.


Etilen merupakan senyawa berbentuk gas yang sanggup menghipnotis pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Etilen dihasilkan oleh tumbuhan untuk proses senesens (penuaan) tumbuhan. Senesens merupakan proses penuaan yang tidak sanggup balik (irreversible), yang akhinya menuju pada kematian. Peran etilen dalam proses senesens terutama pematangan buah dan aborsi daun (absis). Fungsi etilen yaitu menyebabkan buah menjadi masak, menyebabkan pertumbuhan batang menjadi kokoh dan tebal, sanggup memacu pembungaan, yang bekerja bersamaan dengan auksin dan bersama giberelin sanggup mengatur perbandingan bunga betina dan jantan pada tumbuhan berumah satu.


Fungsi lain etilen secara khusus adalah:



  • Mengakhiri masa dormansi

  • Merangsang pertumbuhan akar dan batang

  • Pembentukan akar adventif

  • Merangsang absisi buah dan daun

  • Merangsang induksi bunga Bromiliad

  • Induksi sel kelamin betina pada bunga

  • Merangsang pemekaran bunga



Sumber https://infoana.comm